Tuesday, May 18, 2021

“The Best Apartment in East Jakarta < 1 Bio" untuk Prajawangsa City

Teknologi biometric neuromarketing baru pertama kali diaplikasikan pada industri properti di Indonesia. Teknologi ini menggunakan metode eye-tracking atau gerakan mata yang menginformasikan jenis informasi yang dilihat seseorang pada sebuah brosur di internet.

Rumah123.com Real Estate Awards 2018 yang digelar beberapa waktu lalu telah menorehkan beberapa prestasi memukau dengan teknologi dan metode baru. Salah satunya adalah Apartemen Prajawangsa City, proyek superblok di bilangan Cijantung, Jakarta Timur.

Baca Juga:

Melalui keterangannya yang diterima, kawasan hunian vertikal yang dikembangkan oleh Synthesis Development ini telah menorehkan prestasi dengan menyabet penghargaan di kategori “The Best Apartment in East Jakarta < 1 Bio“.

Apa itu?

Rupanya dalam acara Real Estate Awards 2018 tersebut, telah diperkenalkan sebuah metode penghargaan terbaru dengan teknologi baru, yakni biometric neuromarketing. Ini merupakan pertama kalinya teknologi tersebut diaplikasikan pada industri properti di Indonesia.

Biometric neuromarketing memanfaatkan metode eye-tracking, yakni sebuah proses mengukur gerakan mata untuk menentukan letak fokus dan jenis informasi yang dilihat seseorang, berikut urutan informasi serta berapa lama pandangannya berada di tempat tertentu.

“Penggunaan teknologi biometric neuromarketing mampu menjawab ‘misteri’ bagaimana pengambilan keputusan pembelian dilakukan, secara lebih akurat,” papar Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung.

“Hal tersebut tentu juga memperkuat kredibilitas award ini sebagai penghargaan yang bebas kepentingan dan obyektif,” tandasnya.

Metode eye-tracking pada biometric neuromarketing mengundang responden untuk menjadi partisipan, yang disebut sebagai property seeker. Mereka diperlihatkan beberapa template gambar brosur properti dari laptop yang menjalankan eye-tracking untuk kemudian direkam dan dianalisis.

Selain itu, diberikan juga beberapa pertanyaan kuantitatif terkait gambar-gambar tersebut, antara lain untuk mengukur indikasi project awareness, quality perception, price perception, favorability, dan project interest.

“Hasilnya berupa insight dan perspektif baru mengenai perilaku konsumen yang tidak dapat diberikan oleh berbagai metode riset konvensional lain seperti survei, interview, dan focus group discussion (FGD). Sehingga proyek dengan skor tertinggi di setiap indikator adalah pemenangnya,” tambah Untung.

Untuk diketahui, Rumah123.com Real Estate Awards 2018 terdiri dari 56 kategori untuk developer, 14 kategori untuk agen properti, dan 2 kategori untuk banking. Risetnya dilakukan sejak awal Februari 2018 dengan melibatkan total 470 responden.

1 COMMENT

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU