Sunday, November 29, 2020

Pentingnya Mandi Air Hangat di Masa Pandemi

Mandi air hangat sangat penting selama pandemi ini. Terbukti lebih efektif dalam dekontaminasi, juga akan memberikan manfaat medis bagi pengguna. Seperti membantu memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan pernafasan, juga memberikan dampak terapeutik sensasi pijatan.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Tahukah Anda, mandi air hangat juga merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus mencegah penyebaran virus berbahaya, seperti Covid-19?

Di masa pandemi saat ini, proses sterilisasi dengan dekontaminasi, khususnya dengan cara mandi air hangat tentu sangat penting, terutama juga bagi para perawat atau tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Sayangnya, belum semua rumah sakit Corona memiliki fasilitas mandi air hangat tersebut.

Baca Juga: Ariston Luncurkan Smart Water Heater Pertama di Indonesia

“Bisa kita bayangkan, hal tersebut sangatlah tidak nyaman, sedangkan mandi ketika melakukan sterilisasi diri dan dekontaminasi bersifat wajib” kata Wakil Kepala Bidang Pembinaan RSAL Mintoharjo Kolonel Laut (K) drg. Dwi Afrosiansi, Sp. Perio, ketika menerima bantuan Water Heater dari Ariston Thermo Indonesia.

Kata dia, bantuan berupa pemanas air tersebut sangat berguna dalam proses sterilisasi para petugas medis, yakni dengan mandi air hangat yang lebih nyaman dari sebelumnya.

Retna Handayani, perawat yang menangani pasien Covid-19 di RSAL Mintoharjo menimpali, waktu maksimal menggunakan alat pelindung diri (APD) adalah 3 jam. Selepas itu harus mendekontaminasi diri dengan mandi.

“Kami mandi setidaknya 3 kali sehari, biasanya pagi-pagi sekali, malam hari, bahkan subuh-subuh, tergantung shift, tetapi 3 kali ini angka minimum,” ungkapnya.

Ariston Thermo Indonesia merupakan produsen dan supplier merek pemanas air terkemuka di Indonesia. Ariston turut terpanggil untuk berkontribusi mendukung garda terdepan pemberantas Covid-19, yakni para pekerja medis.

Baca Juga: Ternyata Kloset Duduk Lebih Ampuh Mencegah Covid-19

Ariston berkomitmen untuk memberikan kenyamanan yang berkelanjutan bagi semua orang, bahkan dalam kondisi paling ekstrem melalui produk mereka.

Pada, Selasa (26/5/2020) lalu, Ariston Thermo Indonesia menyumbangkan sebanyak 150 unit produk water heater yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan rumah sakit.

Donasi tersebut diberikan ke 6 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta, yakni RSAL Mintoharjo, RS Persahabatan, RS Fatmawati, RS Bhayangkari, RS Sulianti Saroso, dan RS Gatot Subroto.

Kolonel Laut (K) drg. Dwi Afrosiansi, menambahkan bahwa mereka sedang membangun fasilitas baru untuk penanganan Covid-19 pada awal Mei lalu, dan harus beroperasi sesegera mungkin.

Tetapi karena peraturan PSBB yang membatasi logistik antar kota, mereka tidak dapat menemukan water heater apa pun yang siap dikirim dan dipasang secepat mungkin sesuai dengan kebutuhannya, sementara itu mereka didesak untuk segera membuka fasilitas baru untuk penanganan Covid-19 tersebut.

Baca Juga: Berikut Inovasi Lifestyle Home Appliance Terbaru dari Samsung

“Pemanas air sangat diperlukan untuk melengkapi fasilitas medis berstandar WHO yang dimiliki Rumkital Dr. Mintohardjo, karena pekerja medis yang terlibat langsung dengan ODP dan PDP harus melakukan dekontaminasi diri sebelum meninggalkan ruang perawatan COVID-19,” terangnya.

Saat ini, mandi menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan guna mengurangi risiko terpapar virus mematikan tersebut.

Dengan menggunakan water heater, tentunya akan memberikan lebih banyak manfaat bagi pekerja medis yang kadang-kadang harus mandi di tengah malam atau bahkan subuh.

Ns. Yetty, S. Kep, perawat dari Perawat Pencegahan dan Pengendali Infeksi di Rumah Sakit (IPCN), mengatakan, mandi air hangat sangat penting selama pandemi ini, terbukti lebih efektif dalam dekontaminasi, juga akan memberikan manfaat medis bagi pengguna.

Baca Juga: Bilik Antivirus dari Tiga Startup Lokal, Lebih Efektif Basmi Virus

“Misalnya membantu memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan pernafasan, juga memberikan dampak terapeutik sensasi pijatan, sehingga pengguna akan merasa rileks,” katanya.

produk pemanas air dari ariston
PT Ariston Thermo Indonesia memberikan donasi water heater ke beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta. Salah satunya di RS Fatmawati, Jakarta Selatan. (Foto: Ariston)

Selain memberikan manfaat mandi bagi tubuh, menurut WHO, suhu 60° C hingga 70° C juga efektif untuk membunuh sebagian besar jenis virus. Olehkarenanya, air panas sangat baik untuk mensterilisasi peralatan termasuk alat medis.

Direktur RSUP Fatmawati, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, M.P.H menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT Ariston Thermo Indonesia atas donasi produk water heater kepada RSUP Fatmawati,

“Terima kasih yang terdalam kepada Ariston untuk water heater yang disumbangkan. Water heater ini akan kami instalasi tidak hanya di fasilitas petugas medis, melainkan juga di kamar pasien, dan di kamar mandi petugas laboratorium,” ujarnya.

Baca Juga: Ternyata Sharp Punya 14 Produk yang Mampu Cegah Virus Corona

Dia menambahkan, mandi air hangat memiliki manfaat untuk orang dengan sistem kekebalan rendah, yakni pasien yang sedang dirawat di rumah sakit. Mandi air hangat membuat tubuh mereka menjadi lebih teroksigenasi dan memungkinkan untuk bernapas lebih dalam dan lebih lambat, terutama ketika uap sudah muncul.

“Jika tubuh merasa rileks, tentunya ini juga berdampak pada sistem kekebalan tubuh, sehingga sangat baik dan penting bagi pasien di sini juga,” lanjutnya.

Erwin Lim, Direktur Pemasaran PT Ariston Thermo Indonesia menambahkan, Ariston Thermo Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan kenyamanan bagi keluarga di Indonesia. Melihat kondisi saat ini, kata dia, produk Ariston sangatlah bermanfaat, baik untuk menjaga kebugaran tubuh maupun mencegah penularan virus.

Baca Juga: Kaca Film Ini Mampu Hemat Listrik Hingga 78%

“Mandi di masa pandemi ini telah terbukti sangatlah penting dibandingkan sebelumnya untuk mendekontaminasi tubuh kita, oleh karena itu, kami ingin memberi mereka kenyamanan melalui produk kami, sehingga mereka dapat lebih rileks dan merasa lebih nyaman dengan mandi dengan air hangat,” jelas Erwin Lim.

BERITA TERKAIT

Baru, Electrolux Air Purifier, Pemurni...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat yang semakin tinggi, terutama di tengah pandemi, turut mendorong naiknya penjualan produk pembersih udara atau...

Healsio Superheated Steam Oven, Alat...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) —  PT Sharp Electronics Indonesia kembali meluncurkan inovasi baru dalam lini produk Small Home Appliances. Inovasi yang dilandasi kebutuhan konsumen di tengah...

Andalkan Gelombang UV-C, Polytron Multipurpose...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Sejak merebaknya wabah Covid-19, sterilisasi menjadi salah satu kunci utama dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran virus mematikan itu. Berbagai produk...

Dukung Aktivitas di Rumah, Samsung...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Samsung Electronics Indonesia meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatannya di rumah. Ketiga produk...

Rahasia Dibalik Unggulnya Audio Samsung...

PropertiTerkini.com, (BOGOR) — Maraknya TV berukuran besar (big inch) dengan resolusi tinggi yang menawarkan visual spektakuler, kualitas audio sebagai sentuhan akhir untuk memberikan pengalaman home...

Kamera Smart Home Canggih, Proteksi...

PropertiTerkini.com, (HANGZHOU) — Teknologi smart home terus berkembang seiring meningkatnya penggunaannya pada bangunan. Bahkan, pengembangan perumahan pun telah menawarkan smart home. Dan salah satu...
Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

00:01:40

Begini Cara Menggunakan Philips UV-C...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Signify memperkenalkan lampu meja desinfeksi UV-C (Philips UV-C Disinfection Desk Lamp) bagi konsumen Indonesia. Lampu tersebut sangat berguna untuk mendesinfeksi rumah...
00:01:40

Kemewahan Menanti di The Ritz-Carlton,...

PropertiTerkini.com, (BALI) – Tiada salahnya jika saat ini Anda mulai merencanakan liburan yang istimewa bersama keluarga, ketika sudah saatnya bepergian lagi. Salah satunya adalah...
00:02:02

Harapan Indah Residence: Strategis di...

PropertiTerkini.com, (LABUAN BAJO) – Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium tentu menyimpan potensi besar pada bisnis properti, terutama investasi. Ini pula mendasari CV Tanjung...
00:01:01

Meikarta Mulai Serah Terima Unit,...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Pengembang Kota Meikarta di Cikarang, akhirnya memenuhi janjinya usai menyelesaikan pembangunan apartemen tepat waktu. Proyek ini pertama kali diluncurkan pada 2017...
00:01:03

Philips Smart Wi-Fi LED, Lampu...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Apakah Anda sudah melengkapi rumah Anda dengan produk-produk pintar? Kini saatnya tingkatkan kenyamanan dan kemudahan di rumah Anda dengan deretan produk-produk...
00:00:31

Lippo Karawaci Tutup Atap Holland...

Holland Village Jakarta merupakan menara perkantoran 34 lantai yang dibangun terintegrasi dengan apartemen, pusat perbelanjaan dan rekreasi, rumah sakit, dan sekolah. Lokasi proyek berada...

BERITA TERBARU

Tanggapi Gugatan PKPU, Meikarta: Proyek...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pengembang megaproyek Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) terancam pailit setelah digugat oleh krediturnya PT Graha Megah Tritunggal ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan dengan...

Belum Tiga Bulan, Lebih Dari...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Kota Podomoro Tenjo (650 hektar) - proyek pengembangan Agung Podomoro Group (APG) - kembali mendulang prestasi di tengah pandemi, dengan mencatat peminat...

Duo Hadirkan Konsep Baru di...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — PT Intiland Development Tbk (Intiland) meluncurkan konsep pengembangan baru di kawasan perumahan Talaga Bestari, Tangerang, Banten. Klaster hunian Duo dihadirkan dalam...

Sharp Dorong Usaha Pelaku UMKM...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Setelah diluncurkan beberapa waktu lalu, Rabu (25/11/2020), tim manajemen Sharp Indonesia berkesempatan mengunjungi dan bertemu secara langsung penerima manfaat program Corporate Social...

Metland Raih Penghargaan Forbes Asia...

PropertiTerkini.com, (BEKASI) — PT. Metropolitan Land Tbk (Metland) kembali meraih “2020 Asia’s 200 Best Companies Under USD 1  Billion”, yaitu 200 perusahaan publik berkinerja terbaik...

Jelang Tutup Tahun 2020, Paramount...

PropertiTerkini.com, (TANGERANG) — Paramount Land terus bergerak meski pasar properti masih melandai dampak dari pagebluk virus corona. Setelah proyek komersial terbarunya, Pisa Grande, ludes...