Wednesday, January 20, 2021

Kementerian PUPR Perkenalkan Aplikasi BPJT Info Bagi Pengguna Jalan Tol

Aplikasi BPJT Info dapat diunduh melalui ponsel berbasis android, menampilkan banyak fitur yang memudahkan pengguna jalan tol dan akan terus dikembangkan ke depannya termasuk untuk dapat diunduh lewat ponsel berbasis iOS.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkenalkan aplikasi mobile Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Info untuk memudahkan pengguna jalan tol dalam mencari informasi.

Pengembangan aplikasi BPJT Info tersebut merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian PUPR dalam upaya mewujudkan pelayanan jalan tol yang optimal untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol.

Baca Juga: Tinjau Infrastruktur di Labuan Bajo, Basuki: Rampung Akhir Desember 2020

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan sangat diperlukan karena kebutuhan dan ekspektasi publik yang semakin tinggi.

“Kami meyakini dengan layanan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest areanya,” kata Menteri Basuki.

Sekretaris BPJT Kementerian PUPR, Triono Junoasmono dalam acara perkenalan/sosialisasi aplikasi BPJT Info, Selasa (29/12/2020) mengatakan, aplikasi tersebut dirancang untuk memudahkan pengguna jalan tol mendapatkan informasi satu pintu mengenai semua ruas jalan tol yang dikelola oleh seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Triono mengungkapkan, aplikasi ini merupakan pengembangan versi mobile dari aplikasi Tarif Tol BPJT berbasis website yang merupakan aplikasi untuk memudahkan pengguna jalan tol dalam mencari total tarif tol yang harus dikeluarkan dalam perjalanan.

Baca Juga: Hingga Akhir Desember 11 Tol Baru Beroperasi, Total 2.724 KM Jalan Tol Baru di 2024

“Perubahan nama dari Aplikasi Mobile BPJT Tarif Tol menjadi BPJT Info merupakan usulan yang disebabkan oleh fungsi global dari aplikasi ini tidak lagi hanya untuk mencari tarif tol, tapi juga untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi apapun terkait jalan tol,” ujar Triono.

Aplikasi BPJT Info yang dapat diunduh melalui ponsel berbasis android ini menampilkan banyak fitur yang memudahkan pengguna jalan tol dan akan terus dikembangkan ke depannya termasuk untuk dapat diunduh lewat ponsel berbasis iOS.

Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi BPJT Info ini yakni cek tarif tol untuk menampilkan informasi estimasi total tarif yang harus dikeluarkan antar ruas tol semua golongan kendaraan dengan fitur navigasi, kemudian lokasi gerbang tol serta fasilitas rest area terdekat.

Fitur selanjutnya adalah peta jalan tol yang menampilkan informasi ruas tol di Indonesia. Fitur pengaduan yang memungkinkan pengguna melakukan pengaduan/kontak langsung dengan BUJT terkait jalan tol yang dilewati.

Baca Juga: Infrastruktur Rampung, Proyek Ciputra di Malang Timur Kian Prospektif

“Aplikasi ini juga dapat menampilkan live update yang menampilkan informasi kondisi jalan tol terkini, kemudian news update yang memberikan informasi berita terkait jalan tol terkini, call center untuk menampilkan informasi call center jalan tol yang bisa dihubungi, serta link Aplikasi BUJT untuk memberikan informasi aplikasi-aplikasi mobile lainnya yang masih terkait dengan jalan tol,” terang Triono.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU