Wednesday, September 30, 2020
Pasang Iklan disini ....

Luar Biasa, Inilah 10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Jembatan selalu menjadi elemen penting dari perencanaan sebuah kota. Tergantung fungsinya, struktur jambatan akan mengikuti itu. Dan inilah 10 desain jembatan neofuturistik di dunia.

Propertiterkini.com – Jembatan bukan sekadar hanya struktur fungsional yang membentang panjang dan menghubungkan dua titik. Dalam konteks saat ini, jembatan tersebut pada dasarnya estetis dan berubah menjadi entitas arsitek simbolis, memberikan kualitas yang unik serta membawa kesan tersendiri bagi masyarakat luas dan bahkan akan menjadikan pembeda dengan kota-kota lainnya.

Baca Juga:

Jembatan selalu menjadi elemen penting dari perencanaan sebuah kota. Tergantung fungsinya, struktur jambatan akan mengikuti itu. Apakah akan digunakan hanya untuk pejalan kaki atau dengan kendaraan besar atau yang kecil saja.

Jembatan yang berfungsi secara optimal dianggap yang terbuat dari beton bertulang yang juga membutuhkan upaya pemeliharaan yang minimal. Namun saat ini sudah berubah. Para perancang akan mendesain bentuk yang melengkung bahkan lebih sensual yang menggambarkan visi mereka atau pun kota tersebut.

Dalam program Neo-Futurisme, infrastruktur memainkan peran penting berdasarkan konsep berkelanjutan dan kesejahteraan sosial. Transportasi yang efisien dan terjangkau bagi semua warga dengan infrastruktur memadai bagi pesepeda dan pejalan kaki harus disediakan. Dengan demikian, hasilnya dapat menjadi kota yang dinamis dan manusiawi.

Dan inilah bagaimana jembatan neo-futuris pertama muncul di akhir tahun 90-an dengan sebutan baru berupa elips tiga dimensi dan bentuk yang lebih rumit. Sang arsitek asal Valencia, Spanyol, Santiago Calatrava bahkan pernah merancang dua jembatan legendaris dengan tiang lengkung dan miring. Di antaranya adalah dua karya jembatan yang luar biasa, yakni:

The Alamillo Bridge & Cartuja Viaduct di Seville, Spanyol

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: Santiago Calatrava

Alamillo Bridge atau Jembatan Alamillo adalah salah satu jembatan karya Santiago Calatrava yang mulai dibangun pada 1987 dan dibuka 1992. Jembatan ini memiliki tiang setinggi 142 meter yang condong ke pojok 58 derajat. Jambatan ini didukung oleh 13 pasang kabel dengan rentang 200 meter di atas Sungai Meandro San Jerónimo, Spanyol.

Jembatan ini digunakan untuk umum, baik kendaraan, pesepeda, maupun pejalan kaki yang melintasi Pulau La Cartuja. Jembatan ini merepresentasikan gerakan dalam struktur statis. Sungguh karya yang luar biasa hanya untuk sebuah jembatan.

Campo Volantin Foot Bridge di Bilbao, Spanyol

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: Santiago Calatrava

Satu lagi karya Santiago Calatrava adalah Campo Volantin Foot Bridge di Bilbao, Spanyol. Jembatan yang rampung 1997 ini melintasi Sungai Bilbao. Jembatan lengkung dan miring ini menghubungkan pusat kota dengan area komersial yang disebut Urbitarte. Jembatan ini juga digunakan untuk pejalan kaki dan kendaraan.

 

Arsitektur Masa Kini dan Masa Depan: Inilah 10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

1. The Three Graces oleh NoxArch

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: NoxArch

10 desain jembatan neofuturistik di dunia dimulai dari The Three Graces atau Tiga Rahmat di Dubai telah dilihat sebagai simbol persatuan abadi yang mewakili sukacita, keindahan dan pesona. Jembatan sepanjang 600 meter ini menghubungkan tiga hotel dan menara perkantoran.

Di bagian atas jembatan terdapat menara pohon yang dinamakan Joy, Beauty dan Charm yang dapat difungsikan sebagai conference center, shopping mall dan restaurant. Selubung bangunan yang memesona terinspirasi oleh sejenis makluk laut kecil yang disebut Radiolaria.

Struktur jembatan ini juga berfungsi sebagai gerbang pelabuhan Khor Dubai. Ketiga menara dibangun dari satu beban-bantalan, sedangkan di sisi bagian dalam terdapat kaca-mullion yang diaplikasikan dari lantai ke lantai.

2. The Bridge of Light oleh NoxArch

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: NoxArch

Jembatan dengan seni sculptural (seni pahatan) yang benar-benar imersif ini berfungsi sebagai gerbang ke Teluk di Dubai. Melihat kerumitan pekerjaan simpul, komposisi jembatan terdiri dari 150 meter. Dua menara obor berbelit-belit muncul di langit untuk memandikan cakrawala dalam cahaya terang sebagai simbol harapan.

3. Wuxi Xidong Park Bridge oleh L&A Design Group

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: L & A Design Group

Desain jembatan yang menakjubkan ini direncanakan oleh Wuxi Xidong Park di China yang dimaksudkan untuk menghubungkan bagian utara dan selatan tepi taman danau. Bentuk jembatan seperti berusaha menggarisbawahi hubungan dengan air – bentuknya halus, elips, cair.

Pendekatan arsitek bersifat holistik – jembatan dibuka sebagai sebagai pembukaan platform ke pulau, dimana jalan yang terintegrasi menyediakan akses bawah tanah. Cladding murni dan ramping dengan baja ringan menjadi bahan yang dipilih.

4. Changsha Bridge oleh NEXT Architects

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: NEXT Architects

Desain jembatan ini memenangkan hadiah pertama dalam kompetisi internasional untuk jembatan penyeberangan di Danau Meixi di Changsha, China. Bentuknya yang unik didasarkan pada prinsip dari cincin Möbius, tetapi menggemakan simpul China dari seni rakyat tradisional dekoratif.

Ini akan berfungsi sebagai ruang publik utama untuk distrik danau baru dalam pengembangan Dragon King Harbor River, dengan fasilitas rekreasi dan atraksi untuk menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat. Penampilan ikonik dari jembatan tersebut berkontribusi pada pengembangan identitas daerah tersebut.

5. Paik Nam June Media Bridge oleh Planning Korea

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: Planning Korea

Struktur jembatan mega ini dibuat di atas Sungai Han. Sebuah proyek yang ambisius dengan total panjang mencapai 919 meter dan direncanakan untuk menghubungkan bagian utara dan selatan Seoul. Desainnya benar-benar organik dengan pusat IT, museum dan perpustakaan di bawah satu atap.

Fasad jembatan dilapisi panel surya untuk mempromosikan keberlanjutan dan kesadaran ekologi. Pembangunan ini akan menampilkan serangkaian dermaga untuk taksi air, kapal pesiar dan kapal layar dengan struktur yang mampu mengangkut kendaraan bermotor, pesepeda dan pejalan kaki untuk melintasi Sungai Han.

6. Sölvesborg Bridge oleh Ljusarkitektur

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: Ljusarkitektur

Ini adalah jembatan pejalan kaki terpanjang di Eropa. Jembatan ini dibangun dengan struktur tiga kubah dengan massa kayu panjang untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda. Perlengkapan LED menyediakan urutan warna yang berbeda dan menyorot lengkungan dengan refleksi mendalam ke dalam air. Pencahayaan tidak menimbulkan risiko bagi fauna lokal yang mengubah jembatan menjadi instalasi cahaya yang signifikan.

7. Jembatan Helix oleh Cox dan Arsitek 61

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: Cox and Architects 61

Dijuluki Jembatan DNA dengan struktur yang benar-benar memukau, bahkan disebut sebagai berkah Marine Bay di Singapura. Awalnya direncanakan menyerupai jaring jebakan para nelayan pribumi Malaysia. Jembatan itu menyediakan jalur pejalan kaki melintasi kepala sungai Singapura.

Jembatan ini dibangun dari struts tubular stainless steel yang menghubungkan dua spiral terpisah ke dek; dengan platform melengkung sepanjang 280 meter dengan panjang total. Jembatan yang indah juga akan terang pada malam hari karena dilengkapi dengan lampu LED.

8. Danjiang Bridge oleh Zaha Hadid Architects

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: Zaha Hadid Architects

Jembatan ini akan menjadi jembatan kabel asimetris terpanjang di dunia dengan total panjang 920 meter yang tersebar di muara Sungai Tamsui. Jembatan Danjiang merupakan bagian integral dari program peningkatan infrastruktur di Taiwan bagian utara. Ini akan terdiri dari tiang beton tunggal yang memperluas dan menghubungkan masyarakat di sisi lain ibukota.

9. BP Pedestrian Bridge di Millennium Park oleh Frank Gehry & SOM

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: Frank Gehry & SOM

Sebuah karya metalik dan bergelombang dari jembatan penyeberangan ini meluas melintasi Columbus Drive dan menghubungkan Millennium Park ke Daley Bicentennial Plaza di Chicago. Penggunaan lempengan pahat besar dari baja tahan karat lengkung dan bentuk biomorfik adalah dua jejak kaki stilistik khas Gehry.

Lapisan utama jembatan adalah panel baja tahan karat 22 gauge yang dibuat khusus dan dipasang di lapangan. Dek jembatan itu sendiri terbuat dari kayu keras Brasil yang tahan terhadap pembusukan dan menciptakan permukaan jalan yang nyaman.

10. Amsterdam Footbridge oleh Laurent Sain Val

10 Desain Jembatan Neofuturistik di Dunia

Foto: Laurent Sain Val

Jembatan yang benar-benar mempesona ini terbuat dari kayu, baja, dan aluminium, yang akan memiliki kafe, restoran, pertokoan, dan tempat parkir sepeda. Ini benar-benar luar biasa dalam lekuknya dan memiliki atap dan fasad yang dapat disesuaikan untuk mengoptimalkan cahaya siang hari.

 

Ini baru 10 desain jembatan neofuturistik di dunia yang ditampilkan saat ini. Setiap saat tentu selalu saja ada inovasi dan desain terbaru dari para arsitek dunia dalam mengkreasikan imajinasinya menjadi sebuah karya besar dan mendunia.

Sumber: arch2o.com

BERITA TERKAIT

Ada Proyek Ditunda, Begini Strategi...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Performa kerja perusahaan properti mengalami tekanan besar akibat pandemi Covid-19 di tahun 2020 ini. Salah satunya adalah PT Metropolitan Land Tbk...

Pendaftar SiKasep Terus Meningkat, Mayoritas...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pandemi Covid-19 nampaknya tidak begitu berpengaruh terhadap minat masyarakat yang hendak memiliki hunian layak bersubsidi pemerintah. Bahkan data pendaftar SiKasep alias...

Teraskita Hotel Jakarta Beri Paket...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Meski Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid II, namun Teraskita Hotel Jakarta - managed by...

Jurus JustCo Atasi Tantangan di...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pandemi Covid-19 telah mengganggu dan mengubah cara orang bekerja dan di seluruh dunia. Ketika perusahaan menjalani transisi antara kerja jarak jauh...

Program Pasar Rakyat School Sinar...

PropertiTerkini.com, (BSD CITY) — Meski di masa pandemi Covid-19, beberapa fasilitas umum di BSD City harus tetap dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu...

Inisiasi Program BERGERAK, Habitat Gandeng...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Habitat for Humanity Indonesia menginisiasi program BERGERAK (Bangkitkan Energi Gerakkan Kebaikan). Program yang didukung oleh OPPO Indonesia, masih dalam upaya untuk...
Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

00:01:40

Kemewahan Menanti di The Ritz-Carlton,...

PropertiTerkini.com, (BALI) – Tiada salahnya jika saat ini Anda mulai merencanakan liburan yang istimewa bersama keluarga, ketika sudah saatnya bepergian lagi. Salah satunya adalah...
00:02:02

Harapan Indah Residence: Strategis di...

PropertiTerkini.com, (LABUAN BAJO) – Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium tentu menyimpan potensi besar pada bisnis properti, terutama investasi. Ini pula mendasari CV Tanjung...
00:01:01

Meikarta Mulai Serah Terima Unit,...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Pengembang Kota Meikarta di Cikarang, akhirnya memenuhi janjinya usai menyelesaikan pembangunan apartemen tepat waktu. Proyek ini pertama kali diluncurkan pada 2017...
00:01:03

Philips Smart Wi-Fi LED, Lampu...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Apakah Anda sudah melengkapi rumah Anda dengan produk-produk pintar? Kini saatnya tingkatkan kenyamanan dan kemudahan di rumah Anda dengan deretan produk-produk...
00:00:31

Lippo Karawaci Tutup Atap Holland...

Holland Village Jakarta merupakan menara perkantoran 34 lantai yang dibangun terintegrasi dengan apartemen, pusat perbelanjaan dan rekreasi, rumah sakit, dan sekolah. Lokasi proyek berada...
00:04:41

Genap Berusia 10 Tahun, CentrePark...

Genap sudah CentrePark berusia 10 tahun pada 15 November lalu. Perusahaan manajemen parkir nasional nomor 1 di Indonesia tersebut, kini telah mencapai lebih dari...

BERITA TERBARU

10 Keunggulan Summarecon Bogor, Kota...

PropertiTerkini.com, (BOGOR) — PT Summarecon Agung Tbk resmi memperkenalkan proyek kota mandiri terbaru di selatan Jakarta, tepatnya berada di wilayah Bogor, yakni Summarecon Bogor....

Ada Proyek Ditunda, Begini Strategi...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Performa kerja perusahaan properti mengalami tekanan besar akibat pandemi Covid-19 di tahun 2020 ini. Salah satunya adalah PT Metropolitan Land Tbk...

Kementerian PUPR Bedah Rumah MBR...

PropertiTerkini.com, (LANGSA) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Perumahan menyalurkan bantuan perumahan melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau...

AKR Land Gandeng AREBI Jatim...

PropertiTerkini.com, (SURABAYA) — Meski pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, termasuk di Jawa Timur, namun minat masyarakat memiliki hunian layak, masih sangat tinggi. Atas dasar...

Pendaftar SiKasep Terus Meningkat, Mayoritas...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pandemi Covid-19 nampaknya tidak begitu berpengaruh terhadap minat masyarakat yang hendak memiliki hunian layak bersubsidi pemerintah. Bahkan data pendaftar SiKasep alias...

Bedah Rumah di Sulteng, 18.661...

PropertiTerkini.com, (SULTENG) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah selama lima tahun melaksanakan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah...