Membatik Itu Tak Cuma di Atas Kain

0
membatik
Mercedes-Benz Bermotif Batik Milik Piyu PADI/ Istimewa

Siapa bilang batik hanya bisa dibuat, dilihat, dalam bentuk kain, kegiatan membatik juga bisa dilakukan di benda-benda lain. Dengan berbagai kreativitas dan kemajuan teknologi yang ada, membatik tak lagi cuma bisa dilakukan di atas kain mori saja.




Berikut beberapa wujud kecintaan masyarakat Indonesia, membatik di atas media yang tak biasa.

1. Sepatu

Selain dibuat baju, gaun, terusan, celana dan rok, kain batik ini juga bisa diolah menjadi tas dan juga sepatu. Kain batik ini bisa digunakan sebagai pelapis bagian luar sepatu yang dijahit. Salah satu desainer yang membuat kreasi sepatu dan tas batik adalah Bai Soemarlono dari Populo Batik.

Baca Juga: Ayu Tri Handayani, Sukses Membatik Dengan Kaki

2. Mobil

Kendaraan seperti mobil dan motor ternyata juga bisa digunakan sebagai media membatik. Piyu PADI adalah si pemilik mobil Mercedes-Benz bercorak batik ini. Piyu membeli mobil ini pada tahun 2010 lalu. Mobil ini dihias dengan batik oleh desainer busana, Carmanita.

3. Rokok

Bagaimana mungkin membatik di atas permukaan rokok yang sangat kecil? Nyatanya ini bisa dilakukan. Karya seni ini disebut nyethe. Nyethe berasal dari kata dasar cethe yang artinya ampas kopi. Nyethe sendiri berarti mengoleskan ampas kopi pada batang rokok. Tak ada tujuan khusus untuk melakukan hal ini di batang rokok karena tidak akan menambah rasa atau aroma. Namun, kegiatan ini hanya bertujuan untuk memberi motif unik pada rokok yang akan diisap.

4. Keramik

Keramik dan barang pecah belah seperti mangkok, cangkir, gelas, dan piring juga bisa jadi media unik untuk batik. Maestro batik, Iwan Tirta termasuk salah satu seniman terkenal yang memiliki banyak motif batik ini juga berkreasi membuat keramik di atas batik.

5. Mesin kopi

Iwet Ramadhan tak kehabisan ide untuk menciptakan karya seni yang unik dari batik. Dalam rangka Asian Design Contest (kompetisi mendesain mesin tingkat Asia), desainer batik ini membatik di atas sebuah mesin kopi. Sama seperti proses membatik di atas kain, ia juga menggunakan canting, malam, dan juga pilox transparan agar malam tak mudah terkelupas.

Baca Juga: Kini, Buat Miniatur Kapal Bisa dengan Mesin Pambungkal Ciptaan Mahasiswa ITS

6. Cake batik

Pada bulan Maret 2013 lalu, koki Bidakara Wedding Expo sukses memecahkan rekor MURI sekaligus rekor dunia untuk pembuatan cake batik terbesar di dunia. Kuenya sendiri dihias dengan motif batik truntum. Cake batik ini memiliki berat mencapai 300 kg dengan panjang 240 x 120 meter. [Sumber: kompas.com]

Leave a Reply