Begini Gambaran Rumah Masa Depan dari Samsung

Sebuah rumah akan mampu menawarkan pengalaman unik dan impresif dengan inovasi canggih seperti AI, sensor dan analisis data.

2
gambaran rumah masa depan dari samsung
H.S Kim mengungkapkan visi Samsung akan robot sebagai ‘teman hidup’ dan memperkenalkan Ballie, robot kecil yang bergulir dan mampu memahami, mendukung, dan bereaksi pada kebutuhan pengguna dengan aktif membantu di dalam rumah./ dok. Samsung

PropertiTerkini.com, (LAS VEGAS)Samsung Electronics Co., Ltd. menyajikan sebuah era pengalaman, “Age of Experience” pada pembukaan acara CES, termasuk memberikan gambaran rumah masa depan.

Sebagai pembicara, President dan CEO Samsung Consumer Electronics, H.S. Kim mengumumkan satu dekade inovasi yang berpusat pada manusia, yang secara mulus memadukan hardware dan software untuk menciptakan pengalaman personal yang menjadikan hidup lebih nyaman, lebih menyenangkan, dan lebih bermakna.

Age of Experience’ akan mentransformasi cara kita merawat diri sendiri dan keluarga kita, bagaimana kita dapat menyesuaikan rumah yang kita tinggal untuk memenuhi kebutuhan individual, dan bagaimana kita dapat membangun kota yang lebih aman, lebih pintar secara berkelanjutan.

Baca Juga: Tiang Pintar BrightSites Bikin Kota Semakin Smart dan Cantik

Melalui pameran berbagai teknologi maju pada robot pintar, AI, 5G dan edge computing, Samsung menawarkan gambaran akan masa depan yang sudah mendekat, dimana teknologi ini akan bersatu untuk menawarkan pengalaman konsumen yang lebih kaya dan adaptif.

“Di masa ‘age of experience’, kita perlu memikirkan ulang akan ruang yang kita miliki untuk mengakomodir perbedaan dan perkembangan gaya hidup,” jelas H.S. Kim.

“Yang menjadikan pendekatan Samsung unik adalah fakta bahwa filosofi kami sangat jelas dalam membangun inovasi yang berpusat pada manusia. Kami menciptakan solusi permasalahan dan memajukan kehidupan masyarakat,” lanjutnya.

Gambaran Rumah Masa Depan

Samsung juga menawarkan gambaran rumah masa depan. Federico Casalegno, Chief Design Innovation Officer Samsung Design Innovation Center menyatakan bahwa sebuah rumah akan mampu menawarkan pengalaman unik dan impresif dengan inovasi canggih seperti AI, sensor dan analisis data.




“Sebagai organisme hidup, rumah yang cerdas akan menjadi ruang yang benar-benar personal, merancang pengalaman bagi setiap orang, berdasar kebutuhan personal,” ungkapnya.

Baca Juga: Berikut Inovasi Lifestyle Home Appliance Terbaru dari Samsung

Casalegno menyorot bahwa batasan ruang antara dunia fisik dan digital telah bercampur dan mentransformasi ruang kehidupan ke dalam ruang pengalaman yang dicocokkan dengan kebutuhan individu, seperti galeri seni, studio yoga, atau bentuk ruang lainnya yang dapat dibayangkan pengguna. Berbaurnya dua dunia tersebut akan mentransformasi rumah dalam dekade selanjutnya, menurut Casalegno.

Ia memimpin demonstrasi impresif yang pertama kali melibatkan teknologi Samsung GEMS (Gait Enhancing & Motivating System). Demonstrasi tersebut menunjukkan cara konsumen dapat menggunakan kacamata AR untuk berlatih bersama pelatih pribadi virtual, mendaki gunung atau berjalan di bawah air, cukup dari nyamannya ruang keluarga di rumah, sementara GEMS mengumpulkan dan menganalisa hasil untuk memberikan rekomendasi aktivitas personal.

Samsung juga menunjukkan bagaimana sebuah ruangan bertransformasi bersama layar seperti layar MicroLED, konvergensi dari software, AI, IoT dan hardware. “Layar bukanlah sebuah produk, ia adalah jendela dunia, memungkinkan pengguna untuk secara instan terkoneksi dengan orang terkasih dan sahabat seolah mereka ada dalam ruangan yang sama,” sebut Casalegno.

Dia menekankan bahwa ruang cerdas dapat memberikan pengalaman tak terbatas. “Masyarakat dapat melihat dan mengalami hampir semuanya di dunia dan bahkan dunia yang tidak kita ketahui melalui layar,” imbuhnya.

Samsung turut membahas evolusi perjalanan kuliner modern, dimana alat rumah tangga dapat menjadi partner memasak – sebagai chef pribadi, ahli gizi, dan asisten belanja, semuanya menjadi satu.

Baca Juga: Punya Perangkat Selalu Diandalkan, Berikut 4 Produk Terbaru TP-Link

Teknologi inovatif dan pintar dapat mengkustom seluruh pengalaman makanan bagi konsumen – mulai dari saran resep hingga perencanaan sajian berdasar preferensi personal dan bahan yang dimiliki, untuk sesi belanja pangan yang lancar, pengiriman dan sesi memasak. Perusahaan juga menyoroti area tumbuh untuk kebun yang dapat menghasilkan di rumah, serta Bot Chef, robot asisten yang membantu mempersiapkan makanan.

2 COMMENTS