Friday, August 7, 2020

PRIME PLAZA HOTEL PURWAKARTA: Resort di Tengah ‘Belantara’ Industri

Prime Plaza Hotel Purwakarta, hotel bintang lima pertama di Kota Purwakarta yang dibangun dalam kawasan industri. Ini adalah hotel kelas bisnis yang terletak di lingkungan resor dengan desain bertingkat rendah.

Propertiterkini.com – Kawasan industri memang identik dengan kebisingan dan padat akan lalulintas kendaraan besar. Bisa dibayangkan, bagaimana Anda akan tinggal dengan benar-benar nyaman dalam kawasan yang padat akan aktivitas itu.

Baca Juga: BEKASI-PURWAKARTA: Menuju Megapolitan 2045

Itulah yang dihadirkan oleh Prime Plaza Hotel Purwakarta di Kota Bukit Indah (KBI), kawasan industri terbesar di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Memiliki luas yang mencapai sekitar 2.000 hektar, KBI juga merupakan kawasan hijau di tengah aktivitas tinggi beragam perusahaan besar. Diantaranya adalah perusahaan multinasional, seperti autoparts, otomotif, elektronik, terutama dari Jepang, Korea, Amerika dan lainnya.

Industri yang terus tumbuh juga dibarengi dengan banyaknya pekerja asing, termasuk para tenaga ahli hingga tamu-tamu perusahaan. Potensi yang besar inilah yang akhirnya melatari hadirnya hotel bertaraf internasional, yakni Prime Plaza Hotel Purwakarta, sejak September 1996 silam.

Semula, hotel yang merupakan bagian dari Prime Plaza Hotel Resort Group ini dikelola oleh jaringan hotel Radisson Hotel Group. Dalam perjalanannya kemudian berganti nama menjadi Kota Bukit Indah Plaza Hotel Purwakarta.

Sejak akhir 2017, Prime Plaza Hotel & Resorts mengumumkan perubahan nama untuk hotel-hotelnya. Salah satunya di Purwakarta yang akhirnya menjadi Prime Plaza Hotel Purwakarta.

Baca Juga: Pelabuhan Patimban Topang Berkembangnya Segitiga Emas Pantura

Bintang Lima

Kota Bukit Indah Purwakarta

Kota Bukit Indah Purwakarta./ Foto: Padre – Propertiterkini.com

Meski menyandang kawasan industri, namun KBI adalah area yang paling teduh dan tenang di Purwakarta. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Purwakarta, menjadikan Prime Plaza Hotel Purwakarta salah satu tempat istirahat dan relaksasi favorit dan menyenangkan.

Prime Plaza Hotel Purwakarta, kini adalah satu-satunya hotel berstandar internasional bintang lima di Purwakarta. Hotel ini telah mendapat pengakuan dan sertifikasi sejak akhir 2017 lantaran memiliki pelayanan dan fasilitas sebagaimana standar bintang lima.

“Sejak Desember 2017 sertifikasi hotel ini sudah keluar. Sudah diaudit, baik kamar, fasilitas maupun kelengkapannya, sehingga memenuhi syarat menjadi bintang lima,” ujar Novi Putu Wahyuni, Director of Sales & Marketing Prime Plaza Hotel Purwakarta.

Hotel ini memiliki 187 kamar yang merangkum 10 tipe, termasuk tipe Superior, Deluxe dan Suite dengan tingkat keterisian rata-rata mencapai 60%. Selain menjadi tujuan bagi tamu lokal, hotel ini juga sangat diminati kalangan ekspatriat, seperti dari Jepang, Korea, Eropa dan Amerika.

Beberapa unit kamar juga dipersiapkan untuk penginapan dalam waktu panjang atau long stay. Bahkan, ada beberapa tamu hotel yang tinggal hingga 3 tahun.

“Semua unit memang dengan tipe hotel. Hanya ada 8 unit yang kami sebut Deluxe Apartment yang dilengkapi fasilitas dapur kecil dengan peralatan masak. Termasuk juga ada kulkas, microwave, dispenser dan lainnya. Tapi ada juga yang suka long stay di kamar Suite,” sebut Novi.

Baca Juga: Sst…, Ada Hotel di Dave Apartment, Lho!

Prime Plaza Hotel Purwakarta mengenakan tarif kamar (published rate) bervariasi, mulai dari Rp1.900.000++ (Superior), hingga Rp2.820.000++ (Deluxe Balcony Suite). Sedangkan tipe Deluxe Apartment dikenakan tarif sebesar Rp2.120.000++. 

Sementara untuk paket Residential Package terdapat dua pilihan, yakni Single Occupancy dengan tarif Rp1.650.000++/room/night serta Double Occupancy sebesar Rp2.100.000++/room/night. Dua paket ini sudah termasuk, welcome drink, akomodasi di Superior Room, sarapan juga makan siang dan malam, serta dua kali coffee break.

Ruangan telah dilengkapi fasilitas, seperti screen, sound system, LCD projector, flip chart, board marker, memo pad, pencil, ice water hingga mints.

Adapun Paket Meeting terdapat tiga pilihan, yakni Half Day Meeting Package, Full Day Meeting Package, dan Full Board Meeting Package. Masing-masing paket dikenakan tarif sebesar Rp300.000++/person/day, Rp350.000++/person/day, dan Rp400.000++/person/day.

Ini sudah termasuk 1 kali coffee break dan 1 kali lunch (Half Day Meeting Package), 2 kali coffee break dan 1 kali lunch (Full Day Meeting Package), serta 2 kali coffee break, 1 kali lunch dan 1 kali dinner (Full Board Meeting Package). Fasilitas meeting juga sudah lengkap serupa dengan Residential Package.

Fasilitas

Prime Plaza Hotel Purwakarta

Salah satu fasilitas yang ada di Prime Plaza Hotel Purwakarta./ Foto: Padre – Propertiterkini.com

Sementara fasilitas komprehensif berstandar internasional juga ada di dalamnya, seperti Kresna Coffee Shop, Deli Bakery, El Kafe, Nagamas Lounge dan Kresna Lounge Bar, hingga restoran khas Jepang, Plaza Nihon Japanese Restaurant. Sedangkan fasilitas rekreasi hotel meliputi kolam renang outdoor 25 meter yang dipadukan dengan bar terbuka di tepian kolam renang.

Tidak hanya itu, fasilitas lainnya juga ada, seperti beach volley ball, gymnasium, tennis court, futsal, kiddies pool, rental mountain bike, spa & aromatherapy, sauna, fishing pond, golf driving range and outbound team building. Bahkan kegiatan rafting atau arung jeram si Sungai Ciherang Purwakarta juga bisa dilakukan melalui manajemen hotel ini.

Baca Juga: ModernCikande Industrial Estate, Kawasan Industri Paling Direkomendasikan

“Tujuan awal hadirnya hotel ini memang untuk mensupport industri dalam kawasan dengan hanya 100 kamar. Kemudian karena adanya peningkatan permintaan, kami tambah lagi jumlah kamarnya, termasuk ruang meeting, hingga fasilitas outbound,” terang Novi.

Prime Plaza Hotel Purwakarta yang dikembangkan dengan konsep resort memang kini menjadi pilihan favorit di Purwakarta. Selain lokasinya yang lebih nyaman dan tenang, hotel dalam kawasan seluas sekitar 5 hektar ini juga menjadi tujuan rekreasi maupun kegiatan outbound serta team building dari berbagai sekolah dan instansi.

Hadirnya fasilitas meeting, incentives, convention, exhibition atau MICE di Hotel ini, ternyata mendapat respons positif, tidak hanya dari pasar Purwakarta, namun hingga Bandung dan Jakarta. Hotel ini memiliki satu ballroom dengan kapasitas hingga 500-an orang, disamping 12 ruang pertemuan lainnya dengan kapasitas berbeda-beda.

Fasilitas tersebut tentunya telah dikombinasikan dengan peralatan audio visual modern untuk mendukung berlangsungnya kegiatan di dalamnya.

“Bahkan sebelum ini, sekitar 80% pengguna MICE kami dari Jakarta, baik dari kantor atau lembaga kementerian, juga perbankan. Tapi sekarang, banyak juga yang datang dari Bandung, karena hanya sekitar 45 menit saja lewat Tol Cipularang,” kata Novi.

Prime Plaza Hotel Purwakarta adalah hotel kelas bisnis yang terletak di lingkungan resor dengan desain bertingkat rendah. Lokasi hotel dalam kawasan KBI berada persis di bibir Tol Jakarta-Cikampek yang bisa ditempuh menuju Jakarta sekitar 68 kilometer atau 100 kilometer ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Jika Kawasan Industri Bekapur Terintegrasi, Apa yang Akan Terjadi?

Sementara menuju Bandung sekitar 50 kilometer melalui akses Tol Jakarta-Cipularang, 29 kilometer menuju Subang, serta 116 kilometer ke Cirebon melalui Tol Cipali (Exit Dawuan).

Dari hotel, juga hanya sekitar 2 kilometer menuju Kawasan Industri Indotaisei, juga 20 kilometer (30 menit) menuju Bendungan Jatiluhur dan 45 menit ke pusat industri keramik di Plered.

