Evenciio Margonda, Lebih Menggoda di Pusaran Apartemen Mahasiswa

1
Apartemen Evenciio Margonda
Apartemen Evenciio Margonda (kanan) harus bersaing dengan beberapa apartemen yang persis berada di depannya./ Foto: Hamzah Alex

Depok sebagai salah satu kota pendidikan kian menggoda pengembang untuk membangun apartemen mahasiswa. Salah satunya adalah Evenciio Margonda, apartemen ikonik yang dibangun PP Properti.

PropertiTerkini.comDepok adalah the biggest educations city di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi). Jumlah mahasiswanya mencapai 175 ribu lebih yang kebanyakan tersebar di beberapa perguruan tinggi ternama. Sebut saja, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gunadarma, dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Ini belum termasuk banyaknya kaum urban yang tinggal di Kota Belimbing tersebut.

Baca Juga: Untuk Mahasiswa, Louvin Apartment Hadirkan 15 Fasilitas Premium

Sebagai gambaran, harga sewa kos-kosan di sekitar kampus telah berkisar Rp2,5-3 juta per bulan. Beberapa apartemen pun menerapkan harga serupa dan ditambah lengkapnya fasilitas. Tidaklah heran, banyak mahasiswa beralih ke apartemen.

Besarnya potensi tersebut kini menjadi lahan potensial garapan pengembang properti membangun apartemen mahasiswa. Tidak hanya pengembang swasta, perusahaan pelat merah alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun berebut ceruk pasar yang sama.

Salah satunya adalah Evenciio Margonda di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. Proyek yang dikembangkan oleh PT PP Properti tersebut harus bersaing dengan Mahata Margonda yang dibangun persis di Stasiun Commuter Line Pondok Cina oleh Perum Perumnas dan PT KAI. Bahkan, beberapa apartemen persis berada di depan Evenciio, seperti Female Apartment dan Taman Melati Margonda yang dibangun oleh PT Adhi Persada Properti.

Advertisement

Lantas apa yang menjadi daya tarik Evenciio Margonda yang semakin menggoda di pusaran bisnis hunian di sekitar kampus tersebut?

Septavianto Eko, Project Director Evenciio mengungkapkan, proyeknya merupakan premium student apartment yang dihadirkan dengan sejumlah inovasi baru. Tentunya, tidak ada di apartemen lain di sekitarnya. Bahkan tak sungkan ia menyebut, Evenciio kini hadir sebagai bangunan hunian yang ikonik di Kota Depok.

Baca Juga: Resmikan Rusun Mahasiswa, Jokowi: Tahun Ini Bangun 300 Tower Lagi

Lima Keunggulan

apartemen evenciio margonda

Secara garis besar, Septa mengatakan bahwa Evenciio punya lima keunggulan yang tidak dimiliki apartemen lain.

Pertama, apartemen percontohan bebas narkoba yang bahkan dilengkapi dengan sistem x-ray untuk menghindari transaksi narkoba di area apartemen.

“Kami sudah bekerja sama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) dan menjadikan Evenciio apartemen bebas narkoba. Pilot project-nya di sini, kemudian kami kembangkan juga yang lain, seperti di Louvin Apartment Jatinangor di Kabupaten Sumedang” ujar Septa di Depok, beberapa waktu lalu.

Kedua, selain memiliki tipe Studio, 1 Bedroom dan 2 Bedroom, Evenciiio Margonda juga memiliki tipe unit khusus bagi investor yang disebut dual key dan triple key. Kedua tipe yang terakhir berukuran lebih luas, yakni 44,16 m2 dan 66,20 m2. Tipe khusus ini hanya tersedia sebanyak 10 persen dari total unit.

Baca Juga: TransPark Cibubur Unggul di Koridor Cibubur-Jonggol

“Investor lebih leluasa untuk menyewakan unit mereka. Daripada dia beli dua unit yang biasa, mendingan dia beli satu unit tapi yang di dalamnya ada dua unit Studio. Triple key juga sama, daripada dia beli 3 Studio, mendingan dia beli tipe triple key tapi di dalamnya ada 3 kamar Studio. Dan masing-masing unit sudah ada toiletnya sendiri,” terangnya.

Ketiga, Evenciio juga merupakan satu-satunya apartemen di Kota Depok yang menerapkan konsep indirect system toilet atau sistem toilet yang anti bocor. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko bocor atau rembes sebagaimana yang kerap terjadi di apartemen lain.

“Kami punya 1.240 unit, bayangkan saja kalau ada problem di 10 persen atau 100-an unit saja. Pasti akan sangat mengganggu kenyamanan penghuni,” ungkapnya.

Adapun keunggulan keempat yakni PP Properti akan membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) untuk membantu akses penghuni menuju kampus maupun stasiun commuter line. Rencananya JPO akan mulai dirampungkan pada semester dua tahun ini.

Baca Juga: Investasi Menggoda Hunian TOD di Margonda Depok

Kelima, lanjut Septa. Apartemen Evenciio Margonda dibangun dengan mengusung konsep green building. Material bangunan yang digunakan tentunya ramah lingkungan. Begitupun beberapa sarana dan fasilitas di dalamnya. Bahkan saat operasional, akan digunakan recycle water untuk menyiram dan keperluan lain.

Berbagai keunggulan itu, menurut Septa menjadi daya pikat utama bagi konsumen, baik investor maupun end user. Tidak heran, hingga saat ini penjualan telah mencapai 95 persen untuk tower pertama, sedangkan tower kedua sekitar 25 persen. Sebanyak 80 persen diantaranya adalah investor yang melihat manisnya bisnis investasi properti di Depok.

“Kami menggambarkan jualan mobil Alphard beda dengan jualan Avanza. Dan yang kami jual ini adalah Alphard. Kami masih percaya diri karena kami punya diferensiasi yang berbeda dengan yang lain,” katanya.

Sejak dipasarkan tahun 2016 lalu, apartemen mahasiswa ini telah mengalami kenaikan harga sekitar 5-10 persen. Saat itu dijual mulai Rp16 jutaan/m2, dan kini naik menjadi Rp23 juta/m2.

Baca Juga: Apartemen di Jababeka Janjikan Yield Lebih dari 10%

“Artinya sangat menarik sekali buat investasi. Sedangkan yield di sini berkisar 8-10 persen,” ungkap Septa.

Fasilitas Terbaik

Investasi Menggoda Hunian TOD di Margonda Depok
Koridor Margonda Raya Depok telah dipenuhi oleh hunian jangkung. Tampak Apartemen Evenciio (kiri) dan Taman Melati Margonda serta Female Apartment di kanan jalan./ Foto: Padre – PropertiTerkini.com

Apartemen mahasiswa, Evenciio Margonda terdiri dari dua tower hunian yang masing-masing memiliki ketinggian 37 lantai, tertinggi di Kota Depok. Apartemen diarsiteki oleh Airmas Asri dengan konsultan struktur Davy Sukamta & Partners tampil dengan desain lebih fresh dan tak monoton. Soal kualitas lebih teruji lantaran pengembang menggunakan sistem Kumkang dari Korea.

“Masalah kualitas struktur, kami menggunakan bekisting kumkang dimana materialnya dari aluminium yang kami datangkan langsung dari Korea. Terbukti, hasil dari material ini adalah kualitas kami menjadi lebih unggul dan terlihat lebih rapi. Sisi kualitas inilah yang kami tonjolkan kepada konsumen bahwa Evenciio ini care terhadap kualitas,” terang Septa.

Baca Juga: Proyek Baru Waskita Realty Dibangun di Jakarta Selatan

Fasilitas terbaik pun disediakan dalam kawasan hunian di lahan seluas 5.500 meter persegi tersebut. Diantaranya adalah area gym, coworking space, swimming pool, free wifi, communal space, study hall, meeting pods, kafe, hingga studio musik. Termasuk juga retail 2 lantai dengan ukuran lebih luas, mulai dari 78,89 meter persegi.

“Untuk retailnya saja semi plaza. Di atasnya baru unit typical yang ikonik dengan model V, yang berangkat dari model Rubik’s,” kata Septa.

Serah Terima

evenciio margonda

Apartemen Evenciio Margonda merangkum sebanyak 1.240 unit yang tersebar di dua menara. Hunian jangkung ini direncanakan mulai serah terima bertahap pada pertengahan tahun depan.

“Selesai fisik akhir tahun ini. Setelah itu kami mengurus perizinan Sertifikat Laik Fungsi ke Pemkot Depok. Setelah ini baru kami mulai serahterimakan kepada konsumen,” rinci Septa.

Baca Juga: Apartemen Pertama di Kota Harapan Indah Mulai Dibangun, Serah Terima Awal 2022

Evenciio diadopsi dari bahasa Latin yang berarti sukses. Septa berharap dengan adanya konsep hunian Premium Student Apartment tersebut dapat pula menghasilkan generasi tangguh untuk membangun nusa dan bangsa.

“Tentunya rata-rata penghuni adalah mahasiswa, maka kita harapkan nantinya mereka akan menjadi orang-orang yang sukses,” pungkasnya.

1 COMMENT

Komentar