Monday, January 25, 2021

3 Hal yang Anda Butuhkan untuk Membeli Rumah dengan Bitcoin

Bagi Anda yang memilih untuk membeli rumah dengan sepenuhnya menggunakan mata uang bitcoin, ada baiknya melakukan transaksi ini dengan menggunakan perusahaan yang telah cukup dikenal akan layanan teknologi rantai blok (blockchain) mereka, termasuk dalam hal pembayaran kewajiban pajak setelah transaksi berhasil dilakukan.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Bitcoin telah menjadi salah satu mata uang kripto yang begitu digemari di berbagai belahan dunia. Ledakan mata uang kripto yang terjadi pada tahun 2017 mendorong banyak pihak, termasuk properti industri, untuk menghadirkan cara-cara alternatif dalam menggunakan mata uang baru ini. Berhasil dari fluktuasi harga dan kritik yang diterima dari berbagai pakar keuangan, Bitcoin tetap berkembang menjadi salah satu mata uang kripto yang sangat terkenal. Kini, mata uang ini sudah dilirik sebagai uang muka baru untuk mendapatkan rumah.

Baca Juga: Berminat Investasi Rumah? Berikut Tipsnya

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, bagi Anda yang berniat membeli rumah dengan bitcoin, berikut kami sajikan 3 hal yang Anda butuhkan.

Latihan Sangat Penting

Altcoin Börse Meski bitcoin begitu populer dan dengan cepat menjadi mata uang favorit di kalangan banyak orang, namun mata uang ini sangat berisiko dan sebaiknya tidak digunakan tanpa pengetahuan yang cukup. Jika Anda mempertimbangkan menggunakan bitcoin untuk membeli rumah, ketahui hal-hal berikut ini. Anda harus memahami betul pasar mata uang kripto, risikonya, serta caranya bekerja, baca lebih lanjut di sini.

Para ahli bahkan menyarankan bahwa Anda harus terlebih dahulu melatih diri melakukan transaksi bitcoin menggunakan platform yang tersedia. Utamakan menggunakan platform yang memungkinkan Anda melakukan transaksi layaknya pasar saham, serta menyediakan fitur verifikasi pengguna hingga menghubungkan rekening bank. Dengan bantuan platform seperti ini, Anda bisa melatih dan mengedukasi diri untuk mengetahui baik kelebihan maupun kelemahan mata uang bitcoin sebelum beralih ke transaksi yang lebih besar seperti membeli rumah.

Gunakan Sistem Escrow

Sistem escrow secara umum memungkinkan Anda untuk memperoleh perlindungan tambahan. Sistem ini memastikan bahwa di akhir transaksi, semua bitcoin yang Anda gunakan untuk membeli rumah akan dikunci sementara waktu sampai Anda benar-benar memperoleh rumah seperti yang disepakati dengan pihak penjual. Hal ini setidaknya bisa memberikan kepastian bahwa pihak penjual tidak bisa melakukan penipuan kepada Anda ketika melakukan jual beli rumah menggunakan bitcoin.

Baca Juga: Saatnya Investasi Properti, Tunggu Hasilnya Dalam 25 Tahun

Hal inilah yang kemudian menjadi dasar pentingnya penggunaan escrow dalam transaksi jual beli rumah menggunakan bitcoin. Ada beberapa opsi yang dapat Anda gunakan dalam hal ini. Konversikan bitcoin Anda ke dalam bentuk uang tunai atau gunakan bitcoin seluruhnya dalam transaksi pembelian rumah yang Anda lakukan.

Bagi Anda yang memilih untuk membeli rumah dengan sepenuhnya menggunakan mata uang bitcoin, ada baiknya melakukan transaksi ini dengan menggunakan perusahaan yang telah cukup dikenal akan layanan teknologi rantai blok (blockchain) mereka, termasuk dalam hal pembayaran kewajiban pajak setelah transaksi berhasil dilakukan.

Hal ini diperlukan untuk menghadirkan perlindungan kepada kedua belah pihak, terutama kepada Anda selaku pembeli. Dalam hal ini, Anda juga perlu memperhatikan perihal peraturan dan ketentuan dari pemerintah setempat terkait transaksi menggunakan mata uang bitcoin. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah terkait pajak dan hal-hal lain yang perlu Anda bayar sehubungan dengan pembelian rumah tersebut.

Tentukan Standarnya

Menggunakan bitcoin untuk membeli rumah menghadirkan tantangan tersendiri. Bitcoin dikenal dengan nilainya yang terus berubah dari waktu ke waktu sehingga sangat berdampak bagi Anda sebagai pembeli. Oleh karenanya, jika Anda ingin membeli rumah menggunakan bitcoin, pastikan harga rumah yang ingin Anda beli telah dikonversi ke nilai bitcoin yang setara tanpa adanya perubahan yang signifikan dari waktu ke waktu.

Kontrak yang mengikat Anda dengan pihak penjual juga harus secara eksplisit mengatur perihal penggunaan bitcoin termasuk pelibatan teknologi escrow. Sebagai contoh, jika Anda membeli rumah dengan harga Rp1.500.000.000 dan harga bitcoin mengalami penurunan di akhir transaksi, maka Anda sebagai pembeli diwajibkan membayar selisih dari kekurangan tersebut.

Baca Juga: Berminat Bisnis Sewa Apartemen? Berikut Tipsnya

Sebaliknya, jika terjadi kenaikan nilai bitcoin dan transaksi telah terjadi, maka pihak penjual harus segera mengembalikan selisih tersebut. Lindungi diri Anda sendiri dengan memastikan bahwa kontrak yang mengikat kedua belah pihak telah mencantumkan segala hal terkait dengan jelas dan mendetil. Dengan cara ini, semua pihak bisa terlindungi.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU