Jokowi: Kalau Ciliwung Bisa Seperti Sungai Cheonggyecheon, Wow…

2
Sungai Cheonggyecheon
Presiden Jokowi menyaksikan kebersihan Sungai Cheonggyecheon saat jalan pagi di Seoul, Korsel, Selasa (11/9/2018) pagi./ Foto: Rahmat/Humas

Presiden Jokowi selaku warga kehormatan Seoul, akan siap dan selalu dibantu oleh pemerintah Korea Selatan, terutama berkaitan dengan fasilitas umumnya. Salah satunya adalah berkaitan dengan penanganan Sungai Cheonggyecheon untuk Sungai-sungai di Jakarta.

Propertiterkini.com – Hari pertama kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan di Seoul, Korea Selatan, Selasa (11/9/2018) adalah blusukan ke Sungai Cheonggyecheon.

Bersama Wali Kota Seoul Park Won-soon Presiden dan rombongan jalan-jalan pagi menyusuri tepi sungai yang bersih itu.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan 134 Jembatan Gantung Akan Dibangun Tahun Ini

“Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa,” kata Presiden Jokowi, seperti dipublikasikan laman Setkab, hari.

Memang nampak jelas sangat indah dan bersih, serta tertata begitu rapi dan indah, baik di sisi kiri maupun kanan Sungai Cheonggyecheon. Jokowi pun sangat kagum dengan kondisi tersebut yang juga sangat ramah dan nyaman bagi pejalan kaki.

Presiden Jokowi juga sangat yakin bahwa sungai-sungai di Jakarta, jika mau dikerjakan sebagaimana Sungai Cheonggyecheon pasti bisa.

Sungai Cheonggyecheon dibangun selama 2 tahun 3 bulan, saat zaman Gubernur Lee Yon Park. Bahkan salah satu hasil kerjanya itu, mampu mengantarnya menjadi orang nomor satu alias Presiden Korea Selatan.




Baca Juga: Luar Biasa, Inilah 10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Terkait dengan penanganan sungai tersebut, Jokowi bilang bahwa Jakarta sudah menjadi sister city dengan Seoul.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Jokowi yang kini mendapatkan status sebagai warga kehormatan Korea Selatan, mengatakan bahwa dia sudah minta bagaimana resep membangun Sungai Cheonggyecheon tersebut.

“Saya kalau minta apa saja, pasti diberikan,” imbuh Jokowi.

Siap Kabulkan Permintaan Jokowi

Wali Kota Seoul Park Woon-soon mengakui, sudah terjalin kerja sama dalam bentuk sister city antara Jakarta dan Seoul. Bahkan Park siap membantu apapun yang diperlukan Presiden Jokowi selaku warga kehormatan Seoul.

Baca Juga: Jokowi: Saatnya NTB Bangkit, Bangun Rumah dengan Teknologi RISHA

“Jadi kalau bapak Presiden selaku warga kehormatan datang ke Seoul semua fasilitas gratis buat Bapak,” kata Park seraya menambahkan, yang gratis adalah fasilitas umumnya.