Pemerintah Bedah 300 Unit Rumah di Kabupaten Kampar

1
bedah rumah di Kabupaten Kampar
Sebanyak 300 unit rumah MBR di Kabupaten Kampar Riau terima bantuan BSPS dari pemerintah./ dok. Kementerian PUPR

Tahun 2019, pemerintah sudah melakukan bedah sebanyak 320 unit rumah di Kabupaten Kampar. Sejak 2016 hingga 2019, Kementrian PUPR telah memberikan bantuan bedah rumah sebanyak 10.889 unit di seluruh Provinsi Riau.

PropertiTerkini.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Penyediaan Perumahan, menyerahkan bantuan bedah rumah di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Sebanyak lebih dari 300 rumah diserahkan secara simbolis melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Baca Juga: Bedah Rumah di Papua dan Jambi, Pemerintah Beri Bantuan Uang Tunai

Sekretaris Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan (Sesditjen) Dadang Rukmana berkesempatan hadir dalam acara yang diselenggarakan di Desa Kuapan, Sabtu (30/8/2019) lalu.

Dalam kesempatan itu dia mengatakan bahwa BSPS juga merupakan bagian dari wujud program sejuta rumah yang terus digalakan oleh pemerintah.

“Pemerintah menggerakkan seluruh masyarakat, stakeholder, pengusaha dan pengembang bersama-sama menggerakkan masyarakat untuk membangun rumah menjadi aset produktif,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi yang dipublikasikan Kementerian PUPR.

Advertisement

Baca Juga: Tekad Kementerian PUPR Turunkan Backlog Rumah MBR

Selain itu, menurut Dadang, bantuan ini hanya menjadi stimulan untuk menggerakkan semua masyarakat untuk kembali membangkitkan semangat gotong royong yang sudah mulai pudar.

Dalam pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Dasar disebutkan bahwa negara berkewajiban menyediakan hunian yang layak dan warga negara berhak menempati rumah layak huni.

Namun sampai saat ini negara belum bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat tersebut. Pemerintah secara bertahap berupaya untuk mewujudkan rumah layak huni.

“Karena yang membutuhkan rumah itu jumlahnya jutaan, jadi program stimulan perumahan swadaya (BSPS) ini merupakan salah satu bagian dari program Satu Juta Rumah yang sudah dicanangkan oleh Presiden RI sejak tahun 2015 lalu. Selain itu, pemerintah juga membangun rumah susun, rumah khusus bagi ASN, MBR dan mahasiswa maupun pondok pesantren, juga pemberian subsidi bagi perumahan komersil berupa bantuan sarana dan prasarana umum (PSU),” ungkap Dadang.

Baca Juga: Gandeng Creed Group, Mustika Land Group Bangun Rumah Murah di Bekasi

Lebih lanjut Abu Kari Camat Kambang mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah khususnya di Desa Kuapan untuk pemberian bantuan BSPS ini.

Pemerintah setempat juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah bisa membangkitkan kembali rasa gotong royong sehingga dapat bersama-sama membangun rumah 47 unit di Desa Kuapan dan selesai tepat waktu.

“Alhamdulillah berkat bimbingan Korpas dan TFP yang berada di lapangan, pembangunan rumah di sini berjalan dengan baik dan tepat waktu. Walaupun masih banyak rumah yang tidak layak huni di daerah sini, sekitar 1.387 rumah,” ungkapnya.

Baca Juga: Rusun Ditjen Imigrasi Kota Batam Diresmikan

Sejak tahun 2016 hingga 2019, Kementrian PUPR melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) telah memberikan bantuan bedah rumah sebanyak 10.889 unit. Rumah-rumah tersebut tersebar di 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau.

“Kabupaten Kampar sendiri di tahun 2019 ini sudah melakukan bedah rumah sebanyak 320 unit dari Kementerian PUPR dan dari Kabupaten Kampar sendiri sebanyak 500 unit,” ungkapnya.

Salah satu penerima bantuan Deni Asiani Perizal menyatakan sangat bersyukur mendapat bantuan swadaya ditambah bantuan dari sanak saudara untuk membangun rumah tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Bangun Rusun Lapas Nusakambangan

“Awalnya rumah saya papan tidak ada lubang udara dan pencahayaan, alhamdulillah sudah lebih kokoh dan menggunakan bata merah sekarang tidak kayu lagi,” ucapnya.

1 COMMENT

Komentar