Friday, January 22, 2021

Peringati World Habitat Day, Aramco dan Habitat Bangun Rumah di Batam

Kolaborasi Habitat for Humanity dan Aramco Singapore dalam rangka memperingati World Habitat Day telah membangun 16 rumah dan 15 akses air bersih di Desa Kabil, Batam.

PropertiTerkini.com, (BATAM) — Aramco Singapore dan Habitat for Humanity berkolaborasi membangun hunian layak bagi warga di Batam, Kepulauan Riau. Melalui kolaborasi dalam rangka memperingati World Habitat Day (Hari Habitat Dunia) tersebut telah membangun 16 unit rumah aman dan 15 akses air bersih.

Sejak 2015, Aramco Singapore telah bekerjasama dengan Habitat Singapore dan Habitat Indonesia untuk memperbaiki kehidupan 77 keluarga di Batam, Indonesia, dengan membangun rumah dan menyediakan akses air bersih di perumahan.

Baca Juga: Kementerian PUPR: Pengembang Wajib Perhatikan Kebutuhan Penyandang Disabilitas

Relawan Aramco dari Singapore telah berkunjung ke Batam untuk membangun rumah dan kehidupan para pemilik rumah.

Marwa Al-Khuzaim, Aramco Asia Singapore Managing Director, mengatakan, Aramco sangat percaya bahwa nilai energi yang sesungguhnya terletak pada potensi energi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan perubahan dan pengembangan masyarakat.

“Kami diyakinkan bahwa kerja sama kami bersama Habitat telah membuat perubahan yang nyata bagi kehidupan masyarakat di Desa Kabil, khususnya selama pandemi Covid-19,” kata Marwa melalui siaran pers yang diterima PropertiTerkini.com.

Di Desa Kabil, terdapat lebih dari 4.500 keluarga dengan sekitar 20.000 perumahan, dimana, 40 persen diantaranya masih tinggal di rumah tidak layak yang struktur bangunannya tidak aman terutama saat musim hujan tiba.

Baca Juga: 661 Keluarga di Banyuasin Nikmati Rumah Layak Huni

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia mengatakan, selama pandemi, sangat penting bagi keluarga untuk tetap di rumah saja. Sayangnya, kebanyakan penduduk di Kabil tidak memiliki rumah yang aman dan nyaman untuk berlindung.

“Kami mengapresiasi komitmen Aramco yang bekerja sama dengan Habitat untuk membangun rumah yang layak dan sehat agar masyarakat tetap kuat dan bertahan di masa pandemi Covid-19,” katanya.

Salah satu warga yang merasakan manfaat dari pembangunan rumah ini ialah Astuti. Astuti dan 4 anggota keluarganya sebelumnya tinggal di sebuah rumah kontrakan kecil yang terbuat dari bahan bekas di Desa Kabil.

Baca Juga: Inisiasi Program BERGERAK, Habitat Gandeng OPPO Lanjutkan “Tempat Singgah Tenaga Medis”

Suaminya Hajaruddin, seorang buruh harian hanya menghasilkan pendapatan sekitar Rp3 juta setiap bulan. Pendapatan tersebut sangat sulit baginya untuk membangun rumah sendiri.

Harapan Astuti akhirnya terwujud di April 2020 ketika keluarganya pindah ke rumah milik mereka sendiri.

“Saya tidak pernah merasa sebahagia ini. Sebelumnya kami merasa sangat sulit menyisihkan uang bahkan untuk memenuhi makanan terlebih lagi keperluan rumah. Sekarang dengan punya rumah sendiri, kami berharap dapat memberi kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak kami,” tuturnya.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bedah Rumah MBR di Langsa, Aceh

Sebagai program yang menyeluruh, Habitat juga memberikan berbagai pelatihan kepada warga Desa Kabil, seperti latihan dasar konstruksi, pola hidup bersih dan sehat, dan tanam pohon yang bermanfaat bagi lingkungan.

BERITA TERKAIT

Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

BERITA TERBARU