Home / Tips Properti / Dalam Waktu Singkat Ruangan Anda Terlihat Lebih Luas, Lakukan Ini!
mengubah ruangan Anda terlihat lebih luas
Tips sederhana mengubah ruangan Anda terlihat lebih luas. [shutterstock]

Dalam Waktu Singkat Ruangan Anda Terlihat Lebih Luas, Lakukan Ini!

Beberapa langkah sederhana dapat mengubah ruangan Anda terlihat lebih luas dari biasanya. Tentunya, tidak semua dari yang kami bagikan dapat Anda aplikasikan. Lakukan yang bisa Anda kerjakan di rumah Anda.

Propertiterkini.com – Apakah Anda menyadari jika semakin lama, berjalannya waktu ruangan atau bahkan seluruh rumah Anda terasa semakin sempit?

Begitulah kenyataannya, sebagaimana data sebuah riset di Amerika Serikat yang menunjukkan sejak 2015-2018, rata-rata sebuah ruang keluarga berkurang sekitar 79 kaki persegi. Sementara untuk ukuran apartemen tipe studio rata-rata berkurang 18 persen selama dekade terakhir.

Baca Juga: 25 Solusi Genius “DIY Storage”: Menata Rumah Jadi Rapi dan Nyaman

Meski demikian, itu tidak berarti ruangan kita harus menjadi berantakan dan sempit. Jadi, bagaimana kita bisa membuat rumah kecil kita itu terasa lebih luas?

“Pertanyaan pertama yang diajukan, ‘Apa fungsi ruangan ini’?”

Saran perancang interior Gwen Snyder Siegal, pemilik The Nest Design. “Kemungkinan besar di rumah atau apartemen yang lebih kecil, ruangan itu akan menjadi multi-fungsi. Meski begitu, sangat penting untuk menempatkan potongan-potongan di ruangan yang praktis dan kemungkinan akan digunakan setiap hari. Di ruang yang lebih kecil, tidak ada ruang untuk apa pun yang asing. Ini membuat semakin sedikit barang yang Anda pilih untuk ditempatkan di ruang kecil Anda menjadi lebih penting.”

Siap untuk mulai menciptakan kembali tempat Anda sebagai rumah yang lebih luas dan dirancang dengan cermat? Kami telah mengumpulkan 20 trik desain rumah yang akan membuat ruang Anda terlihat lebih luas dan besar dalam waktu singkat:

1. Gantung tirai di atas bingkai Jendela

Ini namanya trik mengkamuflase atau menipu mata Anda. Dimana biasanya, tirai jendela atau gorden selalu digantung langsung pada bingkai/kusen jendela, sehingga mungkin secara tidak sengaja membuat ruang Anda terlihat lebih kecil. Untuk ini, gantunglah gorden tersebut di luar bingkai jendela, mungkin beberapa inci di bawah plafon rumah untuk menipu mata.

Baca Juga: Tips Mudah Agar Rumah Anda Aman Saat Ditinggal Liburan

2. Pindahkan furniture dari dinding Anda

Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, memindahkan furnitur dari dinding dan sudut-sudut kamar Anda sebenarnya dapat membuat ruang terlihat lebih besar.

3. Cat dinding Anda dalam warna terang

Pekerjaan cat yang salah adalah musuh bebuyutan dari rumah yang tampak luas. Jika Anda ingin membuat rumah Anda terlihat lebih besar, pilihlah warna-warna terang dan netral, seperti nuansa putih, kuning, dan cokelat.

4. Tambahkan cermin dari jendela

7 Cara Cermin Dapat Membuat Setiap Ruangan Rumah Anda Nampak Lebih Luas

 

Ingin membuat ruang yang tampak lebih besar dalam sekejap? Semuanya dimulai dengan penempatan cermin Anda secara hati-hati. Dengan menempatkan cermin di seberang jendela atau kusen pintu, Anda dapat melihat sekilas ruang terbuka atau ruangan lain di permukaannya, membuat ruang Anda tampak lebih besar dan lebih terbuka.

5. Pilih tirai tipis

Tirai gelap itu membuat rumahmu tidak ada bantuan. Jika Anda ingin membuat ruang Anda tampak lebih besar, lakukan yang terbaik untuk memaksimalkan cahaya alami di ruang itu, seperti menggunakan tirai tipis. Cahaya alami yang melewati tirai akan menarik perhatian Anda melewatinya dan membuat ruangan apa pun tampak lebih luas dalam waktu singkat.

6. Tambahkan rak buku built-in

Rak buku berdiri bebas mungkin nyaman, tetapi jika Anda ingin membuat ruang Anda tampak lebih besar, maka built-in akan melayani Anda lebih baik. Karena mereka tersembunyi di dinding Anda. Built-in akan menghemat ruang lantai persegi yang berharga dan menjaga beberapa kekacauan yang cenderung terjadi di rak buku.

7. Gantungkan TV Anda




Sebaiknya pikirkan untuk meninggalkan TV tabung di rumah Anda. Gunakan TV layar datar dan gantungkan di dinding. Mengosongkan dudukan TV besar adalah salah satu cara tercepat untuk membuat ruangan terlihat lebih besar.

Baca Juga: Gaji Sebatas UMR Juga Bisa Beli Rumah, Ini Tipsnya

8. Pilihlah meja makan bisa dilipat

Tentunya ini juga merupakan salah satu cara termudah, meski harus mengeluarkan sedikit biaya tambahan. Dimana Anda akan menggunakan sebuah meja makan yang lebih praktis, yang bisa dilipat menjadi lebih kecil atau lebih besar untuk menampung lebih banyak orang di sekelilingnya.

9. Tambahkan beberapa akses yang jelas

Solusi untuk ruang sempit biasanya selalu jelas — secara harfiah. Sama seperti tirai tipis, potongan aksen yang jelas, seperti kursi lucite atau meja berlapis kaca, dapat menciptakan kesan bahwa ruangan lebih besar daripada rekaman persegi sebenarnya.

10. Berikan ruang terbuka di rak Anda

Jika Anda membuat ruang terlihat lebih besar, sisakan sedikit ruang yang tidak terpakai di rak Anda. Toh tidak setiap inci permukaan perlu ditutupi oleh berbagai tchotchkes Anda.

11. Atur rak Anda berdasarkan warna

Otak kita cenderung melihat kekacauan di ruang yang sibuk, tetapi beberapa cara sederhana dapat membantu mengatasinya. Salah satunya adalah dengan cara yang amat mudah, yakni dengan membuat ruang Anda terlihat lebih rapi dan berdampak lebih luas. Tata kembali rak Anda berdasarkan warna, seperti menyusun buku atau piring yang sama warnanya satu sama lain.

12. Pilihlah potongan aksen bergaris

Banyak pola dapat membuat ruang terlihat lebih kecil, ada satu pengecualian pada aturan: garis. Bahkan, garis-garis membuat ruang terlihat lebih besar, jadi jika Anda mendekorasi ruangan kecil, pilih gorden bergaris atau karpet bergaris untuk memaksimalkan ruang visualnya.

13. Pilih lampu meja daripada pencahayaan atas

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi menggunakan lampu meja dan lantai alih-alih pencahayaan overhead bisa membuat ruang terlihat lebih besar. Sementara pencahayaan di atas kepala menciptakan satu titik fokus dalam sebuah ruangan, lampu meja dan lantai menarik mata ke berbagai bagian ruangan, membuatnya tampak lebih besar saat Anda melihat-lihat.

Baca Juga: Aksesori Interior “Rajutan Kawat” Bakal Bikin Ruangan Anda Makin Nyentrik

14. Tambahkan furnitur yang memiliki ruang penyimpanan bawah

Kekacauan adalah musuh bebuyutan dari ruang-ruang kecil, membuatnya terlihat lebih mungil. Untuk mengatasi masalah ini, pilih furnitur dengan penyimpanan bawaan, seperti bangku arau meja. Menjaga agar kekacauan itu tidak terlihat akan membuat ruang Anda terlihat lebih besar dalam hitungan detik.

15. Pilih mebel yang lebih besar

Kursi-kursi dan meja-meja mungil itu membuat ruang kecil Anda sangat merugikan. Tampak berlawanan dengan intuisi, furnitur yang lebih besar dapat membuat ruangan terasa lebih besar — ​​pastikan Anda membatasi jumlah barang di setiap kamar.

16. Sesuaikan furniture Anda dengan warna dinding Anda

Salah satu cara sederhana untuk membuat ruang terlihat lebih besar adalah dengan mencocokkan furnitur dan dinding Anda. Terlalu banyak kontras antara dinding dan furnitur Anda bisa dianggap berantakan, membuat ruangan apa pun tampak lebih kecil.

17. Pilihlah lantai berwarna ringan

Lantai gelap sebenarnya juga membuat ruang Anda tampak lebih kecil. Lantai ringan, seperti cat dan furnitur ringan, akan membuat ruangan apa pun tampak jauh lebih luas.

18. Pilih mebel dengan kaki

Furnitur dengan kaki memungkinkan cahaya dapat lewat di bawahnya. Ini tentunya dapat ‘menipu’ Anda agar berpikir bahwa ruang lebih besar.

19. Pilih tirai mandi bening

Mirip seperti perabot yang jernih, tirai yang jernih di kamar mandi memperluas visibilitas di kamar mandi Anda. Ini terutama jika itu membuat jendela terlihat, akan membuat seluruh ruangan tampak lebih besar.

Baca Juga: 7 Cara Cermin Dapat Membuat Setiap Ruangan Rumah Anda Nampak Lebih Luas

20. Manfaatkan ruang kosong lain

drawers under the bed could help you organise your stuff easier.

Jangan biarkan tempat tidur, meja dapur dan lainnya kosong atau bahkan tidak ramah pada Anda. Manfaatkan ruang kosong di bawahnya untuk menyimpan berbagai perlengkapan dan keperluan Anda.

[Sumber: Bestlifeonline.com]

About Patrisia

"Aku seharusnya tinggal di rumah, tidur, atau memasak dan menyeduh teh kesukaanku. Namun apa yang aku lakukan hari ini, adalah keputusanku jauh sebelum suamiku ada dan memasuki kehidupanku"

Check Also

tips menata rumah

Liburan Tiba, Yuk, Mari Menata Rumah Anda!

Salah satu cara termudah menata rumah Anda di hari libur adalah bermain pada warna untuk …

Leave a Reply

%d bloggers like this: