Sunday, April 11, 2021

Target Konstruksi Jalan Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 Rampung Agustus 2021

Konstruksi tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong – Cibadak kini telah mencapai 76 persen. Kehadiran jalan tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 Km diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Di tengah masa pandemi ini pemerintah tetap tidak mengendurkan semangat untuk terus mengembangkan infrastruktur seperti pembangunan jalan tol. Ini bisa dilihat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang terus mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 Km.

Kehadiran jalan tol ini ditunggu-tunggu karena dapat menjadi jalan alternatif  menuju Jawa Barat bagian Selatan terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas Jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak.

Baca Juga: Bendungan Napun Gete, Ketiga Tuntas di NTT

Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Semakin lancarnya konektivitas diharapkan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah di Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya serta mendukung produktivitas sektor pariwisata seperti di Pelabuhan Ratu, Curug Awang, Curug Cikaso hingga Gunung Gede.

“Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas,” ujar Menteri Basuki.

Saat ini progres konstruksi Tol Ciawi – Sukabumi pada Seksi 2 ruas Cigombong – Cibadak sepanjang 11,9 Km telah mencapai 76,50 persen. Ditargetkan konstruksi Jalan Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 rampung pada Agustus 2021.

Baca Juga:  Di BlanjaProperti’21, Metland Jual Rumah Mulai Rp300 Juta

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 Km terdiri dari 4 Seksi, yaitu Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 Km), Seksi II Cigombong-Cibadak (11,9 Km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 Km), dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km). Ruas tol ini dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Trans Jabar Tol dengan nilai investasi sebesar Rp 11,71 triliun.

Seksi I Ciawi – Cigombong telah beroperasi pada Desember 2018 dan terkoneksi dengan ruas tol Jagorawi. Dengan selesainya Tol Ciawi – Sukabumi ini nantinya akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, Ciawi maupun Sukabumi.

Baca Juga: Kementerian PUPR Gandeng Bank 9 Jambi Salurkan Dana Program BSPS

Kehadiran Jalan Tol Ciawi-Sukabumi juga diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan dari Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 3-4 jam menjadi sekitar 1-2 jam.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU