Sunday, April 11, 2021
Pasang Iklan disini ....

Progres Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran Sudah Mencapai 93,06 Persen

Salah satu dari 6 ruas tol JORR II ditargetkan selesai di Maret 2021 ini. Tol Cengkareng - Batuceper – Kunciran akan meningkatkan konektivitas wilayah metropolitan Jabodetabek.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan tahap akhir pembangunan Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran sepanjang 14,19 km.

Ruas tol ini merupakan salah satu dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Baca Juga: Target Konstruksi Jalan Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 Rampung Agustus 2021

Progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran saat ini telah mencapai 93,06 persen dan ditargetkan selesai Maret 2021 ini. Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan nilai investasi sebesar Rp1,96 triliun.

Pembangunan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

Baca Juga: Terima Sumbangan dari SC Johnson, Habitat for Humanity Bangun Rumah Layak di Beberapa Negara

Dukungan ruas tol ini adalah untuk memperlancar lalu lintas atau memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi Megapolitan Jabodetabek, sekaligus mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya.

Ini dipertegas oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Selain Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran, ruas tol 6 Jalan JORR II lainnya adalah Jalan Tol Kunciran – Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong – Cinere (10,14 Km), Jalan Tol Cinere – Jagorawi (14,70 Km), Jalan Tol Cimanggis – Cibitung (26,18 Km), Jalan Tol Cibitung – Cilincing (34,02 Km).

Baca Juga: Pulihkan Pariwisata, Kementerian PUPR Selesaikan Peningkatan Jalan di DPSP Manado – Bitung – Likupang

Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Bila tersambung nantinya akan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan wilayah sekitarnya.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU