Berani Nginap di Sini? “Crazy House”, Hotel Unik dan Menakjubkan

6
Crazy House 1
Crazy House/dok. crazyhouse.vn

Hang Nga Villa atau Crazy House dibangun sejak tahun 1990 dan terus dilakukan penyempurnaan dengan target akhir di tahun 2020. Penginapan ini yang sudah dibuka untuk umum ini disebut “gila” lantaran bentuknya yang tak beraturan, mulai dari tampak luar bangunan hingga interior dan ornamennya.

Salah satu bangunan yang paling menakjubkan di dunia berada di Dalat, sebuah kota di negara Vietnam. Adalah “Rumah Gila” atau Crazy House yang belakangan berganti nama menjadi Hang Nga, hanya berjarak 3,1 km dari Stasiun Kereta Dalat. Bangunan ini merupakan salah satu tempat penginapan yang paling unik dan nyentrik di planet ini.

Baca Juga:

Arstitek bangunan ini adalah Dang Viet Nga, warga negara Vietnam yang juga pemilik Hang Nga Villa. Dia merupakan jebolan arsitek dari sebuah universitas di Moscow, Rusia. Dang Viet Nga kemudian mendirikan penginapan tersebut pada tahun 1990 atas alasan keprihatinannya terhadap kondisi alam dan lingkungan yang telah hancur oleh perbuatan manusia sendiri.

“Saya ingin membawa orang kembali ke alam agar lebih ramah dengannya, untuk menyukainya. Bukan hanya untuk memanfaatkan sepenuhnya, lalu menghancurkannya sebagaimana orang-orang di banyak tempat di dunia termasuk Viet Nam,” kata Dang Viet Nga, dikutip dari situs reseminya.

Advertisement

“Saya telah merancang banyak bangunan untuk negara saya yang tercinta. Dan sekarang, saya menemukan bahwa sudah waktunya untuk mewujudkan impian saya, untuk menciptakan beberapa karya arsitektur yang unik,” lanjutnya.

Crazy House

Sejak 1990, Hang Nga Villa telah diperbaiki dan disempurnakan beberapa kali, bahkan penyempurnaan akan terus berlanjut hingga target akhir tahun 2020. “Awalnya saya berniat untuk menyelesaikannya pada tahun 2010 tetapi saya tidak bisa karena berbagai alasan,” imbuhnya.

Crazy House dibangun di atas lahan seluas 1.600 meter persegi. Saking ‘dekatnya’ dengan alam, hotel ini pun terlihat menyerupai pohon dengan bentuk ornamen dan interior tak beraturan dan terlihat aneh. Sang arsitek menggunakan material lempengan batu hingga menjadikannya kamar-kamar penginapan yang hangat dan sangat nyaman.

Crazy House



Semua kamar menampilkan tema dan dekorasi yang berbeda-beda, seperti tema hewan, tanaman dan lainnya. Layaknya hotel pada umumnya, di setiap kamar juga dilengkapi dengan tempat duduk, lemari dan fasilitas lainnya.

Tersedia pula kamar mandi dalam dengan shower dan toilet. Beberapa kamar menampilkan pemandangan taman. Seluruh kamar dan area hotel juga dilengkapi dengan WiFi gratis, sehingga baik bagi tamu maupun pengunjung bisa menggunakan internet dengan leluasa.

Bagi sebagian orang terasa menyeramkan, namun akan menjadi betah bila sudah masuk ke sana. The Crazy House tidak hanya tempat yang ideal bagi orang untuk dikunjungi, tetapi juga sebuah hotel bagi mereka untuk tinggal dalam jangka panjang.

Crazy House

“Semua orang menginginkan kemerdekaan dan kebebasan. Oleh karena itu, melalui Rumah Gila ini saya ingin mewujudkan impian saya tentang kemerdekaan dan kebebasan dalam seni arsitektur,” kata Dang Viet Nga.

Crazy House juga sudah dibuka untuk umum, mulai pukul 08.30 hingga 19.00 untuk setiap hari, termasuk hari libur.

Bagi Anda yang berlibur ke Vietnam, cobalah mampir ke sini. Dari Bandara Nha Trang, berjarak sekitar 86 km menuju Rumah Gila ini. Di sekitarnya juga terdapat banyak lokasi wisata yang bisa sekalian disambangi. Diantaranya, Bao Dai’s Summer Palace yang berjarak sekitar 600 meter, atau Danau Xuan Huong yang berjarak 2 km.

Crazy House

Harga tiket masuk di Crazy House dipatok sekitar Rp12.000, sementara untuk kamar penginapannya mulai dari Rp600.000an hingga lebih dari Rp1 juta per malam. Harga yang cukup terjangkau untuk menikmati keunikan hotel ini. [Sumber Foto: crazyhouse.vn]

6 COMMENTS

Komentar