Home / Berita Video / VIDEO: Ritual Agung ‘Kebo Mulih Pakandangan’ untuk Perkokoh Jatidiri Bangsa
Kebo Mulih Pakandangan
Acara puncak Ritual Api dilakukan dengan mengarak Kebo Belang (Poleng) ke Situhiyang dengan membawa sesaji./ Foto: Wawan Kuswandi - Propertiterkini.com

VIDEO: Ritual Agung ‘Kebo Mulih Pakandangan’ untuk Perkokoh Jatidiri Bangsa

Propertiterkini.com – Ritual Agung ‘Kebo Mulih Pakandangan’ berlangsung di Cagar Budaya Nasional Paseban, Tri Panca Tunggal, Desa Cigugur Sukamulya, Kuningan, Jawa Barat. Acara sakral ini diselenggarakan selama dua hari yaitu sejak 21 hingga 22 Desember 2018.

Berikut sajian berita langsung dari lapangan yang disertai dengan video jalannya upacara adat tersebut:

Baca Juga:

Adapun ritual sakral ini mempertemukan adat dan budaya di seluruh Indonesia ini. Acara tersebut diawali dengan pemutaran film Komunitas Adat Karuhun Sunda Wiwitan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pementasan Tari Jampari Apsari dan pembacaan puisi Ibu Bumi.

Ritual Tanah

Pergelaran Ritual ‘Kebo Mulih Pakandangan’ dimulai dengan Ritual Tanah dengan menanam pohon sawo kecik di Taman Sari Paseban yang dilakukan oleh tiga perwakilan perempuan adat se-Nusantara. Kemudian dilanjutkan dengan Ritual Air yang dilakukan sesepuh Sunda Wiwitan dan para pini sepuh spiritual dari komunitas budaya di seluruh Indonesia.

Ritual Air

Ritual Air ini dilaksanakan di Sumur Sijala Tunda, Sumur Sagara Hiyang, Sumur Raga Wacana dan Balong Girang. Usai Ritual Air dipentaskan Tari Buyung.

Ritual Angin

Selanjutnya digelar Ritual Angin yang dilakukan pini sepuh tokoh adat dari seluruh Indonesia yang dilaksanakan di depan gedung Paseban Tri Panca Tunggal. Dalam pelaksanaannya, Ritual Angin diiringi tetabuhan Gamelan Renteng dan alat musik tiup Karinding serta pelepasan burung diiringi musik Angklung Takol.

Ritual Api




Acara puncak Ritual Api dilakukan dengan mengarak Kebo Belang (Poleng) ke Situhiyang dengan membawa sesaji. Prosesi Ritual Api dilakukan para pini sepuh budaya se-nusantara dengan iringan Gamelan Ki Munggang.

Ritual Api dilaksanakan dengan kurasan/wejangan/doa oleh Rama Pangeran Djatikusumah dan para pini sepuh spiritual dan tokoh adat seluruh nusantara.

Inti dari Ritual Agung ‘Kebo Mulih Pakandangan’ ini ialah dengan banyaknya aneka suku, budaya, adat istiadat serta karakter bangsa Indonesia, maka rakyat  Indonesia harus tetap menjaga persatuan untuk memperkokoh jatidiri bangsa.

Transportasi ke Kuningan

Untuk mencapai Kabupaten Kuningan, Anda bisa mengambil rute Pantura, hingga ke Cirebon, masuk Tol Palimanan dan keluar di pintu Tol Ciperna lalu ke arah Kuningan. Rute ini banyak dilalui kendaraan umum dari Jakarta, seperti Bus Jakarta-Cirebon, lalu melanjutkan ke Kuningan dengan mini bus atau Elf dari terminal Cirebon Atau bus jurusan Jakarta-Kuningan via Cirebon.

Jika ingin menempuh perjalanan menggunakan jalur kereta api, Anda harus transit di Cirebon, lalu naik mini bus, atau Elf arah Kuningan atau Tasik dari Terminal Bus Harjamukti, Cirebon.

Selain lewat Pantura, Anda juga bisa juga lewat jalur selatan, Jakarta-Bandung-Cileunyi-Cicalengka-Nagrek-Malangbong-Wado-Bantarujeg-Cikijing-Kuningan, atau lewat Sumedang-Kadipaten-Palimanan-Cirebon-Kuningan.

Dari arah Cirebon, selepas daerah Ciperna, memasuki kawasan wisata Gronggong, jalanan akan mulai menanjak. Lepas dari kawasan Gronggong, Anda akan memasuki daerah Beber, kecamatan di wilayah Cirebon yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan. Lepas dari Beber, Anda akan memasuki daerah Sampora yang sudah masuk wilayah Kecamatan Cilimus, Kuningan. Terus ke selatan arah Kota Kuningan.

Untuk memudahkan mobilitas di dalam kota, moda transportasi yang tersedia di kuningan antara lain Minibus yang tersedia di Terminal di Kuningan Kadugede, Sadamantra dan Kertawangunan. Angkutan dalam kota dengan trayeknya masing-masing, angkot 01 jurusan Kuningan-Pasar baru-Kadugede, angkot 02 jurusan Pramuka-Kadugede, angkot 03 jurusan Pasar baru-Padamenak.

Baca Juga: Cara Mudah Ubah Rumah Anda Menjadi Homestay

Adapun angkot 04 jurusan Pramuka-Padamenak, angkot 05 jurusan Cirendang-Kertawangunan, angkot 06 jurusan Pasar baru-Kertawangunan, angkot 07 jurusan Pasar baru-Lengkong, angkot 08 jurusan Cirendang-Lengkong, angkot 09 jurusan Pramuka-Cigugur. Sementara angkot 10 jurusan Pramuka-Kertawangunan, angkot 15 jurusan Puncak-Kuningan dan angkot 16 jurusan Cisantana-Kuningan. Selamat berlibur Tahun baru 2019 di kota Kuningan, Jawa Barat.

About Wawan Kuswandi

Penikmat Alam Serpong

Leave a Reply

%d bloggers like this: