Resmikan Rumah Murah di Kupang, Viktor: NTT Kekurangan 600 Ribu Rumah

Sejahtera Group akan membangun sebanyak 1.500 rumah dalam kawasan seluas 33 hektar di Kabupaten Kupang. Sebanyak 700-an unit rumah subsidi sudah diresmikan pada tahap awal.

0
rumah murah di kupang
Perumahan Sejahtera Land Oetalu di Penfui Timur, Kabupaten Kupang, NTT./ Foto: Istimewa

PropertiTerkini.com, [KUPANG] – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat meresmikan sebanyak 700 unit rumah murah di Kupang yang dikembangkan oleh PT Pembangunan Sehat Sejahtera. Peresmian perumahan Sejahtera Land Oetalu berlangsung di lokasi perumahan, di Penfui Timur, Kabupaten Kupang, Jumat (3/1/2020).

Selain meresmikan perumahan subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tersebut, gubernur juga sekaligus meresmikan fasilitas umum dalam kawasan perumahan. Antaralain, lapangan voli, lapangan bola kaki mini, lapangan bola basket, taman bermain anak, Jalan The Giant Cross, kantor Bank NTT, fasilitas pendidikan, serta fasilitas lainnya.

Baca Juga: Gandeng Creed Group, Mustika Land Group Bangun Rumah Murah di Bekasi

Peran pengembang swasta menyediakan rumah murah di Kupang diapresiasi oleh Viktor. Dia menilai, Sejahtera Group telah ikut berkontribusi mengatasi persoalan kemiskinan di NTT, khususnya penyediaan rumah layak huni bagi MBR di NTT.

“Sejahtera Group begitu terpanggil untuk melayani, bukan saja dalam aspek bisnis, tapi juga membangun dan berbagi dengan masyarakat NTT. Angka kemiskinan di NTT bertambah, salah satu terbesar datang dari perumahan,” ujar Gubernur Viktor.




Kata dia, rumah, sebagaimana pangan adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Sementara di sisi lain, ketersediaan tanah tidak pernah bertambah. Untuk inilah, pemerintah bersama swasta terus bersinergi dalam upaya menuntaskan masalah tersebut.

Baca Juga: Observatorium Terbesar Asia Tenggara Bakal Ada Amfoang, Kupang

“Dalam hitungan saya, ada sekitar 600.000 rumah yang perlu dibangun untuk menyelesaikan masalah kemiskinan NTT,” kata Viktor.

1.500 Rumah

Adapun sebanyak 700 unit rumah subsidi yang diresmikan tersebut merupakan pengembangan tahap awal Sejahtera Land Oetalu. Bobby Lianto, Direktur Utama PT Pembangunan Sehat Sejahtera yang juga CEO Sejahtera Group mengatakan, pihaknya akan membangun sekitar 1.500 unit rumah subsidi dalam kawasan seluas 33 hektar tersebut.

Dari 700 unit rumah murah di Kupang tersebut, sebanyak 50 unit diprioritaskan kepada tokoh agama, para janda dan petugas kebersihan yang belum memiliki rumah. Mereka akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp10 juta.

“Inilah peran kami sebagai swasta dalam mendukung pembangunan di NTT. Dan di tempat ini akan kami bangun sebanyak 1.500 rumah yang dimana akan diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” ungkap Bobby.

Baca Juga: Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur NTT

Sebagai informasi, perumahan di Desa Penfui Timur ini memiliki berbagai fasilitas dan sarana yang akan mendukung para penghuni. Seperti kantor Bank NTT, kemudian juga air yang tersedia 24 jam yang bersumber dari sumur bor namun dikelola secara professional oleh manajemen perusahaan.