RUANG DAPUR: Pertahankan Dapur Tetap Rapi

0
76
ruang dapur
Ruang dapur./ southernliving.com

Siapa yang tidak ingin ruang dapur-nya tertata lebih rapi dan bersih? Menata dapur bukan hanya soal besar, kecil atau luas dan sempitnya dapur tersebut. Namun juga yang terpenting, bagaimana Anda bisa mempertahankan dapur tersebut tetap rapi, meski sederhana.

Baca Juga: 21 Peralatan Dapur yang Harus Anda Miliki

Ingat lho, dapur bukan hanya berfungsi sebagai tempat untuk aktivitas memasak. Banyak kegiatan rumah yang lain juga bisa dilakukan di dapur.

Yang pasti, setiap rumah tentunya memiliki dapur. Namun, bentuk dan design dapur biasanya akan mengikuti gaya pembangunan rumah tersebut, termasuk juga dipertimbangkan dari sisi luas bangunan yang dimiliki.

Berikut ini beberapa gaya yang bisa dijadikan inspirasi Anda:

Baca Juga: Menata Lorong di Rumah dengan Cara Mudah

Menyatu dengan Ruang Makan

Keterbatasan lahan dapat mempengaruhi peletakan ruangan di dalam rumah. Olehkarenanya, beberapa rumah menyatukan dapur dengan ruang makan agar lebih efisien sekaligus tepat guna.

ruang dapur
Ruang dapur menyatu dengan ruang makan./ dekoruma

Furniture yang digunakanpun biasanya diletakkan di dinding, tentunya lebih ke produk fungsional. Sehingga dapur seperti ini akan lebih tepat guna dan tidak memerlukan ruang yang besar.

Dapur Kotor

Dapur kotor di sini lebih bermakna kepada fungsi dari ruangan tersebut. Dimana biasanya digunakan untuk mengolah bahan makanan dan mencuci makanan.

Baca Juga: Tips Dekorasi: Menciptakan Suasana Ruangan yang Romantis

Semua bahan makanan mentah diracik di sini. Sehingga lebih banyak aktivitas memasakpun dilakukan di ruangan tersebut. Tentunya, lebih banyak peralatan memasak juga berada dapur kotor ini.

Dapur Bersih

Berlawanan dengan dapur kotor, dapur bersih lebih difungsikan sebagai tempat untuk menyiapakan makanan yang telah diolah di dapur kotor. Apabila telah selesai memasak biasanya kegiatan selanjutkan dilakukan di ruang ini.

ruang Dapur bersih
Dapur bersih./ rumahpedia

Furniture yang ada tidak sebanyak dapur kotor karena lebih dipergunakan untuk display makanan siap makan.

Baca Juga: Seabad Mendunia, 4 Produk Baru Electrolux Diluncurkan

Akhirnya, ketiga gaya dan model dapur tersebut di atas dapat diaplikasikan sesuai dengan ketersediaan ruang yang ada. Tentunya, mengikuti fungsi yang diinginkan oleh pemilik rumah.

Leave a Reply