Jawa Barat Dominasi Pencarian Properti OLX Indonesia

0
jawa barat dominasi pencari properti olx indonesia
Ignasius Ryan Hasim, Head of Real Estate OLX Indonesia (kanan) di Properti Baru Expo, area Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan./ Foto: Pio - PropertiTerkini.com

Berdasarkan lokasi properti popular, wilayah Jawa Barat mendominasi yang mencapai 27%. Selanjutnya Jakarta (18%), Jawa Timur (14%), Banten (9%), dan Jawa Tengah (7%).


PropertiTerkini.com, [JAKARTA] – Platform iklan baris OLX Indonesia kian serius menggarap potensi pasar properti Tanah Air. Hingga saat ini, OLX Indonesia telah bekerja sama dengan 52 pengembang properti.

Ignasius Ryan Hasim, Head of Real Estate OLX Indonesia, mengatakan, saat ini jumlah pengguna yang melakukan pencarian terhadap properti baru, baik hunian tapak maupun hunian vertikal juga semakin meningkat.

Baca Juga: Permintaan Properti Online Meningkat, OLX Mantap dengan “Properti Baru”

“Kategori Properti menjadi salah satu fokus bisnis OLX. Berdasarkan data yang dihimpun oleh OLX Indonesia, tren properti bulan Oktober 2019 menunjukkan bahwa ada sekitar 562.000 iklan properti baru OLX dengan rata-rata jumlah penjual properti hingga 84.000 tiap bulannya. Dengan nilai transaksi mencapai Rp29 triliun tiap bulannya. Sehingga sektor properti masih menjadi sektor yang menjanjikan,” ujar Ignasius kepada media di Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

Data OLX juga menunjukkan adanya pertumbuhan minat terhadap hunian vertikal atau apartemen, selain dari hunian tapak atau rumah. Untuk tipe hunian apartemen, pengguna mayoritas melakukan pencarian terhadap sewa apartemen berukuran 20 m2 – 40 m2 dengan satu hingga dua kamar.

Menariknya, alih-alih mencari apartemen di lantai tinggi, kebanyakan pengguna mencari apartemen di lantai 8-10.

Baca Juga: Tren Properti Online Meningkat

“Untuk hunian tapak atau rumah, pengguna kebanyakan mencari rumah dengan luas tanah antara 60 m2 – 80 m2 dan luas bangunan antara 40 m2 – 60 m2. Di tengah maraknya pembangunan cluster bertingkat, ternyata rumah satu lantai masih lebih diminati pengguna OLX,” terang Ignasius tentang preferensi properti dari pengguna OLX.

Sementara berdasarkan sebaran lokasi properti popular menurut OLX, wilayah Pulau Jawa tetap menjadi incaran pencari properti, baik untuk tinggal maupun investasi. Lebih rinci, daerah Jawa Barat mendominasi yang mencapai 27%. Wilayah selanjutnya adalah Jakarta (18%), Jawa Timur (14%), Banten (9%), dan Jawa Tengah (7%).




“Banyak kawasan sunrise property berada di Jawa Barat, terutama yang dekat dengan Jakarta. Seperti di Bekasi, Cikarang, Karawang. Termasuk juga Depok hingga Bogor. Daerah-daerah tersebut juga didukung dengan banyak infrastruktur, baik jalan maupun transportasi massal,” ungkap Ignasius.

14.000 Agen Properti

jawa barat dominasi pencari properti olx indonesia
Sumber: OLX Indonesia

Sebagai upaya memperluas jangkauan audiens dan lokasi hunian, selain menggandeng pengembang properti baru, OLX juga bekerja sama dengan 10 jaringan kantor properti besar di Indonesia untuk membantu agen properti menggunakan platform online dalam memasarkan propertinya.

Baca Juga: Gandeng OLX Indonesia, ERA Perkuat Pasar Online

Sebanyak lebih dari 14.000 agen properti yang tersebar di Indonesia juga aktif memasang iklan di OLX, menjadikan OLX sebagai platform iklan baris terbesar di Indonesia yang memiliki jumlah agen properti paling banyak dibanding platform lainnya.

Ignasius berharap, kerja sama tersebut dapat memfasilitasi para pengembang dan agen dalam memasarkan properti mereka secara online sekaligus menyediakan lebih banyak lagi ragam hunian bagi para pengguna, termasuk tipe hingga lokasi hunian.

Selain itu, kata dia, melalui kerja sama dengan pengembang dan kantor properti, OLX juga dapat menjembatani proses jual-beli properti di Indonesia dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan semua pihak.

“Dengan membangun ekosistem yang kuat, kami akan mampu memberikan pilihan hunian terbaik dan terlengkap di setiap daerah di seluruh Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Infrastruktur Pacu SouthCity Jadi Sunrise Property Pondok Cabe

Untuk dapat mengetahui hunian yang ditawarkan oleh para mitra, OLX menggelar Properti Baru Expo yang diadakan di Connecting Area Pasaraya Blok M mulai tanggal 25 November hingga 1 Desember 2019. Sebanyak 12 pengembang terpercaya hadir dalam expo yang menawarkan hunian terbaik di lokasi strategis.

Komentar