Mulai Rp1 Miliaran, Rumah Berteknologi Panel Surya Dibangun Anvaya Group

Rumah dua lantai memberikan garansi 5 tahun yang dijual perdana mulai Rp1,1 miliar. Sementara 10 unit ruko dilego mulai Rp1,885 milir.

3
panel surya di anvaya townhouse bogor
Jordy Yonathan, CEO PT Anvaya Developer Indonesia (ketiga kiri), Michael Judianto, perwakilan PT GAF Indonesia (kanan), dan Joe, Seo Hyeon Globalindo (kiri), saat meluncurkan proyek Anvaya Townhouse di IPB International Convention & Conference, Bogor, Sabtu (11/1/2020)./ Putri

PropertiTerkini.com, (BOGOR) – PT Anvaya Developer Indonesia (ADI) mengembangkan perumahan yang memakai teknologi panel surya atau solar panel. Dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai sumber energi ini, ADI berharap bisa menghemat tagihan listrik pemilik rumah.

“Penggunaan panel surya bertujuan menyerap energi matahari dan membantu menghemat energi listrik penghuni rumah, sehingga membawa standar baru pada perumahan di Kota Bogor,” ujar Jordy Yonathan, CEO PT Anvaya Developer Indonesia, Sabtu (11/1/2020).

Asosiasi Energi Surya Indonesia, menyebut, panel surya berkapasitas 1 kWp (kilo watt peak) dapat menghasilkan listrik selama 8 jam, sejak matahari bersinar terang mulai pukul 08 pagi sampai 4 sore, dan total yang dihasilkan kurang lebih 3,5 kWh dengan intensitas sinar matahari di Jakarta dan sekitarnya, termasuk Bogor.

Baca Juga: Dharmawangsa Hills Luncurkan Tahap Dua Perumahan Dua Lantai di Bogor

Indonesia sendiri adalah negara berpotensi energi matahari sangat besar sepanjang tahun. Berdasarkan data Kementerian ESDM, potensi energi surya di Indonesia sekitar 4,8 kWh/m2 atau setara dengan 112.000 GWp. Namun, yang sudah dimanfaatkan baru sekitar 10 MWp. “Maka itu, kami mengajak masyarakat memanfaatkan potensi energi surya di Tanah Air melalui penggunaan panel surya untuk mengalirkan daya listrik di rumah tinggal,” jelas Jordy.

Jordy menambahkan, nantinya energi yang dihasilkan panel surya ini dapat langsung digunakan ke dalam beban dan selebihnya disalurkan ke dalam jaringan PLN. Dengan begitu penghuni rumah bisa menekan biaya listrik PLN atau bahkan dibayar oleh PLN untuk setiap listrik yang disuplai ke jaringan PLN.

Selain panel surya, material berkualitas lainnya yang digunakan adalah atap GAF roofing yang bekerjasama dengan PT GAF Indonesia. Bahkan pengembang menjamin garansi kebocoran atap tersebut hingga 25 tahun. Menurut Michael Judianto, perwakilan PT GAF Indonesia, atap anti bocor dari GAF tersebut memiliki beberapa keunggulan, seperti material atap lebih ringan, lebih fleksibel, tahan cuca dan kedap suara serta bisa dipasang dengan berbagai bentuk dan sudut kemiringan bermacam-macam.




“Bahkan atap dari GAF roofing ini juga bisa ‘bernafas’ dimana udara panas akan dibuangnya dan udara dingin dihadirkan dalam ruangan. Sehingga ini juga dapat mendukung kenyamanan termal yang akan dihadirkan oleh pengembang dalam hunian ini,” terang Michael.

Dua Blok Beda Gaya

Untuk proyek awal pemakaian solar panel ini, ADI mengembangkan Anvaya Townhouse di Jalan Bridgjen Hj Saptadji, Cilendek Barat, Bogor di lahan seluas 5.680 meter persegi. Jumlah unitnya terbatas, hanya 35 rumah seharga mulai Rp1,1 miliar. Ini merupakan harga perdana dari harga sebenarnya Rp1,7 miliar.

“Kami buat rumah modern minimalis yang dikelilinginya penuh area hijau. Konsepnya arsitektur hijau. Terbagi dua blok, yaitu Vasra dan Vardhana yang masing-masing memiliki aksen arsitektur berbeda. Setiap unit mendapat garansi atap anti bocor dari kami, jadi nggak perlu khawatir,” terangnya.

Lebih rinci, Jordy menjelaskan, Anvaya yang berarti keluarga (Sansekerta-red) akan mengutamakan keamanan dan kenyamanan bagi para penghuninya. Rumah 2 lantai dengan tipe 72 m2 dan 85 m2 dilengkapi 3 kamar tidur, juga tiga taman.

“Di sini kami memberikan juga kenyamanan termal. Dimana rumah yang memiliki proses pengudaraan dan pencahayaan yang sangat baik,” ungkap Jordy.

Anvaya Townhouse memiliki 2 blok hunian, yakni Vardhana dan Vasra yang masing-masing terbagi sebanyak 15 unit dan 20 unit.

Baca Juga: Grand Central Bogor Diambil Alih Adhi Commuter Properti

Rumah di Blok Vasra didesain feminim dengan warna-warna monokrom ceria serta penggunaan tanaman-tanaman perdu pada sisa lahan. Sementara rumah di Vardhana mengandalkan aksen kayu, batu dan kaca sehingga tampak alami dan asri.

Selain rumah, juga dilansir 10 unit ruko di area depan townhouse yang dijual mulai Rp1,885 miliar. Townhouse ini akan dilengkapi taman bermain anak, amphitheatre, balai warga, musholla, dan CCTV 24 jam. Proses konstruksi dilakukan dengan sistem pre-order mulai Maret 2020. “Kita base on order, setelah administrasi dipenuhi langsung dibangun per Maret nanti,” pungkas Jordy.

3 COMMENTS