Sunday, April 11, 2021

Booming Properti di 2021, TRIN Siapkan Sejumlah Strategi

Booming properti akan terjadi di kuartal III 2021, disebabkan beberapa faktor, yakni terjadi money flow yang cukup besar, tapi tidak tersalurkan dan siklus properti yang sebenarnya sudah terjadi namun terhalang pandemi.

PropertiTerkini.com, (TANGERANG) — Pandemi Covid-19 jadi tantangan terbesar bagi bisnis properti pada tahun ini. Namun demikian, melalui berbagai penyesuaian dan inovasi, banyak developer yang kembali menatap optimisme dengan tumbuhnya penjualan. Salah satunya adalah PT Perintis Triniti Properti Tbk (TRIN).

Beberapa gebrakan yang dilakukan berhasil menumbuhkan kembali nilai pra penjualan atau marketing sales perseroan dalam beberapa bulan akhir ini. Padahal, Triniti Land juga sempat terseok di awal-awal pandemi.

Baca Juga: Omnibus Law Untungkan Pengembang Properti di Batam

Dalam Public Expose PT Perintis Triniti Properti Tbk, diungkapkan bahwa pra penjualan perseroan hingga September 2020 mencapai Rp185,2 miliar.

Porsi terbesar diperoleh dari proyek yang berlokasi di Tangerang, yakni Collins Boulevard, dengan kontribusi sebesar Rp98,2 miliar atau sekitar 53 persen dari total marketing sales.

“Kami menyadari bahwa tahun ini merupakan tahun yang cukup menantang seiring penyebaran Covid-19 yang kami rasakan dampaknya sejak awal Maret,” ujar Riska Afriani, Corporate Secretary Triniti Land kepada media, Kamis (10/12/2020).

Dari grafik yang ditayangkan, terlihat jelas bahwa dampak pandemi langsung terasa pada bisnis perseroan. Sejak Maret lalu marketing sales mengalami penurunan yang sangat signifikan, yakni mencapai 59 persen atau setara Rp25,7 miliar dari Februari yang tercatat mencapai Rp67,1 miliar.

Baca Juga: 5 Tahun Terakhir, Marketing Sales Ciputra Development Turun

Penurunan terus berlanjut seiring diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada April dan Mei, dimana pra penjualan masing-masing hanya mencapai Rp5,8 miliar dan Rp5,2 miliar.

“Melalui beberapa strategi dan inovasi untuk meningkatkan penjualan melalui pemasaran secara digital, ternyata mampu mendorong penjualan perseroan sejak Juni hingga saat ini,” terang Riska.

Booming di 2021

Geliat tumbuhnya sektor properti dalam beberapa waktu terakhir, semakin meyakinkan Ishak Chandra, Presiden Direktur sekaligus CEO TRIN, bahwa properti di Indonesia akan segera bangkit.

“Banyak hal yang membuat properti akan menjadi booming di tahun 2021, persisnya di kuartal ketiga 2021,” ungkap Ishak.

Beberapa faktor penyebab booming properti tersebut, menurutnya, yakni terjadi money flow yang cukup besar, tapi tidak tersalurkan.

Selanjutnya adalah siklus properti yang sebenarnya sudah terjadi namun terhalang pandemi, sehingga akan booming di 2021.

“Saya prediksi, akan naik kembali dan booming di III tahun depan, dan kembali akan mencapai peak lagi di 2022,” tegasnya.

Baca Juga: Sasar Milenial, GNA Group Rilis Cluster Diamond di Golden Stone

Menghadapi ini, Triniti Land juga akan terus melakukan strategi-strategi terukur, seperti menjajaki berbagai peluang kerja sama dengan pengembang properti menengah ke atas lainnya dan juga pemilik lahan.

Strategi ini dilakukan sebagai komitmen TRIN untuk terus mengembangkan proyek kreatif dan ikonik di kota-kota utama selain Pulau Jawa, seperti yang dilakukan di wilayah Batam yaitu Marc’s Boulevard.

“Tapi kami akan fokus dulu di beberapa proyek yang ada, terutama seperti di Batam, dimana kami punya pengembangan 23 hektar, sehingga banyak produk baru yang akan kami luncurkan di sana,” ungkapnya.

Fokus kedua, lanjut Ishak, adalah proyek kerja sama dengan beberapa perusahaan lain atau pemilik lahan.

“Terutama nantinya kami akan fokus pada landed house, affordable housing, TOD Project dan Logistic Park,” terangnya.

Selain itu, dengan menghadirkan banyak promo menarik pada proyeknya, Triniti Land berhasil menggaet pembeli dengan terus memperkenalkan berbagai konsep hunian dan mengakomodasi masyarakat yang ingin membeli dan berinvestasi pada properti di masa pandemi.

Seperti salah satu proyeknya yang terus melakukan penjualan yaitu, The Scott Home Studio yang sangat cocok dengan kalangan milenial.

Dengan konsep adaptable space, hunian apartemen sekaligus dapat dijadikan personal office space yang menjadi nilai tambah fungsional bagi para creator saat ini.

Triniti Land juga meluncurkan proyek ruko eksklusif Collins Market Place yang berkonsep outdoor creative ground yang sangat cocok dengan situasi pandemi.

Baca Juga: Peringati World Habitat Day, Aramco dan Habitat Bangun Rumah di Batam

Selain Jabodetabek dan Batam, beberapa lokasi baru yang tengah jadi bidikan Triniti Land, seperti di Lampung, Bandung, Semarang, juga Makassar.

“Saya belum bisa sampaikan dulu, sampai kami sepakati kerjasamanya. Kemungkinan besar kami akan mulai kerja sama di kuartal I atau kuartal II tahun depan,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

BERITA TERBARU