Home / DIY / 10 Ide dan Tips Mendesain Taman Rooftop
ide desain taman rooftop
Warna-warni taman rooftop rumah Anda akan membawa suasana yang lebih menyenangkan./ balconygardenweb.com

10 Ide dan Tips Mendesain Taman Rooftop

Jika punya teras kecil di atas rumah Anda, cobalah untuk mengubahnya menjadi sebuah taman rooftop yang sangat menarik.

Propertiterkini.com – Di daerah perkotaan yang padat, memiliki atap (rooftop) atau teras kecil di atap adalah anugerah. Anda bisa membuat taman di sana. Anda bisa duduk di sana dan menikmati pemandangan yang lebih menyenangkan.

Baca Juga: Hyde Residence Terinspirasi Dari Taman Kota Melbourne Australia

Tentunya Anda mungkin memiliki banyak rencana tentang desain dan gaya taman rooftop Anda tersebut. Tetapi Anda pun perlu mempertimbangkan ide dan tips berikut ini karena akan sangat membantu.

Berikut 10 ide desain untuk membuat dan menata taman rooftop di rumah Anda:

1. Biarkan Terbuka

ide desain taman rooftop

Rooftop kecil jika dibiarkan terbuka tampak besar. Pertimbangkan, misalnya, kaca transparan dan bukan tembok pembatas; pagar kaca adalah salah satu idenya. Namun, jika Anda khawatir tentang privasi dan ingin memblokir mata tetangga yang terus-menerus mencibir, hindari tips ini dan gantilah dengan material lain. Atau bisa juga diganti dengan tanaman di sekelilingnya.

2. Tanam Tumbuhan atau Pohon yang Tinggi

ide desain taman rooftop

Jika Anda memiliki rooftop yang cukup besar sementara pemandangan ke luar tidak bagus, maka ide ini boleh dilakukan. Anda bisa membuat taman rooftop yang nyata dengan menanam pohon atau tumbuhan lebih tinggi di sekitar dinding/pagar pembatas. Ini juga ide untuk memaksimalkan penghijauan dan membatasi diri dari sisa kota.

Baca Juga: Begini Konsep Kota Teknologi Terbesar di Karawang

Menanam bambu dan rumput adalah kombinasi yang baik jika Anda ingin membuat taman hijau yang nyata. Jenis tanaman ini juga lebih mudah dalam pemeliharaannya.

3. Buat Tempat Tidur

ide desain taman rooftop

Jika roooftop Anda mendukung, buatlah tempat tidur di pembatas atau dinding. Biarkan rongga di bawahnya untuk dijadikan taman tambahan, mungkin dengan perawatan lebih khusus.

4. Tanam dengan Hati-Hati

ide desain taman rooftop

Ketika mendesain taman rooftop, pastikan Anda menciptakan keberagaman. Kombinasikan beberapa tanaman besar, semak dan pohon kecil, dan tentunya warna-warni tanaman hias lainnya. Adakan juga beberapa wadah tanam atau pot dengan ukuran yang berbeda.

5. Furniture

ide desain taman rooftop

Putuskan terlebih dahulu jenis perabot apa yang ingin Anda beli untuk taman rooftop Anda. Apakah Anda ingin bersantai di teras rooftop atau ingin makan malam di sana? Anda harus membuat pilihan di tahap awal. Mebel yang sesuai dengan gaya dan tema taman Anda akan sesuai.

Baca Juga: Dalam Waktu Singkat Ruangan Anda Terlihat Lebih Luas, Lakukan Ini!

6. Tambahkan Titik Fokus

ide desain taman rooftop

Titik fokus dimaksud adalah Anda menciptakan sebuah ide yang lebih menarik agar dapat menarik mata Anda atau keluarga dan teman Anda ke arah itu. Apapun bisa menjadi titik fokus yang menarik. Misalnya, fitur air, pohon tinggi, susunan indah wadah tanaman, patung dan lainnya.

7. Pencahayaan

ide desain taman rooftop

Pada malam hari, penting bahwa taman rooftop Anda cukup terang. Terutama di dekat tangga atau pintu. Terlebih lagi, pencahayaan rooftop akan membuatnya terlihat lebih besar saat senja.

Baca Juga: Signify Perkenalkan Teknologi Lampu Interlaced Optics

8. Jangan Lebih dari Tiga Warna

ide desain taman rooftop

Selalu pilih satu warna sebagai warna aksen dan satu atau dua warna lagi yang akan mengikutinya. Menggunakan beberapa warna berbeda untuk dinding, lantai, pagar, perabot atau wadah lain akan membuat rooftop Anda terlihat terlalu ramai dan berantakan. Warna yang dipadukan dengan warna netral paling baik digunakan. Warna-warna netral seperti putih, abu-abu, krem, nila juga menonjolkan keindahan tanaman.

9. Memanfaatkan Ruang Vertikal

ide desain taman rooftop

Memanfaatkan ruang vertikal, seperti di dinding untuk menambah lebih banyak ruang ke taman rooftop Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Ubah Rumah Anda Menjadi Homestay

10. Lantai yang Bagus juga Penting

ide desain taman rooftop

Jangan sepelehkan lantai. Pilih jenis lantai yang sesuai dengan anggaran Anda, sesuai dengan iklim tempat tinggal Anda dan mengakomodasi tema taman rooftop.

Sumber: balconygardenweb.com

About Patrisia

"Aku seharusnya tinggal di rumah, tidur, atau memasak dan menyeduh teh kesukaanku. Namun apa yang aku lakukan hari ini, adalah keputusanku jauh sebelum suamiku ada dan memasuki kehidupanku"

Check Also

Menata Lorong di Rumah

Menata Lorong di Rumah dengan Cara Mudah

propertiterkini.com – Rumah adalah tempat berlindung sekaligus tempat yang paling nyaman untuk beristirahat atau bersantai …

Leave a Reply

%d bloggers like this: