Kolam Renang 360 Derajat Pertama di Dunia, Segera Dibangun

3
Kolam Renang 360 Derajat Pertama di Dunia 1
Kolam Renang 360 Derajat Pertama di Dunia./ Foto: compass-pools.co.uk

Diklaim pertama di dunia, kolam renang 360 derajat yang dibangun di atas ketinggian 220 meter akan menyajikan pemandangan indah Kota London.

PropertiTerkini.com – Kolam renang yang menantang maut akan menjadi tren arsitektur terbaru di pusat Kota London. Kolam renang ini memungkinkan pengunjung mengapung lebih dari 200 meter di atas kaki langit ibukota.

Baca Juga: Lagi, Crown Group Pecahkan Rekor Griya Tawang Termahal

Desainer kolam renang dari Compass Pools telah mengembangkan Infinity London, satu-satunya bangunan di dunia yang menggabungkan infinity pool 360 derajat.

Konsep ini, juga disebut dengan simbol lemniscate Yunani (∞), menampilkan kolam 600.000 liter yang dibangun tepat di atas bangunan 55 lantai.

Kolam terbuat dari akrilik cor daripada kaca, karena bahan ini mentransmisikan cahaya pada panjang gelombang yang sama dengan air sehingga kolam akan terlihat sangat jernih. Bahkan lantai kolam juga transparan, memungkinkan pengunjung dapat melihat perenang dan langit di atasnya.

Advertisement
Infinity Londo
Kolam renang akan terlihat transparan, bahkan hingga langit pun terlihat dengan jelas./ Foto: compass-pools.co.uk

Untuk menjaga pandangan tetap murni, tidak ada tangga di luar kolam atau bangunan, sebaliknya, tangga spiral yang berputar dan naik melalui air memberikan akses bagi perenang.

Baca Juga: 10 Ide dan Tips Mendesain Taman Rooftop

Kolam renang 360 derajat ini juga akan dilengkapi dengan anemometer bawaan untuk memantau kecepatan angin. Ini akan dihubungkan dengan sistem manajemen gedung yang dikendalikan komputer untuk memastikan kolam tetap pada suhu yang tepat dan air juga tidak tertiup ke jalan-jalan di bawahnya.

Kolam Renang 360 Derajat Pertama di Dunia 1
Kolam renang ini direncanakan berada di atap tertinggi bangunan, atau sekitar 220 meter./ Foto: compass-pools.co.uk

Menawarkan sentuhan inovatif pada energi terbarukan, sistem pemanas kolam akan menggunakan energi limbah dari sistem kondisi udara untuk bangunan. Gas panas yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari menciptakan udara dingin di dalam gedung akan mengalir melalui penukar panas untuk memanaskan air untuk kolam.

Kolam ini juga dilengkapi dengan spektrum cahaya penuh yang akan memberikan bangunan penampilan obor bertabur permata di malam hari.

Baca Juga: 7 Museum Arsitektur Futuristik Terbaik Dunia

“Ketika kami mendesain kolam, kami menginginkan pemandangan yang tidak terganggu, baik di atas maupun di bawah air,” ujar perancang dan direktur teknis kolam renang Compass Pool, Alex Kemsley seperti dikutip dari laman resmi perusahaan.

“Berenang di SkyPool di The Shard, rasanya agak aneh ketika helikopter terbang melewati kepala Anda, tetapi kolam ini akan membawanya selangkah lebih maju,” imbuhnya.

Kolam Renang 360 Derajat Pertama di Dunia 4
Kolam penantang maut akan menyajikan pandangan 360 derajat Kota London./ Foto: compass-pools.co.uk

“Pasang mata Anda dan dengan pandangan London 360 derajat dari ketinggian 220 m ke atas, itu benar-benar akan menjadi sesuatu yang lain,” tegas Alex Kemsley.

Konstruksi Infinity London direncanakan akan dimulai secepatnya pada 2020 jika semua mitra dan kontraktor dikonfirmasi. Sebuah hotel internasional bintang lima juga akan dibangun di lantai atas gedung pencakar langit tersebut.

Baca Juga: HOTEL BETHA SUBANG: Bikin Betah Tinggal di Sini

Mengomentari desain, Alex melanjutkan: “Kami menghadapi beberapa tantangan teknis yang cukup besar untuk bangunan ini, yang terbesar adalah bagaimana cara benar-benar masuk ke kolam.”

3 COMMENTS

Komentar