Setelah Tol Bocimi dan Jalur Ganda KA, Pemerintah Bangun Bandara Sukabumi

1
Setelah Tol Bocimi dan Jalur Ganda KA, Pemerintah Segera Bangun Bandara Sukabumi
Masterplan Bandara Sukabumi./ Istimewa

Setelah Tol Bocimi yang pembangunannya dilanjutkan pemerintahan Joko Widodo, jalur ganda kereta api ke Sukabumi juga sedang dikerjakan. Sementara Bandara Sukabumi ditargetkan rampung 2020 mendatang

Propertiterkini.com – Infrastruktur menjadi penopang utama ekonomi di semua wilayah. Pemerintah saat ini pun terus memperbanyak sarana infrastruktur di berbagai pelosok negeri. Seperti di Jawa Barat yang segera memiliki bandar udara (bandara) baru, yakni di Sukabumi.

Baca Juga:

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sudah ada dua pusat pertumbuhan baru dibangun di provinsi berpenduduk terbanyak di Indonesia, yakni 48 juta jiwa, yaitu Bandara Kertajati dan Pelabuhan Patimban.

“Kita membangun pelabuhan yang lebih besar dari Pelabuhan Tanjung Priok yang ada di Jakarta. Semua kapal besar dari Amerika, Eropa datang di sana. Barang-Barang dari seluruh Indonesia dikirim dari Pelabuhan Patimban ke Luar negeri,” kata Budi Karya dalam Dialog Nasional Seri-16 di Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/7) lalu.

Advertisement


Pelabuhan Patimban ditargetkan selesai pada 2020. Hadirnya pelabuhan ini diyakini akan semakin memperlancar arus barang serta logistik bagi industri-industri, terutama yang berada di Jawa Barat.

Sementara Bandara Internasional Kertajati sudah diresmikan pada Mei lalu. Bahkan Presiden Joko Widodo juga sudah melakukan pendaratan pertama bersama Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 di Bandara Kertajati tersebut.

Baca Juga: Mendarat Perdana, Jokowi: Bandara Kertajati Akan Terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban

“Kita juga ingin nantinya Bandara Kertajati ini terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban karena jarak dari sini ke Patimban kurang lebih 40-an kilometer,” ungkap Presiden ketika itu.

Menurut Jokowi, dengan terintegrasinya kedua fasilitas dan infrastruktur ini akan memudahkan dan memberikan fasilitas pelayanan kepada investor yang masuk, sehingga pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat juga bisa meningkat dengan lebih baik.

Lebih lanjut soal infrastruktur ke Sukabumi, Selain Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) yang dirampungkan pada era Presiden Jokowi [Baca: Jokowi: Jalan Tol Bocimi Seharusnya Sudah Selesai Dari Dulu, Kenapa Belum Maju Satu Meter pun?], pemerintah juga mengerjakan pembangunan infrastruktur transportasi, seperti jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi dan pembangunan Bandara Sukabumi.

“Kami bangun kereta api dengan dua jalur. Jika selesai, maka waktu tempuh yang sebelumnya sekitar 3-4 jam, nanti kira-kira hanya 45 menit saja,” kata Menhub.

Sedangkan Bandara Sukabumi direncanakan akan selesai 2020 mendatang. “Jadi Jakarta ke Sukabumi hanya sekitar 30 menit,” ucapnya.

1 COMMENT

Komentar