Tips Mudah Agar Rumah Anda Aman Saat Ditinggal Liburan

4
Rumah Aman dari Maling - Getty Images
Tips rumah aman dari maling./ Getty Images

Tingkat pencurian terhadap rumah-rumah kosong, terutama saat liburan panjang akan selalu meningkat. Anda harus selalu waspada dan persiapkan kelengkapan pengamanan agar rumah Anda aman dari para pembobol.

Baca Juga:

 

  • Lampu Otomatis

Outdoor-Porch-Light-Fixtures-Landscape

Ilustrasi – Lampu rumah./ karenefoley.com

Pencuri akan semakin banyak mengintai perumahan yang kemungkinan besar menurut mereka tidak berpenghuni. Ciri yang bisa mereka benarkan dari jauh adalah adanya lampu rumah yang menyala siang dan malam tanpa henti.

Bagi pembobol, lampu menyala siang hari berarti rumah sudah ditinggalkan pemiliknya sehingga aman untuk dimasuki.




Untuk itu, sebaiknya gunakan lampu otomatis yang menyala saat malam dan akan padam di siang hari.

Namun, bukan hanya itu, pencuri tentu sudah lebih pintar dari itu. Berbagai cara bisa mereka lakukan.

  • Kamera Pengintai/CCTV

Rumah Aman dari Maling - Getty Images 3

CCTV./ Getty Images

Menurut pengakuan para mantan penjahat, penghalangan terbaik yang membuat para pencuri berpikir dua kali adalah keberadaan kamera pengintai atau CCTV.

Sebaiknya rumah Anda pun dilengkapi dengan beberapa kamera pengintai baik yang terlihat maupun yang tidak mudah dilihat, baik di dalam maupun di luar rumah. Pastikan bahwa CCTV tersebut masih berfungsi dengan baik dan akan memberikan hasil maksimal.

  • Anjing Piaraan

Anjing peliharaan penjaga rumah

Anjing penjaga rumah./ Getty Images

Jenis anjing tertentu mungkin saja bisa mereka taklukan dengan makanan untuk masuk ke rumah Anda, tetapi suara gonggongan saat mendekati mereka akan membuat mereka panik dan berpikir ulang-ulang, apakah akan masuk dan membobol.

  • Media Sosial

Rumah Aman dari Maling - Media Sosial

Ilustrasi media sosial./ istimewa

Selanjutnya, bagi Anda yang sering memposting berbagai aktivitas Anda di media sosial, sebaiknya jangan menyampaikan rencana liburan atau perjalanan Anda. Para pencuri akan senang dengan informasi ini.

  • Peralatan dan Perkakas

perkakas

Ilustrasi – Perkakas./ Fotolia

Jangan tinggalkan tangga atau alat apa pun yang tergeletak sembarang di luar rumah Anda. Pastikan aman dan jauh dari jangkauan para pembobol. Tangga atau perkakas lainnya yang dekat dengan rumah atau pagar rumah Anda akan dengan senang bagi mereka untuk digunakan masuk ke rumah Anda.

  • Kunci Ganda

Sebaiknya pintu atau jendela rumah Anda menggunakan kunci ganda atau kunci yang sulit dicongkel dari luar. Ada beberapa jenis kunci tertentu yang dapat dengan mudah dicongkel dari luar.

4 COMMENTS