Jalan Tol Pandaan-Malang Segera Beroperasi, Surabaya-Malang 1 Jam Saja

5
jalan tol pandaan-malang
Progres pengerjaan Jalan Tol Pandaan-Malang./ Foto: dok. Jasamarga

Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki panjang 38,48 kilometer. Proyek dengan investasi Rp5,97 triliun ini terdiri atas lima seksi.

Propertiterkini.com – Pengerjaan proyek Jalan Tol Pandaan-Malang terus dikebut untuk mengejar target penyelesaian pada triwulan I tahun 2019. PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Pandaan-Malang, optimistis dapat menyelesaikannya tepat waktu.

Baca Juga: Harga Properti Malang Naik 63 Persen, Ciputra Luncurkan Klaster Baru

Jalan to ini memiliki panjang 38,48 kilometer. Hingga saat ini, progres konstruksi secara keseluruhan untuk Jalan Tol Pandaan-Malang telah mencapai 70%.

“Sedangkan untuk Seksi 1, 2, dan 3 telah mencapai sekitar 82%. Memang yang kami kejar untuk operasional adalah Seksi 1, 2, dan 3,” ujar Direktur Utama PT JPM Agus Purnomo dalam siaran tertulis kepada media, Minggu (11/11/2018).

Advertisement

Nantinya, lanjut dia, dari Surabaya menuju Malang atau Batu bisa keluar di Singasari. Sehingga akan memangkas waktu tempuh yang sangat signifikan.

“Kalau hari-hari libur dari Surabaya ke Malang bisa tiga sampai lima jam, nantinya bisa hanya satu jam saja,” tegas Agus Purnomo.



Jalan Tol Pandaan-Malang dibangun dengan total investasi mencapai Rp5,97 triliun. Jalan tol ini terdiri atas lima seksi, yakni Seksi 1 Pandaan-Purwodadi, Seksi 2 Purwodadi-Lawang, Seksi 3 Lawang-Singosari, Seksi 4 Singosari-Pakis, dan Seksi 5 Pakis-Malang.

Keberadaan jalan bebas hambatan tersebut, tentunya akan sangat membantu akses transportasi masyarakat, dari dan menuju Malang maupun Surabaya. Jalan tol ini memang tidak termasuk bagian dari Tol Trans Jawa.

Baca Juga: Jalan Tol Trans-Jawa Rampung, Jakarta-Surabaya Hanya 12 Jam

Meski demikian, Jalan Tol Pandaan-Malang cukup strategis. Pasalnya, jalur antara Malang dan Surabaya senantiasa selalu dipadati oleh kendaraan, terutama saat weekend atau libur.

Sebagaimana diketahui, Malang, Batu, dan sekitarnya (Malang Raya) merupakan tujuan wisata bagi warga Jawa Timur dan daerah lainnya. Sehingga adanya Jalan Tol Pandaan-Malang tentunya akan sangat memudahkan masyarakat.

Perekonomian Malang Raya juga tentu akan semakin menggeliat. Baik di sektor pariwisata, termasuk juga sektor properti.

 

Klik “Infrastruktur” untuk baca berita terkait lainnya!

5 COMMENTS

Komentar