Sewa Apartemen Kelas Atas di Tangerang Masih Cemerlang

Harga sewa apartemen kelas atas di Tangerang, seperti di Saumata Apartment untuk tipe 2 bedroom berkisar USD1.300 – 1.800 per bulan. Sedangkan 3 bedroom USD2.300 – 3.500 per bulan. Pasar ekspatriat menjadi potensi terbesar.

0
sewa apartemen kelas atas
Apartemen Mewah, Saumata di Alam Sutera, Tangerang./ Foto: SAP

PropertiTerkini.com, [TANGERANG] – Benarkan investor properti di Tangerang Raya masih punya kans besar meraih untung dari bisnis sewa apartemen kelas atas? Patut disimak beberapa temuan menarik berikut ini.

Bagi pembeli properti, terutama para investor, yang pasti ingin diketahui adalah berapa nilai properti tersebut, baik di waktu yang akan datang (capital gain) dan berapa pendapatan yang dihasilkan oleh properti tersebut (rental yield).

Kedua hal itu merupakan indikator yang mendorong seseorang untuk berinvestasi di bidang properti.

Baca Juga: Apartemen Aeropolis Semakin Menjanjikan untuk Investasi

Dilansir dari www.globalpropertiguide.com, Indonesia merupakan penghasil rental yield tertinggi di Asia. Hal ini dapat diartikan bahwa properti di Indonesia harganya masih terjangkau dibandingkan dengan penghasilan sewa dari properti tersebut. Atau dengan kata lain, investasi properti di Indonesia masih sangat menjanjikan.

Meski demikian, tidak semua produk properti punya peluang yang sama menjangkau besarnya keuntungan dari investasi tersebut. Banyak faktor memengaruhi ini, seperti lokasi, akses dan infrastruktur, serta fasilitas dan beberapa hal lain.

Apartemen Kelas Atas

Besarnya peluang investasi properti di kawasan Tangerang, Banten, salah satunya ditangkap oleh PT Sutera Agung Properti (SAP) melalui pengembangan Saumata Apartment. Hunian vertikal ini merupakan pelopor high end apartment di Tangerang Raya yang diresmikan pada tahun 2014 dan telah diserahterimakan pada 2017 lalu.

PT SAP telah membuktikan komitmennya dengan berhasil menjual 95% unitnya sekaligus membuktikan bahwa produknya bukan hanya laku terjual namun juga nyaman untuk ditinggali.

Terbukti, dengan baru dua tahun beroperasi, tingkat hunian Apartemen Saumata telah mencapai 60%, dimana 40% dihuni oleh pemilik sendiri (end user) dan 20% disewakan kepada orang asing.

Baca Juga: Milenial Semakin Doyan Investasi Properti

Saumata sangat strategis di pusat bisnis kawasan Alam Sutera, yang merupakan township atau kota mandiri bertaraf internasional. Lokasinya juga dekat dengan pintu Tol Kunciran dan dikelilingi oleh beberapa pusat perbelanjaan, serta gedung perkantoran dan sekolah-sekolah bertaraf internasional.




Tidak hanya itu, Saumata juga memiliki fasilitas yang lengkap dengan spesifikasi yang tinggi, serta ketinggian floor to ceiling 3.2 meter (nett) dan membuat unit Saumata Apartment terlihat grand atau luas.

Hal itu yang mendorong para pemilik unit untuk tinggal di Apartemen Saumata dan menjadikan tingkat hunian menjadi tinggi.

Ekspatriat

Saat ini Saumata Apartment telah menjadi trend setter apartemen mewah di Tangerang Raya. Bahkan dalam hal pelayanan kepada penghuni, Building Management Saumata Apartemen memberikan layanan jasa cleaning service untuk membersihkan area dalam unit untuk mengakomodir permintaan para penghuni yang kian meningkat.

Baca Juga: Jual Perdana Apartemen Mazhoji, 90% Unit yang Ditawarkan Ludes Dalam Sehari

Hal ini juga menarik para ekspatriat asing untuk tinggal di Saumata. Saat ini Warga Negara Asing (WNA) yang menghuni Apartemen Saumata sangat heterogen. Ada 15 negara yang meliputi, Korea, Serbia, Philippines, Kazakhstan, Uzbekistan, German, Japan, India, United Kingdom, Finland, China, Singapore, Sweden, Spain, dan Thailand.

Potensi Sewa

Pesatnya pertumbuhan industri di wilayah Tangerang Raya, membuat wilayah ini menjadi serbuan tenaga kerja asing. Tercatat, ada 4.445 ekspatriat yang bekerja di Tangerang Raya, dimana mayoritas dari mereka sebagai tenaga ahli.

Agung Nugroho, General Manager Marketing PT SAP mengatakan, apabila menggunakan pareto untuk mengambil pasar yang atasnya saja, dengan asumsi 20%, maka ada 889 tenaga kerja asing yang menjadi target pasar sewa apartemen kelas atas. Sementara supply untuk apartemen kelas atas di area Tangerang Raya masih sangat terbatas.

Baca Juga: Sewa Apartemen di Tangerang Rp5-15 Juta, Untungnya…

“Oleh karenanya kami optimis pasar untuk sewa apartemen kelas atas, seperti Saumata Apartment masih cukup tinggi. Harga sewa Saumata Apartment 2 bedroom saat ini berkisar antara USD1.300 – 1.800 per bulan. Sedangkan 3 bedroom USD2.300 – 3.500 per bulan,” terang Agung di Tangerang, Rabu (11/12/2019).

apartemen saumata suites
Agung Nugroho, General Manager Marketing PT SAP menjelaskan progres terkini dari proyek Saumata Suites yang berada di sebelah Saumata Apartment./ Foto: SAP

Menara Kedua

Sukses dengan Saumata Apartment, SAP mengembangkan Saumata Suites yang berlokasi di sebelah Saumata Apartment. Apartemen ini dirancang khusus bagi individu yang menginginkan tempat tinggal premium dengan mengedepankan privasi.

Saumata Suites terdiri dari 30 lantai, dimana hunian menempati 28 lantai bangunan. Setiap lantai terdiri dari 4 unit dengan tipe 3 bedroom berukuran 167 meter persegi, serta 2 lantai teratas berisi masing-masing 2 unit penthouse berukuran 350 meter persegi.

Berdasarkan pengalaman dari Saumata Apartment, permintaan untuk apartemen high end ternyata cenderung mengarah ke tipe 3 bedroom. Dengan demikian, pengembangan Saumata Suites hanya menyediakan tipe 3 bedroom. Sementara penjualan kini telah mencapai 55%.

Baca Juga: Apartemen Mewah Saumata Suites Tutup Atap

Apartemen ini telah memasuki pengerjaan tahap akhir, dimana topping off sudah dilakukan Oktober lalu. Rencananya, Saumata Suites mulai diserahterimakan kepada pemiliknya pada kuartal 3 tahun 2020.