Sharp Indonesia Rehabilitasi Terumbu Karang di Belitung

Sharp diwakili oleh awak media menanam sebanyak 100 terumbu karang di daerah Karang Salam, Kabupaten Belitung. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama Yayasan Terangi (Terumbu Karang Indonesia).

0
sharp rehabilitasi terumbu karang
Kegiatan CSR rehabilitasi terumbu karang oleh Sharp Indonesia dilakukan di Karang Salam, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka-Belitung, Sabtu (15/2/2020)./ Foto: Pio

PropertiTerkini.com, (BELITUNG) – PT Sharp Electronics Indonesia kembali menggelar kegiatan sosial bertajuk ‘Aksi Nyata Untuk Bumi: Rehabilitasi Terumbu Karang’. Kali ini, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut dipusatkan di Karang Salam, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka-Belitung (Babel), Sabtu (15/2/2020).

Agus Soewadji, Assistant General Manager Marketing Communications PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan, Sharp sebagai perusahaan elektronik sangat concern terhadap lingkungan. Untuk ini, kegiatan yang juga dikemas dalam rangka perayaan hari jadinya yang ke 50 tahun tersebut juga menjadi tanggung jawab sosial perusahaan.

Baca Juga: Ternyata Sharp Punya 14 Produk yang Mampu Cegah Virus Corona

“Kali ini, rehabilitasi terumbu karang menjadi fokus kami. Mengingat pentingnya peran terumbu karang dalam menjaga iklim bumi dan terutama ekosistem bawah laut,” ujar Agus di sela Media Gathering Sharp di Belitung, Sabtu.

Kepedulian terhadap terumbu karang juga sudah pernah dilakukan Sharp Indonesia pada tahun 2010, 2015, 2016, dan 2017.

“Kami sadar Sharp Indonesia bisa besar dan bertahan selama 50 tahun di Indonesia bukan hanya dukungan dari konsumen dan partner setianya, namun juga karena ditunjang oleh lingkungan yang sehat,” ungkap Bagus.

Indonesia sebagai negara yang dikaruniai terumbu karang dengan luas hingga 2,5 juta hektar patut melestarikannya dengan baik. Terumbu karang membawa bermacam manfaat penting, termasuk mengurangi penyebab pemanasan global. Kemampuannya dalam menyerap CO2 dan memproduksi O2 turut berperan sebagai pelindung bagi ekosistem yang ada di sekitarnya dan mampu melindungi daratan dari abrasi.




Sayangnya, jumlah terumbu karang saat ini perlahan hilang akibat penangkapan ikan yang tidak semestinya, pembangunan daerah pesisir, hingga pencemaran, dan perubahan iklim. Padahal, terumbu karang merupakan salah satu makhluk hidup yang memerlukan waktu lama untuk berkembang biak. Diperlukan sekiranya juta tahun lamanya agar terumbu karang dapat hidup cantik sempurna.

Baca Juga: Pembangunan 4 Jembatan di Kalsel Melalui Skema CSR

Menipisnya jumlah terumbu karang dapat berimbas buruk pada ekosistem di sekitarnya. Selain merusak pariwisata, hilangnya terumbu karang juga memudahkan potensi bencana alam seperti erosi pantai hingga abrasi. Oleh karena itu, Sharp Indonesia pun tak tanggung-tanggung untuk menanam sebanyak 500 terumbu karang guna menciptakan kehidupan terumbu karang yang lebih baik.

“Diwakili oleh rekan-rekan jurnalis, hari ini kami menanam sebanyak 100 terumbu karang di daerah ini. Lewat mitra NGO kami yaitu Yayasan Terangi (Terumbu Karang Indonesia), terumbu karang tersebut akan terus dipantau dan dirawat dengan baik agar dapat terus tumbuh dan berfungsi seperti semula,” ungkap Agus.

Agus berharap, melalui kontribusi kecil tersebut dapat berdampak baik untuk ekosistem sekitarnya dan untuk masa yang akan datang. Sharp juga akan terus berusaha untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan yang merupakan fokus utamanya dalam melakukan kegiatan CSR.

“Hal ini dikarenakan Sharp ingin terus mengembangkan bisnisnya di masa depan oleh karena itu sudah merupakan kewajiban bagi kami untuk ikut berperan dalam menjaga lingkungan agar generasi penerus dapat tetap hidup aman nyaman dan damai,” imbuh Agus.

Baca Juga: Program CSR Sharp Sabet Dua Penghargaan

Melalui produk-produknya Sharp Indonesia selalu berusaha melakukan inovasi guna memenuhi kebutuhan akan produk-produk elektronik yang berkualitas dan ramah lingkungan. Sedangkan melalui kegiatan tanggung jawab sosialnya, Sharp Indonesia selalu berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan guna memberikan lingkungan yang nyaman bagi konsumennya.