Thursday, January 28, 2021

Agar Tetap Sejuk Dalam Rumah, Meski Panas ‘Membakar’

Perawatan dan servis AC sering kali diabaikan di sebagian besar rumah. Padahal ini dapat menyebabkan kerusakan mesin yang lebih besar atau bahkan masalah kesehatan di masa mendatang.

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Cuaca yang terlalu panas membawa suasana yang tidak begitu nyaman. Apalagi saat ini dimana lebih banyak orang beraktivitas dari rumah.

Untuk ini, ada beberapa cara yang mudah dilakukan untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman ketika berada di rumah;

Baca Juga: Tiga Produk Baru Samsung yang Bikin Rumah Lebih Higienis

Dinginkan Rumah Secara Alami

Perhatikan bagian mana dari rumah Anda yang lebih panas pada waktu yang berbeda dalam satu hari.

Misalnya, jendela yang menghadap ke Barat akan terpapar banyak sinar matahari dan panas dari matahari terbenam.

Dalam kondisi ini, Anda dapat menutup jendela, ataupun melapisinya dengan tirai atau gorden pada waktu-waktu terik tersebut.

Meskipun Anda mungkin tidak merasakan efeknya, peralatan yang dihidupkan tetapi tidak digunakan dapat menghasilkan panas dalam jumlah yang mengejutkan.

Baca Juga: Solusi Dinding Rembes, Berikut Tips dari Aquaproof

Penyebab umum yang sering luput dari perhatian adalah TV, komputer pribadi, serta lampu di kamar kosong. Matikan peralatan ini saat tidak digunakan.

Optimalkan Pendingin Ruangan

Cara termudah untuk mendinginkan ruangan adalah dengan menyalakan AC.

Untuk memastikan AC terpakai secara optimal, tutup semua jendela dan pintu ruangan agar udara sejuk tidak keluar sembarangan.

Seringkali, pemilik rumah luput memperhatikan pengaturan suhu dan arah AC mereka.

Baca Juga: Standar Arsitektur Hunian Sehat, Begini Cara Menatanya

Ini akan mengakibatkan situasi tidak nyaman di mana ruangan terlalu dingin atau AC menghembuskan udara sejuk langsung ke penghuni ruangan.

Gunakan AC Pintar

Era kekinian menggunakan AC pintar sangat dimungkinkan karena semakin banyak merk pendingin yang memproduksi AC dengan teknologi canggih.

Salah satunya seperti Samsung Wind-Free™ Air Conditioner yang dilengkapi dengan teknologi Wind-Free™ Cooling, sehingga secara lembut dapat menyebarkan udara melalui 23.000 lubang udara mikro.

AC pintar dari Samsung ini juga mampu menghilangkan rasa tidak nyaman karena angin dingin yang bertiup keras mengenai kulit secara langsung.

Jika ingin ruangan didinginkan dengan cepat, Anda juga dapat menggunakan mode Fast Cooling yang mendinginkan udara hingga 43% lebih cepat.

Baca Juga: Vasaka Bali Rilis Dua Klaster Baru, Rumah Tradisional Kental Unsur Bali

Pengguna juga tidak perlu menebak-nebak setting AC yang paling tepat untuk mereka.

Samsung Wind-Free™ AC memiliki fungsi AI Auto Cooling yang secara otomatis menyesuaikan suhu untuk mengoptimalkan kondisi dalam ruangan, menjamin kenyamanan total untuk Anda dan orang yang Anda cintai setiap saat.

Jika khawatir dengan tagihan listrik yang meningkat, Anda akan senang mengetahui bahwa Samsung Wind-Free™ AC mengkonsumsi daya minimal saat beroperasi dalam mode Wind-Free™ Cooling, menggunakan hingga 77% lebih sedikit energi dibandingkan dengan mode Fast Cooling .

Bersihkan dan Rawat AC Anda

Perawatan dan servis AC sering kali diabaikan di sebagian besar rumah, yang dapat menyebabkan kerusakan mesin yang lebih besar atau bahkan masalah kesehatan di masa mendatang.

Seiring berjalannya waktu, debu dan bahkan mikro-organisme terakumulasi ke dalam komponen AC, menghalangi kelancaran aliran udara dan memaksa unit bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan, yang menyebabkan peningkatan konsumsi energi dan tagihan listrik yang lebih tinggi.

Baca Juga: Mudah! Begini 5 Ide Dekor Rumah Agar Temu Virtual Tak Membosankan

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan perawatan triwulanan terjadwal untuk memastikan bahwa AC beroperasi dalam kondisi prima.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU