Wednesday, September 30, 2020

Bangun TOD di BSD City, Sinar Mas Land Gandeng Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation

Mitbana akan melakukan akselerasi pengembangan area residensial, komersial, dan transportasi di lahan seluas lebih dari 100 hektar di BSD City dengan konsep TOD.

PropertiTerkini.com, (SINGAPURA)Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk bekerjasama dengan Mitbana Pte Ltd, perusahaan patungan antara Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation untuk mengembangkan kawasan hunian transit oriented development (TOD), berkonsep smart di BSD City, Indonesia.

Mitbana merupakan perusahaan yang berpusat di Singapura yang didirikan pada Maret 2019. Fokus perusahaan tersebut adalah pada pengembangan kawasan berskala kota dan TOD di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Baca Juga: Menhub Apresiasi Rencana APG Bangun TOD Kota Podomoro Tenjo

Proyek TOD di BSD City, kerja sama antara Sinar Mas Land dan Mitbana tersebut akan mempertimbangkan konsep hunian nyaman, terutama pasca-pandemi Covid-19. Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation telah memiliki keahlian dalam mengakselerasi pengembangan tersebut dengan dukungan modal dari berbagai pihak ketiga.

BSD City adalah pengembangan berskala kota dari Sinar Mas Land di Tangerang, Banten. Pembangunannya dimulai sejak 1980-an dan terus berkembang dengan beragam fasilitas, seperti pusat niaga, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, dan convention centre.

Sejalan dengan pengembangan tersebut, Mitbana akan melakukan akselerasi pengembangan area residensial, komersial, dan transportasi di lahan seluas lebih dari 100 hektare di BSD City dengan konsep TOD.

Pengembangan ini dapat turut dinikmati oleh lebih dari 200.000 orang yang sekarang tinggal dan beraktivitas di BSD City.

BSD City sendiri telah dipercaya sebagai tuan rumah bagi beragam perusahaan ternama, seperti Apple Developer Academy (yang dijalankan Apple bersama universitas lokal) dan Grab (perusahaan transportasi online dari Singapura).

Baca Juga: Surbana Jurong Desain Master Plan Kawasan Ekonomi Digital Nongsa

Michael Widjaja, Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land, menyambut baik kerja sama tersebut. Melalui kerja sama tersebut, kata dia, Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar Sinar Mas Land di BSD City.

“Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya, serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia,” kata Michael.

Gareth Wong, Chief Executive Officer Mitbana, mengatakan, Indonesia memiliki potensi TOD yang cemerlang di masa depan, serta menjadi peluang besar untuk Mitbana.

“Kami bersemangat mewujudkan visi bersama untuk menjadi wadah pengembangan urban terdepan melalui pengembangan kota pintar yang berkesinambungan,” ujarnya.

Saat dunia sedang berjuang dalam pandemi Covid-19, kata dia, Mitbana mencari metode yang relevan untuk menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap lingkungan hidup di masa depan. Oleh sebab itu, pihaknya bekerja sama dengan Sinar Mas Land untuk mendefinisikan dan memberikan solusi urban yang holistik untuk menunjang komunitas dan meningkatkan bisnis di Indonesia.

Baca Juga: O2+ Urban Pop Fase 1 Sold Out, Sinar Mas Luncurkan Fase 2

“Pengembangan ini akan dilakukan dalam beberapa fase yang akan kami tunjukkan dalam waktu yang akan datang,” terangnya.

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land dibangun sejalan dengan kolaborasi yang telah terjalin antara Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land, dan Surbana Jurong.

Kerja sama dengan Mitsubishi Corporation dilakukan melalui pengembangan kawasan The Zora di BSD City yang merupakan zona hunian eksklusif dengan teknologi smart-home terdepan dari Mitsubishi.

Di township lain, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Citra Mas menunjuk Surbana Jurong dalam pengembangan konsep masterplan Eco Digital Project di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, seluas 62 hektar.

Dengan pengalaman telah mendesain 26 townships termasuk lebih dari satu juta rumah di Singapura, Surbana Jurong memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam bidang konsultasi desain urban.

Grup ini didirikan pada Juni 2015 melalui peleburan usaha dari House Development Board (HDB) dengan Jurong Town Corporation (JTC) yang memainkan peranan penting sejak awal pembangunan perumahan dan industri di Singapura.

Baca Juga: Jaya Real Property Dukung Pengembangan Stasiun Pondok Ranji

Hingga saat ini, Surbana Jurong terus berkontribusi secara signifikan untuk mengembangkan kawasan urban di Singapura dengan proyek perumahan, jalan, bandar udara, ruang bawah tanah, kawasan pesisir, dan infrastruktur utama lain.

Chong Lit Cheong, Chairman Mitbana and Group Chief Corporate Officer Surbana Jurong, menjelaskan, kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land di BSD City ini akan mengedepankan Mitbana dalam pengembangan yang berkesinambungan di Asia.

Surbana Jurong, lanjutnya, akan mengaplikasikan keahliannya di berbagai bidang, seperti perancangan kota dan infrastruktur. Hal ini akan dilengkapi dengan keahlian pengembangan urban dari Mitsubishi Corporation.

“Kami harap kerja sama dengan Sinar Mas Land ini akan membawa kita menuju proyek TOD modern di Indonesia yang memaksimalkan kenyamanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” sebut Chong Lit Cheong.

