Sunday, April 11, 2021
Pasang Iklan disini ....

Pesatnya Permintaan Gedung Sehat di Asia

Asia Advisory Council membantu banyak gedung yang ingin memperoleh sertifikasi Fitwel.

PropertiTerkini.com, (SINGAPURA) — Hanya dalam dua tahun setelah diluncurkan di Asia, Center for Active Design (CfAD), pengelola Fitwel®, salah satu sistem sertifikasi yang terkemuka di dunia, mengalami pertumbuhan pesat dalam jumlah sertifikasi Fitwel untuk gedung sehat di seluruh wilayah Asia.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Dodge pada 2018, ditemukan bahwa hanya 9 persen tim konstruksi di Tiongkok Daratan yang memiliki proyek bangunan sebagai ramah lingkungan.

Baca Juga: Usung Filosofi Bambu, Begini Keunikan Gedung Menara BNI

Sementara, 30 persen responden memperkirakan, setidaknya 60 persen dari proyek-proyek mereka akan menjadi bangunan yang ramah lingkungan tercapai di tahun 2021.

Tingkat pertumbuhan yang terjadi dalam waktu singkat ini menunjukkan pesatnya permintaan atas gedung-gedung yang ramah lingkungan dan sehat di Asia.

Karena sumber daya lokal kian dibutuhkan untuk menyediakan keahlian dan dukungan, CfAD menjalin kerja sama strategis dengan UL, serta melibatkan 30 perusahaan terkemuka lainnya untuk membentuk Asia Advisory Council. Bertujuan untuk mempromosikan gedung-gedung yang ramah lingkungan dan sehat di Asia, Asia Advisory Council telah membantu banyak gedung di Asia dalam memperoleh sertifikasi Fitwel.

UL sebagai perusahaan yang bertaraf dunia dalam pengujian, evaluasi, sertifikasi, dan jasa konsultasi menawarkan akses terhadap sumber daya lokal dan berbagai jenis keahlian untuk gedung yang ramah lingkungan guna mempermudah proses sertifikasi.

Baca Juga: Kantor Baru TOTO Indonesia Sabet Penghargaan Internasional

Guna memajukan praktik gedung sehat yang ramah lingkungan dan sehat, UL telah bermitra dengan sejumlah perusahaan pengelola properti di Asia, termasuk CBRE dan Savills.

“Kami sangat menantikan momentum yang terjadi dalam pergerakan ini. Dimana setiap gedung memiliki gaya dan fitur unik yang memenuhi kebutuhan masing-masing penghuninya, di saat yang sama, setiap gedung juga mencerminkan komitmen besar terhadap ruang-ruang yang berorientasi pada kehidupan manusia serta mendukung kesehatan dan kesejahteraan,” kata Alberto Uggetti, Vice President & General Manager Environment and Sustainability UL, seperti dipublikasikan PRNewswire.

Dinilai sebagai kesuksesan besar, Asia Advisory Council membantu banyak gedung yang ingin memperoleh sertifikasi Fitwel.

Berikut ini beberapa sertifikasi Fitwel yang difasilitasi UL di Asia:

M Moser Office – Hong Kong

M Moser ialah perusahaan yang mendesain tempat kerja dan mengutamakan kesehatan serta kesejahteraan. M Moser memperbarui tempat kerja dan budaya perusahaan ketika merancang kantor barunya di Hong Kong.

Desain yang dipakai memprioritaskan SDM dan mendapatkan inspirasi dari bidang pekerjaan yang mereka lakukan. Kantor ini berhasil meraih peringkat Fitwel yang tertinggi, yakni 3 Bintang, serta RESET® dan WELL Certifications™.

Kantor yang mengagumkan ini mencerminkan komitmen M Moser terhadap ruang-ruang yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan.

Baca Juga: Tungku Sanira, Teknologi Sampah Ramah Lingkungan untuk Permukiman

“Kami menyambut peluang untuk mengembangkan ruang kerja yang memberdayakan tim kami, mencerminkan prinsip dalam desain gedung yang ramah lingkungan dan sehat, serta mengutamakan kesehatan manusia dan pelestarian alam. Sertifikasi Fitwel membuktikan pendekatan kami yang mengutamakan manusia, mendukung tenaga kerja yang majemuk, serta meningkatkan kolaborasi dan memfasilitasi gaya hidup yang sehat,” jelas Christine Bruckner, Ph.D., Director, M Moser Associates.

Bangunan penting ini menawarkan program berkebun, sehingga penyewa gedung dapat menanam dan membudidayakan tanaman. Serta kafe yang didesain untuk menawarkan ruang yang hangat, mudah diakses, dan kolaboratif.

Taman-taman asri menjadi area luar ruang sebagai tempat bagi para pegawai dan tamu untuk menghirup udara segar, melakukan aktivitas fisik, serta mengurangi stres.

Baca Juga: Angkutan Massal Ramah Lingkungan di Ibu Kota Baru

Ruang menyusui memberikan tempat yang privat dan tenang bagi kaum ibu. Ruang kerja yang beraneka ragam melayani berbagai jenis orang, aktivitas yang berbeda-beda, serta meningkatkan kolaborasi dan kenyamanan.

Stock Exchange of Thailand (SET) – Bangkok

Stock Exchange of Thailand menjadi pihak pertama di Asia yang meraih 3 Bintang dalam Peringkat Fitwel—skor terbaik dalam Standar Fitwel—atas gedung kantornya setinggi 28 lantai.

Gedung SET tak hanya memperoleh 3 Bintang yang bergengsi dalam Peringkat Fitwel, namun juga memenangi penghargaan “Best in Building Health®” atas skor tertinggi dalam “v2.1 Single Tenant Scorecard” global.

Di antara fitur-fitur menarik lainnya, SET menyediakan taman restoratif untuk mempromosikan pola makan yang sehat, sementara, buah-buahan dan sayur-sayuran dijual setiap hari kerja di pasar.

Gedung sehat tersebut juga memantau mutu udara dalam ruang demi memenuhi rekomendasi Fitwel dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Langkah ini menguntungkan para penghuni gedung yang tinggal di sebuah negara yang mengalami polusi udara.

One East – Shanghai

Brookfield Asset Management memperoleh 3 Bintang dalam peringkat Fitwel atas properti One East miliknya di Shanghai pusat, serta meraih 127 dari 144 skor yang tersedia.

Perkantoran ini, menawarkan ruang komersial multiguna Kelas A, dan terus mengembangkan reputasi serta menunjukkan komitmennya terhadap kesehatan dan kesejahteraan penyewa gedung melalui sertifikasi dengan jenjang terbaik dalam standar Fitwel.

Baca Juga: Pentingnya Konsep Green Roof di Perkotaan

One East ialah proyek multiguna yang terletak di area South Bound, Shanghai. One East menawarkan taman-taman restoratif, serta jalur berjalan kaki dan beberapa akses angkutan umum yang nyaman, seperti terminal kereta api bawah tanah dan jalur bus.

Dibangun dengan mengutamakan kenyamanan dan kesehatan penyewa gedung, One East memiliki sistem night safety lighting sehingga berbagai orang terlindungi ketika memasuki dan keluar dari gedung pada malam hari. Lebih lagi, One East memiliki jendela kaca agar semua penyewa gedung dapat menikmati pemandangan dengan sinar matahari yang natural.

Area perkantoran dilengkapi dengan ruang-ruang multifungsi untuk meningkatkan kolaborasi dan aktivitas sosial di antara kalangan staf dan pengunjung.

Nuansa ergonomis juga ikut mengurangi stres dan mengurangi kecelakaan kerja, serta menambah kenyamanan dan kesehatan staf.

Baca Juga: 10 Ide dan Tips Mendesain Taman Rooftop

“Sebagai pemilik dan pengelola berbagai properti multiguna yang ikonis di kota-kota penting, Brookfield berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat bagi para penyewa gedung dan tamu. One East meraih sertifikasi Fitwel dalam jenjang tertinggi, dan pencapaian ini mencerminkan kerja keras tim Brookfield Properties, serta menunjukkan visi kami dalam mendukung kesejahteraan komunitas,” kata Stuart Mercier, Country Head Tiongkok, Brookfield Asset Management.

Lenovo – Taipei

Lenovo DCG Taipei Design Center memperoleh 2 Bintang dalam Peringkat Fitwel dengan menjalankan beragam langkah strategis untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pekerja.

Misalnya, seluruh pegawai mendapatkan IAQ yang baik, standar-standar ketat diterapkan dalam proyek renovasi agar sesuai dengan rencana manajemen IAQ pada tahap konstruksi. Di sisi lain, material gedung dan furnitur yang sehat juga digunakan, serta pemantauan udara dalam ruang oleh pihak ketiga turut dilakukan.

Gedung perkantoran ini memakai desain close-to-life pada area-area publik, serta menawarkan beragam jenis tempat duduk untuk mengurangi stres, sekaligus menghindari dampak negatif terhadap kesehatan akibat postur tubuh yang tidak berubah dalam waktu lama.

Lebih lagi, Lenovo DCG Taipei Design Center juga memiliki tangga-tangga yang mudah diakses, lengkap dengan papan petunjuk yang mengajak pegawai untuk menggunakan tangga. Sementara, lantai dengan lapisan anti-slip membantu pegawai untuk menaiki tangga dengan aman.

Gedung ini juga mempromosikan pola makan yang sehat, sementara, dispenser air tersedia di seluruh gedung untuk memenuhi ketentuan “Americans with Disabilities Act“.

Gedung-gedung tersebut hanyalah sebagian dari banyak gedung baru yang bersertifikasi Fitwel di Asia, serta mencerminkan pesatnya tingkat permintaan atas ruang-ruang perkantoran yang mengutamakan penghuninya.

Baca Juga: Agar Tetap Sejuk Dalam Rumah, Meski Panas ‘Membakar’

Dalam sebuah survei yang dilakukan perusahaan jasa real estat komersial, CBRE di Asia Pasifik dari Mei-April 2020, hampir setengah responden berkata bahwa krisis Covid-19 akan meningkatkan minat yang lebih besar terhadap gedung-gedung dengan fasilitas kesehatan dan alam.

Seiring dengan perkembangan gerakan ini, UL akan hadir untuk menyediakan keahlian, layanan pengujian, evaluasi, dan beberapa layanan lain yang mempermudah proses sertifikasi.

BERITA TERKAIT

PROPERTI TV

BERITA TERBARU