4 COMMENTS

BERITA TERKAIT

00:01:40

Kemewahan Menanti di The Ritz-Carlton,...

PropertiTerkini.com, (BALI) – Tiada salahnya jika saat ini Anda mulai merencanakan liburan yang istimewa bersama keluarga, ketika sudah saatnya bepergian lagi. Salah satunya adalah...

Conrad Bali, Surga Liburan Jiwa...

PropertiTerkini.com, (BALI) – Terbentang di taman tropis seluas tujuh hektar dan menghadap pantai pasir putih sepanjang 350 meter, Conrad Bali tampil sebagai surga liburan....

Four Points by Sheraton Surabaya,...

PropertiTerkini.com, (SURABAYA) - Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta tumbuh pesat, termasuk dalam industri perhotelan. Hotel-hotel yang hadir bersaing menawarkan fasilitas dan kenyamanan...

Promo Apartemen, “Hunian Secangkir Kopi”,...

PropertiTerkini.com, (TANGERANG) – Bagi kalangan milenial yang sedang kesulitan memiliki hunian layak, jangan khawatir. Mengawali tahun ini, pengembang The Parc Apartment di selatan Jakarta...

Usung Nuansa Homey, Bramble Furniture...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Setelah meluncurkan platform e-commerce dengan nama Bramble Furniture pada 2019 lalu, perusahaan furniture yang telah eksis sejak 1991 ini akhirnya meresmikan...

Harper Hotel Mandalika Sambut MotoGP...

PropertiTerkini.com, - Archipelago International, grup perhotelan swasta kembali merilis hotel terbaru yang dipersiapkan sebagai salah satu fasilitas menyambut ajang olahraga internasional Moto GP...

PROPERTI TV

00:01:40

Kemewahan Menanti di The Ritz-Carlton,...

PropertiTerkini.com, (BALI) – Tiada salahnya jika saat ini Anda mulai merencanakan liburan yang istimewa bersama keluarga, ketika sudah saatnya bepergian lagi. Salah satunya adalah...
00:02:02

Harapan Indah Residence: Strategis di...

PropertiTerkini.com, (LABUAN BAJO) – Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium tentu menyimpan potensi besar pada bisnis properti, terutama investasi. Ini pula mendasari CV Tanjung...
00:01:01

Meikarta Mulai Serah Terima Unit,...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Pengembang Kota Meikarta di Cikarang, akhirnya memenuhi janjinya usai menyelesaikan pembangunan apartemen tepat waktu. Proyek ini pertama kali diluncurkan pada 2017...
00:01:03

Philips Smart Wi-Fi LED, Lampu...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Apakah Anda sudah melengkapi rumah Anda dengan produk-produk pintar? Kini saatnya tingkatkan kenyamanan dan kemudahan di rumah Anda dengan deretan produk-produk...
00:00:31

Lippo Karawaci Tutup Atap Holland...

Holland Village Jakarta merupakan menara perkantoran 34 lantai yang dibangun terintegrasi dengan apartemen, pusat perbelanjaan dan rekreasi, rumah sakit, dan sekolah. Lokasi proyek berada...
00:04:41

Genap Berusia 10 Tahun, CentrePark...

Genap sudah CentrePark berusia 10 tahun pada 15 November lalu. Perusahaan manajemen parkir nasional nomor 1 di Indonesia tersebut, kini telah mencapai lebih dari...

BERITA TERBARU

BSPS di Mempawah, Ratusan Rumah...

PropertiTerkini.com, (MEMPAWAH) – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan program bantuan perbaikan rumah layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kali...

Marketing Sales Metland Belum Separuh...

PropertiTerkini.com, (BEKASI) – PT Metropolitan Land Tbk (Metland) mencatat nilai pra penjualan atau marketing sales hingga Juni 2020 sebesar Rp540 miliar. Capaian marketing sales...

Vasaka Bali Rilis Dua Klaster...

PropertiTerkini.com, (BALI) – Waskita Karya Realty (Waskita Realty) anak perusahaan PT Waskita Karya Tbk segera menggelar grand launching untuk dua klaster rumah terbaru di...

Mowilex Indonesia Borong Tiga Penghargaan...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Mowilex Indonesia, merk cat tembok premium yang diproduksi di Indonesia sejak tahun 1970, menyabet tiga penghargaan dalam ajang TOP CSR Awards...

Habitat Indonesia Dukung Upaya Pemkot...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Habitat for Humanity Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19....

Skyworth S81 Pro, Meluncur dengan...

PropertiTerkini.com, (SHENZHEN) – Skyworth, merek televisi global merilis TV S81 Pro, TV premium dengan spesifikasi berstandar gaming, dalam sesi peluncuran produk Musim Panas. Di...