Park and Ride Lebak Bulus Tampung Kendaraan Pengguna MRT

4
park and ride lebak bulus
Ilustrasi - Fasilitas park and ride yang dibangun di Stasiun MRT Kajang, Selangor, Malaysia./ Sumber: www.bigkl.com

MRT Jakarta akan menyiapkan fasilitas parkir bagi masyarakat yang akan menggunakan MRT, salah satunya Park and Ride Lebak Bulus.

PropertiTerkini.comMRT Jakarta menyiapkan lokasi park and ride bagi masyarakat pengguna MRT yang akan masuk ke wilayah Jakarta, terutama di sekitar stasiun MRT Jakarta koridor selatan. Langkah ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna moda transportasi publik tersebut.

Baca Juga: Keren, Kawasan Lebak Bulus Bakal Jadi TOD Modern

Keterangan tertulis MRT Jakarta mengatakan, keberadaan fasilitas park and ride juga sebagai upaya mendorong pengurangan penggunaan moda transportasi pribadi.

Adapun salah satu fasilitas tersebut, yakni Park and Ride Lebak Bulus yang terletak di Jalan Ciputat Raya, berjarak sekitar 400 meter dari Stasiun Lebak Bulus Grab.

Area park and ride tersebut memiliki kapasitas tampung lebih dari 150 mobil dan 500 motor. Meski demikian, Park and Ride Lebak Bulus yang dioperasikan oleh Unit Pengelola Perparkiran Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta saat ini masih bersifat sementara (temporer).

Baca Juga: MRT Jakarta Bangun TOD di Lahan Perumda Pasar Jaya

Fasilitas permanen yang sedang disiapkan masih dalam pembahasan dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Fasilitas seperti bangunan bilik-bilik di area Park and Ride Lebak Bulus adalah pos polisi penjagaan sementara dan toilet yang tersedia di area tersebut adalah fasilitas sementara yang dibangun swadaya oleh masyarakat sekitar.

Saat ini, PT MRT Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan penyempurnaan perencanaan kawasan Lebak Bulus dengan konsep Kawasan Berorientasi Transit (Transit Oriented Development).

Konsep tersebut akan mengedepankan aspek ramah pejalan kaki dengan aksesibilitas pergerakan yang memudahkan. Akses tersebut akan dilengkapi dengan kanopi, jalur khusus pejalan kaki, dan jembatan penghubung antarbangunan.

Baca Juga: MRT Jakarta dan ITDP Sepakat Optimalisasi Pejalan Kaki dan Pesepeda

Selain itu, guna menunjang peningkatan jumlah penumpang (ridership), berbagai upaya telah dilakukan, seperti menyelenggarakan program #JelajahiJakarta dengan memanfaatkan momentum liburan lebaran dan liburan sekolah, terutama bagi rombongan yang baru pertama kali menggunakan layanan MRT Jakarta.

Kartu MTT

PT MRT Jakarta berharap agar Bank Indonesia segera menerbitkan izin kartu tiket Jelajah Multitrip (MTT).

Penggunaan kartu tiket Jelajah Multritrip tersebut akan mempercepat proses pengetapan (tapping) kartu di gerbang penumpang (passenger gate) sehingga mengurangi antrean penumpang masuk ke area berbayar (paid area).

Baca Juga: Sakura Garden City, Dilengkapi Jembatan Penghubung ke Stasiun LRT Ciracas

MRT Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan pembayaran kepada masyarakat yaitu bekerjasama dengan bank-bank penerbit uang elektronik dan berupaya untuk menambah Ticket Vending Machine (TVM) di stasiun-stasiun MRT Jakarta.

Ke depannya, MRT Jakarta juga akan menyediakan TVM baru yang akan dapat digunakan untuk membeli kartu uang elektronik bank di stasiun stasiun MRT Jakarta.

Baca Juga: Core Cipete di Titik Nol Stasiun MRT Cipete, Mulai Rp1 Miliar

Para bank yang sudah memiliki izin uang elektronik dari Bank Indonesia akan diundang kembali untuk penawaran berkontrak sewa TVM dengan MRT Jakarta.

Advertisement

4 COMMENTS

Komentar