Sebagai perusahaan perdagangan terdepan dari Jepang, Mitsubishi Corporation telah memiliki pengalaman dari beragam sektor. Mitsubishi Corporation memiliki tim in-house Urban Development Group yang komprehensif dalam bidang realestat, infrastruktur, leasing, dan perbankan perdagangan di seluruh dunia.

Kelompok kerja ini memiliki misi untuk mendukung pengembangan urban skala besar dan bernilai tambah untuk kebutuhan sosial dan lingkungan.

Baca Juga: “New Normal” Setelah Pandemi, TOD Jadi Smart Lifestyle

Hiroshi Nakanishi, General Manager Mitsubishi Corporation di Singapura dan anggota dewan Mitbana, mengatakan, Mitsubishi Corporation senang karena melalui Mitbana pihaknya dapat terus bekerja sama dengan Sinar Mas Land dalam pembangunan di BSD City.

“Kami percaya dengan potensi perkembangan Indonesia yang terus memotivasi kami untuk memberikan produk dan teknologi terbaik kami dalam proyek ini,” ungkapnya.

1 COMMENT

BERITA TERKAIT

Kementerian PUPR: Pengembang Wajib Perhatikan...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2020 disusun sebagai salah satu upaya pemenuhan aksesibilitas bagi semua warga kota, khususnya penyandang disabilitas. Hal...

Ada Proyek Ditunda, Begini Strategi...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Performa kerja perusahaan properti mengalami tekanan besar akibat pandemi Covid-19 di tahun 2020 ini. Salah satunya adalah PT Metropolitan Land Tbk...

Pendaftar SiKasep Terus Meningkat, Mayoritas...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pandemi Covid-19 nampaknya tidak begitu berpengaruh terhadap minat masyarakat yang hendak memiliki hunian layak bersubsidi pemerintah. Bahkan data pendaftar SiKasep alias...

Teraskita Hotel Jakarta Beri Paket...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Meski Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid II, namun Teraskita Hotel Jakarta - managed by...

Jurus JustCo Atasi Tantangan di...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pandemi Covid-19 telah mengganggu dan mengubah cara orang bekerja dan di seluruh dunia. Ketika perusahaan menjalani transisi antara kerja jarak jauh...

Program Pasar Rakyat School Sinar...

PropertiTerkini.com, (BSD CITY) — Meski di masa pandemi Covid-19, beberapa fasilitas umum di BSD City harus tetap dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu...

PROPERTI TV

00:01:40

Kemewahan Menanti di The Ritz-Carlton,...

PropertiTerkini.com, (BALI) – Tiada salahnya jika saat ini Anda mulai merencanakan liburan yang istimewa bersama keluarga, ketika sudah saatnya bepergian lagi. Salah satunya adalah...
00:02:02

Harapan Indah Residence: Strategis di...

PropertiTerkini.com, (LABUAN BAJO) – Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium tentu menyimpan potensi besar pada bisnis properti, terutama investasi. Ini pula mendasari CV Tanjung...
00:01:01

Meikarta Mulai Serah Terima Unit,...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Pengembang Kota Meikarta di Cikarang, akhirnya memenuhi janjinya usai menyelesaikan pembangunan apartemen tepat waktu. Proyek ini pertama kali diluncurkan pada 2017...
00:01:03

Philips Smart Wi-Fi LED, Lampu...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Apakah Anda sudah melengkapi rumah Anda dengan produk-produk pintar? Kini saatnya tingkatkan kenyamanan dan kemudahan di rumah Anda dengan deretan produk-produk...
00:00:31

Lippo Karawaci Tutup Atap Holland...

Holland Village Jakarta merupakan menara perkantoran 34 lantai yang dibangun terintegrasi dengan apartemen, pusat perbelanjaan dan rekreasi, rumah sakit, dan sekolah. Lokasi proyek berada...
00:04:41

Genap Berusia 10 Tahun, CentrePark...

Genap sudah CentrePark berusia 10 tahun pada 15 November lalu. Perusahaan manajemen parkir nasional nomor 1 di Indonesia tersebut, kini telah mencapai lebih dari...

BERITA TERBARU

Presiden Jokowi Resmikan Dua Ruas...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian ruas Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131 Kilometer. Kegiatan dilakukan secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor,...

Kementerian PUPR: Pengembang Wajib Perhatikan...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2020 disusun sebagai salah satu upaya pemenuhan aksesibilitas bagi semua warga kota, khususnya penyandang disabilitas. Hal...

10 Keunggulan Summarecon Bogor, Kota...

PropertiTerkini.com, (BOGOR) — PT Summarecon Agung Tbk resmi memperkenalkan proyek kota mandiri terbaru di selatan Jakarta, tepatnya berada di wilayah Bogor, yakni Summarecon Bogor....

Ada Proyek Ditunda, Begini Strategi...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Performa kerja perusahaan properti mengalami tekanan besar akibat pandemi Covid-19 di tahun 2020 ini. Salah satunya adalah PT Metropolitan Land Tbk...

Kementerian PUPR Bedah Rumah MBR...

PropertiTerkini.com, (LANGSA) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Perumahan menyalurkan bantuan perumahan melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau...

AKR Land Gandeng AREBI Jatim...

PropertiTerkini.com, (SURABAYA) — Meski pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, termasuk di Jawa Timur, namun minat masyarakat memiliki hunian layak, masih sangat tinggi. Atas dasar...