Ciputra Residence Apresiasi 76 Kontraktor dalam HSE Awards 2019

0
HSE Awards 2019
PT Ciputra Residence menyelenggarakan HSE Awards 2019 di Artpreneur, Ciputra World 1, Jakarta, Rabu (13/11/2019)./ Foto: Ciputra Residence

Dalam HSE Awards 2019 ini, PT Ciputra Residence HSE memberikan apresiasi kepada 76 kontraktor dan sub-kontraktor. Sebanyak 66 diantaranya telah mencapai target zero accident.

PropertiTerkini.com (Jakarta)Health, Safety & Environment (HSE) atau Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) telah mengakar dan menjadi program rutin dari PT Ciputra Residence.

Memasuki tahun kelima penyelenggaraannya, HSE Awards 2019 diharapkan mampu menciptakan kedisiplinan dalam mencapai target zero accident dan zero loss time injury. Program ini, bahkan juga dijadikan sebagai portofolio oleh para kontraktor dan sub kontraktor dalam menghadapi persaingan global di masa depan.

Baca Juga: Ciputra Tambah Fasilitas Bioskop CGV Citra Maja Raya

“Program HSE oleh PT Ciputra Residence ini merupakan pilot project yang telah dijadikan acuan dalam setiap pengembangan proyek Ciputra Group di Indonesia maupun mancanegara,” ujar Director PT Ciputra Residence, Lalitya Ciputra Sastrawinata kepada media di Ciputra Artpreneur Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Pentingnya penerapan HSE, menurut Lalitya, harus menjadi akar budaya, baik diterapkan dalam kehidupan pekerjaan maupun aktivitas lainnya.

“PT Ciputra Residence menganggap penting akan hal tersebut, salah satunya adalah dengan memberikan penghargaan kepada semua yang terlibat dalam pembangunan di seluruh proyek Ciputra Residence,” kata Lalitya.

HSE Awards 2019 mengusung tema “Spirit of Continuous Health, Safety and Environment Improvement for Business Sustainability”. Tahun ini, PT Ciputra Residence HSE memberikan apresiasi kepada 76 kontraktor dan sub-kontraktor. Perusahaan kontraktor tersebut yang masih aktif terlibat dalam proses pembangunan proyek-proyek Ciputra Residence, baik di Jakarta dan sekitarnya, maupun di Malang, Samarinda dan beberapa daerah lainnya.

“Seluruh kontraktor telah melewati tahap penilaian sepanjang 2018-2019 untuk menjadi yang terbaik. Dasar penilaian HSE Awards 2019 dibagi dalam 9 kategori pemenang dan satu kategori apresiasi,” jelas Lalitya.




Dia meyakini, PT Ciputra Residence akan mampu menekan angka kecelakaan kerja secara maksimal menuju zero accident and zero loss time injury.

“Tahun ini, dari 76 kontraktor itu, sebanyak 66 diantaranya telah mencapai target zero accident,” kata dia.

Baca Juga: Belajar dari Marcellus Chandra, Startup Harus Siap Hadapi Skenario Terburuk

Jumlah ini meningkat jauh dari tahun lalu, dimana saat itu dari 50-an kontraktor yang terlibat, ada sebanyak 24 yang mencapai target zero accident.

Lalitya berharap, kegiatan ini dapat pula menginspirasi perusahaan-perusahaan lain untuk juga menerapkan standar tinggi, terutama terhadap HSE dalam upaya mencapai zero accident.

Bagi PT Ciputra Residence, implementasi Heath, Safety & Environment Management merupakan instrumen investasi perusahaan dalam memperlancar proses produksi, bukan sebagai cost yang membebani anggaran proyek.

Oleh karena itu, PT Ciputra Residence sejak 2015 setiap kontraktor yang akan menjadi mitra kerja diwajibkan memiliki komitmen yang sama dengan PT Ciputra Residence untuk menjalankan HSE sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP).

Baca Juga: Budiarsa Sastrawinata: Sukses Dimulai dari Nol

“Selama kami terapkan HSE, cost untuk program ini sangat ringan, bahkan tidak lebih dari 1 persen untuk setiap produk yang kami bangun. Jadi misalkan satu proyek nilainya Rp700 juta, untuk HSE mungkin hanya sekitar Rp5 juta,” jelas Associate Director PT Ciputra Residence, Merry Lantani.

Komentar