Saturday, November 28, 2020

Pentingnya Konsep Green Roof di Perkotaan

Penerapan konsep green roof di perkotaan adalah sebuah keharusan dalam upaya efek pulau panas perkotaan atau urban heat island (UHI). Adapun biaya awal green roof lebih tinggi daripada biaya atap dengan bahan konvensional, namun manfaat dan keuntungannya sangat besar dalam jangka panjang.

PropertiTerkini.com – Pandangan dari udara di kota-kota besar akan menunjukkan Anda sejumlah aspal hitam atau atap yang beton. Bahkan beberapa ruang yang ada pun kurang dimanfaatkan sebagai area hijau. Namun belakangan, beberapa kota seperti Chicago dan Indianapolis mulai menata kembali ruang-ruang tersebut menjadi green roof.

Baca Juga: Beda Roof Garden, Begini Penerapan Konsep Green Roof

Apa Itu Green Roof?

Green roof juga sering dimaknai sebagai eco-roof atau roof garden – meski konsep penerapannya berbeda – merupakan lapisan vegetatif yang tumbuh di atap.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (United States Environmental Protection Agency/EPA), green roof dapat diaplikasikan di berbagai bangunan perkantoran maupun apartemen, hingga fasilitas industri juga rumah pribadi. Green roof dikelompokan dalam dua tipe, yakni intensive dan extensive.

Adapun intensive green roof cenderung lebih kompleks, seperti taman yang sepenuhnya dapat diakses, lengkap dengan pepohonan. Ciri lainnya adalah menyerupai kebun atau taman konvensional, membutuhkan lebih banyak dukungan struktural karena lebih berat, membutuhkan investasi awal yang lebih tinggi, serta membutuhkan pemeliharaan yang lebih intensif.

Baca Juga: Pembangunan Properti Mewah Menggila, Lahan Hijau Serpong Kritis

Sebaliknya, extensive green roofs cenderung lebih sederhana, dengan tanaman yang kuat dan kedalaman sedang yang tumbuh dua hingga empat inci. Tipe ini hanya membutuhkan sedikit tambahan dukungan struktural karena ringan, serta perawatannya pun tak begitu intensif.

Perkiraan Biaya dan Instalasi

Perkiraan biaya pemasangan green roof dimulai dari 10 dolar Amerika per kaki persegi untuk extensive roofs dan 25 dolar Amerika per kaki persegi untuk intensive roof. Pemeliharaan tahunan untuk kedua jenis atap dapat berkisar dari 0,75 – 1,50 dolar Amerika per kaki persegi.

Meskipun biaya awal green roof lebih tinggi daripada biaya atap dengan bahan konvensional, namun pemilik bangunan dapat mengimbangi perbedaan tersebut melalui pengurangan energi dan biaya manajemen atau operasional bangunan tersebut.

Pasalnya, green roof secara alami bertindak sebagai insulasi akustik, isolasi termal, dan retardasi api. Karena sinar UV matahari tidak pernah mencapai permukaan atap. Bahkan rumah/bangunan tersebut akan lebih menghemat energi listrik.

Baca Juga: Matahari Land: Menyambut Sunrise Property Bandung

Lebih lanjut, suhu udara ruangan juga menjadi lebih rendah yaitu sekitar 3-4 derajat celcius dibandingkan dengan suhu udara di luar ruangan akibat proses evaporasi dan transpirasi tanaman yang mempengaruhi suhu termal bangunan. Bahkan, bila tanaman yang ada di bagian atap mempunyai tinggi sekitar 10 cm maka dapat mengurangi pemakaian AC sekitar 25%.

Mengapa Green Roof Sangat Berharga?

Menurut Matthew Dillon, Vice President of the World Green Infrastructure Network, “Tren utama untuk green roof secara komersial didorong oleh peningkatan nilai realty dan meningkatnya loyalitas sewa di pasar yang kompetitif.”

Pentingnya Konsep Green Roof di Perkotaan
www.epa.gov

Berikut adalah beberapa alasan mengapa green roof menjadi populer di kota-kota di seluruh negeri:

Mengurangi Efek Pulau Panas Perkotaan

Efek pulau panas perkotaan (urban heat island/UHI), adalah suatu kondisi di mana sebuah wilayah metropolitan yang lebih hangat dibanding wilayah pedesaan sekitarnya. Salah satu manfaat terbesar green roof adalah kemampuannya untuk mengurangi suhu permukaan atap melalui evapotranspirasi. Ini sangat membantu pada hari-hari panas ketika suhu permukaan green roof bisa lebih dingin daripada suhu udara.

Dengan mengurangi perpindahan panas melalui atap gedung, green roof dapat meningkatkan tingkat kenyamanan dalam ruangan dan mengurangi tekanan panas yang terkait dengan gelombang panas. Dengan sifat isolasi alami mereka, mereka juga dapat bertindak sebagai isolator untuk bangunan, mengurangi energi yang dibutuhkan untuk memberikan pendinginan dan pemanasan.

Baca Juga: Muasal Pusat Perbelanjaan yang Harus Diketahui

Perhatikan bahwa satu green roof tidak akan memiliki efek besar pada pengurangan pulau panas perkotaan, tetapi banyak green roof di Air Quality Management Zones (Zona Manajemen Kualitas Udara) akan memiliki efek nyata.

Green Roof di Perkotaan
EPA Region 8 Headquarters extensive green roof – Denver, CO./ www.epa.gov

Memiliki Umur Lebih Panjang dari Atap Tradisional

Green roof dapat melindungi membran atap — digunakan untuk memindahkan air dari atap — dari cuaca yang keras dan radiasi ultraviolet, dan dapat bertahan dua kali lebih lama dari atap konvensional. Daya tahan ini adalah manfaat ekonomi jangka panjang yang melebihi biaya pemasangan awal.

Meningkatkan Kualitas Udara

Green roof mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca melalui vegetasi. Dengan menambahkan tanaman dan pohon ke lanskap perkotaan, fotosintesis meningkat, mengurangi kadar karbon dioksida yang dihasilkan oleh kendaraan, fasilitas industri, dan sistem mekanis.

Menyerap Stormwater

Vegetasi dan tanah di green roof bertindak seperti spons, menyerap dan menyaring air yang biasanya mengalir melalui selokan dan ke dalam sistem saluran pembuangan. Dengan menyaring polutan dari curah hujan dan mengurangi limpasan air hujan di lingkungan perkotaan, green roof menurunkan kebutuhan akan sistem drainase yang kompleks dan mahal di kota.

Baca Juga: 10 Ide dan Tips Mendesain Taman Rooftop

Meningkatkan Pengalaman Visual

Green Roof di Perkotaan
Sidwell Friends School extensive green roof – Washington, DC./ www.epa.gov

Beberapa green roof bergabung dengan taman vertikal/vertical garden untuk menciptakan lingkungan yang lebih menarik secara visual. Sementara beberapa kota mengembangkan green roof menjadi ruang sosial dan rekreasi.

Munculnya Green Roof di Seluruh Amerika Serikat

Setelah Chicago mengalami gelombang panas yang mengerikan pada Juli 1995 yang menyebabkan lebih dari 700 kematian, Walikota Richard M. Daley dan Kota Chicago membangun green roof semi-ekstensif seluas 20.300 kaki persegi di atas Balai Kota untuk memerangi efek pulau panas perkotaan dan meningkatkan kualitas udara perkotaan.

Dengan lebih dari 20.000 tanaman herba/rumputan dan sistem irigasi tambahan, green roof Balai Kota saat ini tujuh derajat lebih dingin daripada atap di sekitarnya. Bahkan dapat berjalan hingga 30 derajat lebih dingin di musim panas.

Baca Juga: Mengungkap Fakta Apartemen Jepang yang Baru Tutup Atap

Green Roof di Perkotaan
Center for Sustainable Landscape at the Phipps Conservatory and Botanical Garden intensive green roof – Pittsburgh, PA./ www.epa.gov

Atas berbagai kelebihan dan manfaat dari green roof tersebut, maka pemasangan green roof terus berlanjut di seantero Amerika Serikat. Banyak pemilik rumah maupun bangunan lain menyadari bahwa green roof semakin menarik dan menguntungkan bisnis mereka.

Sumber: housemethod.com dan epa.gov.

BERITA TERKAIT

Tanggapi Gugatan PKPU, Meikarta: Proyek...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pengembang megaproyek Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) terancam pailit setelah digugat oleh krediturnya PT Graha Megah Tritunggal ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan dengan...

Sharp Dorong Usaha Pelaku UMKM...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Setelah diluncurkan beberapa waktu lalu, Rabu (25/11/2020), tim manajemen Sharp Indonesia berkesempatan mengunjungi dan bertemu secara langsung penerima manfaat program Corporate Social...

Metland Raih Penghargaan Forbes Asia...

PropertiTerkini.com, (BEKASI) — PT. Metropolitan Land Tbk (Metland) kembali meraih “2020 Asia’s 200 Best Companies Under USD 1  Billion”, yaitu 200 perusahaan publik berkinerja terbaik...

Jelang Tutup Tahun 2020, Paramount...

PropertiTerkini.com, (TANGERANG) — Paramount Land terus bergerak meski pasar properti masih melandai dampak dari pagebluk virus corona. Setelah proyek komersial terbarunya, Pisa Grande, ludes...

Hadapi Tahun Penuh Tantangan, Ini...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Kesehatan adalah faktor utama yang harus diperhatikan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, namun bisnis perusahaan pun tetap harus dijalankan. Signify Indonesia pun...

Maybank Lamudi Online Property Fair:...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Hampir serupa dengan pameran properti yang digelar secara offline, dimana pengunjung akan berjubel di akhir pekan. Pada gelaran virtual bertajuk Maybank...
Pasang Iklan disini ...

PROPERTI TV

00:01:40

Begini Cara Menggunakan Philips UV-C...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Signify memperkenalkan lampu meja desinfeksi UV-C (Philips UV-C Disinfection Desk Lamp) bagi konsumen Indonesia. Lampu tersebut sangat berguna untuk mendesinfeksi rumah...
00:01:40

Kemewahan Menanti di The Ritz-Carlton,...

PropertiTerkini.com, (BALI) – Tiada salahnya jika saat ini Anda mulai merencanakan liburan yang istimewa bersama keluarga, ketika sudah saatnya bepergian lagi. Salah satunya adalah...
00:02:02

Harapan Indah Residence: Strategis di...

PropertiTerkini.com, (LABUAN BAJO) – Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium tentu menyimpan potensi besar pada bisnis properti, terutama investasi. Ini pula mendasari CV Tanjung...
00:01:01

Meikarta Mulai Serah Terima Unit,...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Pengembang Kota Meikarta di Cikarang, akhirnya memenuhi janjinya usai menyelesaikan pembangunan apartemen tepat waktu. Proyek ini pertama kali diluncurkan pada 2017...
00:01:03

Philips Smart Wi-Fi LED, Lampu...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) – Apakah Anda sudah melengkapi rumah Anda dengan produk-produk pintar? Kini saatnya tingkatkan kenyamanan dan kemudahan di rumah Anda dengan deretan produk-produk...
00:00:31

Lippo Karawaci Tutup Atap Holland...

Holland Village Jakarta merupakan menara perkantoran 34 lantai yang dibangun terintegrasi dengan apartemen, pusat perbelanjaan dan rekreasi, rumah sakit, dan sekolah. Lokasi proyek berada...

BERITA TERBARU

Tanggapi Gugatan PKPU, Meikarta: Proyek...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Pengembang megaproyek Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) terancam pailit setelah digugat oleh krediturnya PT Graha Megah Tritunggal ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan dengan...

Belum Tiga Bulan, Lebih Dari...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Kota Podomoro Tenjo (650 hektar) - proyek pengembangan Agung Podomoro Group (APG) - kembali mendulang prestasi di tengah pandemi, dengan mencatat peminat...

Duo Hadirkan Konsep Baru di...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — PT Intiland Development Tbk (Intiland) meluncurkan konsep pengembangan baru di kawasan perumahan Talaga Bestari, Tangerang, Banten. Klaster hunian Duo dihadirkan dalam...

Sharp Dorong Usaha Pelaku UMKM...

PropertiTerkini.com, (JAKARTA) — Setelah diluncurkan beberapa waktu lalu, Rabu (25/11/2020), tim manajemen Sharp Indonesia berkesempatan mengunjungi dan bertemu secara langsung penerima manfaat program Corporate Social...

Metland Raih Penghargaan Forbes Asia...

PropertiTerkini.com, (BEKASI) — PT. Metropolitan Land Tbk (Metland) kembali meraih “2020 Asia’s 200 Best Companies Under USD 1  Billion”, yaitu 200 perusahaan publik berkinerja terbaik...

Jelang Tutup Tahun 2020, Paramount...

PropertiTerkini.com, (TANGERANG) — Paramount Land terus bergerak meski pasar properti masih melandai dampak dari pagebluk virus corona. Setelah proyek komersial terbarunya, Pisa Grande, ludes...