Friday, February 26, 2021

Subang Smartpolitan Mulai Dibangun, 2 Pabrik Otomotif dan Logistik Resmi Masuk

Rebana Metropolitan merupakan kawasan yang diprediksi akan menjadi masa depan Jawa Barat, yang meliputi area di enam kabupaten dan satu kota yaitu Kabupaten Sumedang, Subang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Cirebon dan Kota Cirebon.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA)PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), melalui anak usahanya PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta), melakukan pengurukan pertama dan pemasangan tiang pancang (groundbreaking) untuk proyek Subang Smartpolitan, Subang, Jawa Barat, yang luasnya 2.700 hektar (ha).

Turut hadir pada peresmian itu yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian diwakilkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Susiwijono Moegiarso, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua BKPM diwakilkan oleh Plt. Deputi Perencanaan Penanaman Modal Nurul Ichwan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Bupati Subang Ruhimat. 

Baca Juga: Properti Purwakarta dan Subang: Melesat Lantaran Industri (Data dan Fakta)

Johannes Suriadjaja, Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk, mengatakan, kota mandiri ini digagas untuk memberikan kontribusi terhadap wilayah Subang juga Indonesia. “Sesuai visi kami, Building a Better Indonesia. Kami akan membuat Indonesia semakin bangga melalui pengembangan kawasan Subang,” ujar Johannes usai melakukan groundbreaking secara virtual di Grand Melia Hotel, Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Direncanakan pada tahap pertama (area utara) akan dibangun South Smart Core, area industri, perumahan, utility dan  komersial di lahan seluas 400 ha. “Ini merupakan proyek strategis yang terletak di kawasan bisnis dan ekonomi masa depan di Jawa Barat yang tercakup dalam Rebana Metropolitan,” terangnya. 

Sebagai informasi, Rebana Metropolitan merupakan kawasan yang diprediksi akan menjadi masa depan Jawa Barat yang meliputi area di enam kabupaten dan satu kota yaitu Kabupaten Sumedang, Subang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Cirebon dan Kota Cirebon.

Baca Juga: Jalan Akses Pelabuhan Patimban Siap Dilintasi

Terbangunnya infrastruktur strategis utama seperti jalan tol, bandara dan pelabuhan laut akan semakin meningkatkan perekonomian di Rebana Metropolitan, sehingga lokasi Subang Smartpolitan menjadi lebih strategis karena berada di jantung pengembangan bisnis dan ekonomi masa depan di Jawa Barat dan menjadi destinasi baru investasi di Indonesia,” tambah Johannes.

Subang juga diprediksi akan lebih cepat mature berkat beroperasinya Pelabuhan Patimban, pelabuhan laut internasional sekelas Tanjung Priok, Jakarta. Kehadiran Patimban akan mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan, sehingga diharapkan ekspor akan meningkat.

Hadirnya Subang Smartpolitan juga akan mengerek naik laju perekonomian daerah karena melibatkan tenaga kerja lokal. “Dengan semua perencanaan (masterplan) yang sudah disiapkan, Subang akan menjadi pionir smart & sustainable city yang mengusung infrastruktur dan teknologi efisien serta ramah lingkungan di lokasi yang sangat strategis, kata Johannes.

Sejumlah pabrikan telah dijajaki oleh Suryacipta, antara lain pabrik otomotif, consumer goods, pharma & medical equipment, high precision industries, IT, logistik, dan sebagainya.

Baca Juga: Jababeka Dinobatkan Sebagai Pengembang Kawasan Industri Terbaik 2020

Adapun pabrikan di sektor otomotif dan logistik telah melakukan kesepakatan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) untuk membuka pabrik di Subang Smartpolitan. “Saat ini, nama-nama perusahaan multinasional belum dapat kami sebut secara detail karena terikat perjanjian kerahasiaan (non-disclosure agreement),” jelasnya.

1 COMMENT

BERITA TERKAIT

Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

BERITA TERBARU